Apa Yang Harus Dilakukan Saat Mendapat Warisan Tak Terduga? Ini Tipsnya!

Apa yang harus dilakukan saat mendapat warisan? Ini mungkin salah satu pertanyaan Anda. Setiap orang yang mendengar kata warisan biasanya senang karena apa yang ada dalam benaknya warisan adalah berupa harta kekayaan yang diberikan seseorang kepada penerusnya. Warisan sebetulnya tak sebatas uang tunai, namun dapat juga perusahaan ataupun aset-aset lainnya.

Saat mendapat warisan apalagi tak terduga, biasanya orang akan mengalami euforia. Keinginan untuk belanja konsumtif seringkali datang menghampiri. Namun sebagai orang bijak dan cerdas, Anda sudah sepatutnya mengelola harta warisan tsb agar lebih bermanfaat dan berkembang lagi. Anda tak mau kan warisan orang tua tsb habis begitu saja secara cepat? Sudah sepatutnya jugalah Anda memikirkan untuk mengatur warisan tsb agar nantinya Anda dapat memberikan warisan yang lebih banyak lagi pada anak cucu Anda.

apa yang harus dilakukan saat mendapat warisan tak terduga
apa yang harus dilakukan saat mendapat warisan tak terduga? (image: staugcitywalks.com)

Baca juga: 3 Hal Sederhana Ini Bisa Membuat Kaya Raya Loh! Kok Bisa?

Hal yang harus dilakukan saat mendapat warisan tak terduga

Berikut ini adalah beberapa tips mengelola harta warisan orang tua agar lebih bermanfaat dan berkembang sehingga dapat juga diwariskan pada anak cucu kita …

Cari informasi sebanyak-banyaknya

Langkah pertama saat Anda mendapat kabar jika Anda tercatat sebagai salah satu penerima warisan seseorang, jangan langsung senang dan kegirangan atas pernyataan tersebut. Saat mendapat warisan tak terduga sebaiknya telusuri lebih jauh lagi dan pastikan berita tsb benar adanya sebelum mengambil tindakan yang lebih lanjut. Anda di sini juga berhak meminta waktu untuk menimbang serta memikirkan yang lebih jauh lagi keputusan yang nantinya akan Anda ambil. Sebab Anda di sini masih belum tahu nilai warisan yang akan diberikan dan harus Anda sadari juga bahwasanya saat Anda memutuskan untuk menerimanya, maka segala pembayaran beban dan juga hibah dalam warisan harus jadi tanggung jawab Anda.

Setelah Anda mengetahui apa yang diwariskan, maka carilah informasi sebanyak-banyaknya bagaimana cara mengelola warisan tsb. Setidaknya ada 3 jenis harta warisan yaitu uang tunai, aset barang, dan berupa usaha. Misalnya bila warisan tsb berupa perusahaan, maka cobalah Anda pahami tentang seluk beluk perusahaan tsb dan pastikan Anda memiliki kemampuan yang cukup untuk menjalankannya.

Yang harus dilakukan saat mendapat warisan tak terduga berupa uang tunai

Harta warisan berupa uang tunai sangatlah mudah pengelolaannya karena sifatnya yang sangat likuid. Anda dapat menginvestasikan uang warisan ini dalam berbagai instrumen investasi agar jumlah harta tsb terus bertambah dari waktu ke waktu dan tak tergerus inflasi. Anda dapat memilih investasi properti, investasi emas, ataupun investasi reksadana. Apapun itu yang penting jangan pernah investasikan uang Anda di satu jenis produk investasi saja!

Yang harus dilakukan saat mendapat warisan tak terduga berupa asset barang atau non tunai

Cara mengelola harta warisan berupa aset barang atau non tunai memang tak semudah mengelola warisan uang tunai. Karena aset barang memang kurang likuid dan belum tentu sesuai dengan keinginan Anda. Bila Anda tak memiliki minat terhadap barang tsb, maka Anda dapat menjualnya lalu uangnya dapat Anda investasikan di instrumen investasi yang Anda sukai.

Yang harus dilakukan saat mendapat warisan tak terduga berupa usaha atau bisnis

Cara mengelola harta warisan berupa usaha / bisnis dapat dibilang yang paling sulit. Pasalnya bila Anda mau menjalankan bisnis / usaha tsb, Anda tentunya harus memiliki minat dan kemampuan yang cukup. Jika memang Anda tak sanggup untuk mengelola warisan usaha tsb, jangan paksakan diri Anda, sebaiknya serahkan saja pengelolaannya pada orang lain yang Anda percayai atau bila memang tak mau ribet Anda dapat menjualnya.

Demikian informasi tentang beberapa hal yang harus dilakukan saat mendapat warisan tak terduga. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *