Tips Memulai Bisnis Sewa Rumah Tanpa Perantara dan Keuntungannya

Salah satu model bisnis properti yang sangat banyak peminatnya saat ini adalah bisnis sewa rumah tanpa perantara. Seperti dugaan anda, saat ini para pemilik rumah yang disewakan lebih suka menggunakan jasa agen properti supaya lebih mudah mendapatkan pelanggan. Namun beberapa orang lebih suka menyewakannya secara langsung tanpa menggunakan jasa agen properti atau perantara. Alasannya tentu bermacam-macam. Ada yang beralasan biaya agen terlalu mahal, ada yang ingin merasakan terjun langsung dan bertemu dengan pelanggan, dan alasan-alasan lain. Anda sendiri mungkin juga mempunyai alasan tersendiri untuk memulai bisnis sewa rumah tanpa perantara tersebut. Jika demikian, maka beberapa tips di bawah ini mungkin akan berguna bagi anda.

Kesabaran

bisnis sewa rumah
bisnis sewa rumah

Tips pertama adalah kunci dari keberhasilan bisnis ini. Anda harus melatih kesabaran dan ketelatenan anda karena mau tidak mau, anda nantinya akan dihadapkan pada berbagai jenis calon penyewa. Secara umum, ada tiga jenis penyewa yang akan cukup sering anda temui dalam bisnis ini. Tipe pertama adalah tipe kooperatif. Penyewa yang satu ini tidak akan terlalu banyak bertanya karena dia sudah melakukan survey eksternal jauh-jauh hari sebelum menghubungi anda. Biasanya, tipe ini sangat berpotensi menyewa rumah anda. Selanjutnya adalah tipe biasa. Penyewa ini mungkin akan membuat anda sedikit kerepotan. Biasanya dia akan meminta informasi lengkap seputar rumah yang akan anda sewakan sehingga bisa merasa yakin untuk menyewanya. Namun potensi jadi sewa dari jenis ini hanya 50 persen saja. Tipe yang terakhir adalah tipe peraba pasaran. Penyewa ini hanya mampir dan menghubungi anda untuk membandingkan harga pasar serta melihat fasilitas yang di tawarkan. The ini sangat sedikit sekali potensi sewanya.

Membaca Minat Pasar

Membaca minat pasar
Membaca minat pasar

Saat memutuskan untuk tidak menggunakan jasa agen properti, berarti anda harus bisa melakukan pembacaan minat pasar seorang diri. Tips yang satu ini sangatlah penting supaya rumah anda bisa memenuhi kriteria para calon penyewa nantinya. Anda harus memerhatikan, kira-kira fitur apa saja yang saat ini banyak dicari di pasaran dari sebuah rumah sewa. Dari poin ini, cobalah untuk melakukan perombakan pada rumah yang akan anda sewakan jika memang diperlukan.

Jangan lupa untuk menghitung biaya renovasi untuk dimasukkan ke dalam biaya sewa per bulan nantinya. Sedangkan untuk membangun kesadaran pasar akan jasa sewa rumah anda, anda bisa memanfaatkan koneksi terdekat anda seperti saudara atau rekan anda. Selain gratis, anda tidak perlu repot-repot membuat iklan yang harus bersaing dengan iklan dari para agen properti.

Memilih Kawasan

Tips ini berlaku bagi anda yang belum memiliki rumah yang akan disewakan namun berencana membeli atau membangunnya dari awal. Anda sangat disarankan untuk memilih kawasan yang sekiranya memiliki prospek yang cerah di masa mendatang. Pilihlah kawasan dengan pertumbuhan yang terlihat signifikan dari tahun ke tahun. Kawasan yang baik adalah kawasan yang sekiranya dekat dengan lokasi-lokasi industri jika memang anda menargetkan kalangan pekerja dan karyawan untuk mengisi rumah sewa anda.

kawasan perumahan

Atau anda bisa membidik sebuah kawasan yang dekat dengan area kampus jika target pasar anda adalah para mahasiswa. Cara pemilihan kawasan tersebut terbukti efektif mengingat calon penyewa benar-benar membutuhkan rumah sewa tersebut. biasanya, anda tidak perlu melakukan promosi yang terlalu aktif jika sudah memiliki kawan yang strategis. Calon penyewa akan datang dan menghubungi nomor anda seketika.

Prospek

Tips selanjutnya dalam membangun bisnis sewa rumah tanpa perantara adalah dengan meilhat prospeknya. Selain sebagai bisnis, jasa persewaan rumah juga bisa menjadi ladang investasi anda. Maka sangat disayangkan apabila di kemudian hari, bisnis anda tersebut malah lesu dan sepi peminat. Anda perlu merancang prospek yang sesuai dengan target dan tujