Tips Menghadapi Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia Agar Sukses

Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia – Di awal tahun 2000-an, mungkin kita tidak mengenal profesi sosial media admin. Pada tahun itu, juga belum ada yang namanya youtuber dengan penghasilan ratusan juta. Tetapi kini, ketika era sudah berubah menuju era digital, hal yang tidak terbayang sebelumnya tiba-tiba menjadi lumrah. Inilah yang disebut sebagai revolusi industri digital yang mana dunia semakin membutuhkan orang-orang kreatif untuk mengisi berbagai posisi penting.

Dengan pesatnya kemajuan teknologi dan internet, orang-orang mulai beralih menuju industri digital, baik digunakan sebagai profesi maupun hobi yang menghasilkan. Kita pun dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman ini. Bila tidak, maka hambatan akan datang karena kita mulai ketinggalan arus globalisasi.

Oleh karena itu pada ulasan ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Seperti apa tipsnya? Langsung saja simak ulasan berikut.

Personal Branding Melalui Sosial Media

Apa yang Anda lakukan dengan sosial media Anda? Apakah hanya sekedar berbagi status dan foto, atau digunakan untuk personal branding? Jika selama ini Anda merasa sosial media hanya sekedar berbagi foto dan status saja, maka mulailah untuk memanfaatkannya sebagai ajang personal branding dengan membuat portofolio digital.

Ketahuilah bahwa sosial media seperti instagram sebenarnya bisa memberikan Anda keuntungan dari segi personal branding. Dengan memanfaatkan kolom feed di instagram, Anda bisa mengisinya dengan berbagai foto dan caption yang menggambarkan posisi Anda. Sebagai contohnya, jika Anda adalah seorang penyiar radio, maka maksimalkan instagram sebagai ajang promosi tentang apa saja yang sudah dicapai.

Seperti ketika Anda mewawancarai orang-orang penting, baik pejabat maupun artis. Jangan hanya tampilkan foto dan caption yang singkat, tetapi berikan keterangan bahwa kala itu Anda adalah salah satu orang beruntung yang berhasil mendapat kesempatan tersebut.

Atau bahkan ketika Anda ingin menjadi seorang fotografer, maka tata feed instagram Anda dengan foto yang beraturan dan nyaman dipandang. Publikasikan juga karya foto terbaik Anda untuk menunjukkan seberapa besar kemampuan yang dimiliki. Sehingga ketika ada orang yang mengunjungi instagram Anda, mereka dapat percaya bahwa Anda adalah orang yang pantas untuk diajak bekerjasama.

Hal ini tentu berlaku untuk seluruh sosial media, baik itu Facebook, Youtube, dan lain sebagainya. Jadi mulai sekarang jangan lagi biarkan sosial media hanya berisi nama dan keterangan yang kurang penting. Tunjukan experience Anda baik dalam bentuk foto, video, maupun tulisan pada bio sosial media tersebut.

Belajar Fotografi dan Videografi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, yaitu Anda harus mampu menciptakan personal branding melalui sosial media untuk menghadapi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Dengan demikian, Anda juga dituntut untuk dapat menciptakan foto dan video yang baik. Tidak perlu menguasai teknik fotografi ataupun videografi ala profesional, hanya saja Anda harus bisa mengenal dasar-dasarnya.

Belajar Fotografi

Beberapa orang mungkin gemar memajang foto selfi, tetapi jika Anda ingin menciptakan personal branding yang baik, maka hapuslah foto-foto selfi tersebut dari feed instagram Anda. Ketahuilah bahwa seorang profesional yang mungkin ingin mengajak Anda bekerjasama untuk suatu project tentu tidak akan menyukai foto-foto tersebut. Hal itu hanya akan menujukkan tingkat narsisme Anda dan tidak menambah nilai apapun terhadap personal branding yang dibangun.

Sebagai gantinya, tampilkan foto atau video hasil jepretan Anda dengan value terbaik. Seperti misalnya foto atau video pemandangan alam, hal seperti ini akan lebih menarik untuk dilihat. Terlebih jika Anda menambahkan caption yang menceritakan kesan perjalanan Anda, maka itu akan menunjukkan skill menulis sekaligus menonjolkan citra diri sebagai seorang traveller dan sosok yang menyukai tantangan.

Menjadi Youtuber

Mengunggah video di youtube untuk mendapatkan uang? Tentu pemikiran ini harus dibuang jauh-jauh. Maksud dari kata menjadi youtuber adalah Anda juga dapat memanfaatkan kanal youtube sebagai platform portofolio digital untuk menghadapi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Dengan menjadi konten kreator, Anda bisa menampilkan isi pikiran dan ide brilian kepada publik. Dan inilaih nilai lebih Anda dibanding orang lain. Ketika Anda melamar kerja dan diwawancari oleh HRD misalnya, maka Anda bisa mengisahkan sedikit tentang channel youtube Anda.

Youtuber
Youtuber

Selain itu, ketika Anda memiliki konten yang berkualitas di youtube, bukan tidak mungkin jika nantinya uang dan materi akan berdatangan. Bahkan youtube juga bisa menjadi ajang investasi bagi Anda di masa mendatang. Ketahuilah bahwa pertumbuhan pengguna internet di Indonesia semakin bertambah jumlahnya. Bahkan sebuah riset beberapa tahun lalu yang menyebutkan bahwa para penonton youtube cenderung menonton video berdurasi pendek sudah tidak berlaku lagi.

Saat ini semakin banyak orang yang dengan mudah mendapat akses internet, baik melalui WiFi maupun kuota dengan harga terjangkau. Bayangkan apa yang bisa Anda dapat beberapa tahun kemudian jika mulai sekarang sudah membangun channel youtube dan menjadi youtuber dengan konten berkualitas? Tentu hal ini dapat menjadi income yang menjanjikan!

Mempelajari Desain Produk

Desain Produk digital
Desain Produk digital

Walaupun Anda bukan seorang wirausahawan, mempelajari desain produk adalah hal yang harus dilakukan agar dapat sukses di era digital. Yang dimaksud dengan desain produk tentu tidak terbatas pada suatu benda saja, melainkan lebih dari itu. Seperti misalnya desain dari laman instagram atau Youtube Anda tentu harus didesain dengan tepat agar sesuai dengan target audience. Ketika Anda adalah seorang Photographer wedding, pemilihan font dan tata letak foto ataupun penggambaran price list harus didesain dengan baik.

Jangan sampai personal branding Anda tercoreng hanya karena desain yang buruk. Hal ini tentu akan meruntuhkan kepercayaan konsumen ataupun rekan bisnis yang hendak mengajak bekerja sama. Dan jika Anda mampu mendesain serta merepresentasikan desain produk dengan baik, Anda juga memiliki peluang yang besar untuk mampu bekerja sebagai tim digital marketer di sebuah perusahaan.

Saat ini sangat banyak sekali lowongan kerja yang membuka posisi tersebut dan daya saingnya pun masih rendah. Untuk itu Anda harus mampu melakukan riset yang tepat kepada target pasar agar produk yang dibuat atau dipasarkan mendapat kepercayaan dan loyalitas dari publik.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Ingatlah bahwa saat ini perkembangan zaman telah membawa arus globalisasi yang sangat pesat sehingga kebiasaan dan pola hidup tidak lagi sama. Untuk itu diperlukan ketekunan dan kegigihan yang besar agar dapat menguasai algoritma digital, salah satunya adalah melalui personal branding dan sosial media.

Bila Anda berhasil memanfaatkan sosial media dengan baik, maka nilai plus dalam diri Anda bisa tergambarkan dengan sempurna. Tidak ada lagi keraguan dari pihak-pihak yang ingin mengajak Anda bekerja sama dan langkah untuk sukses di era digital pun semakin mudah digapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *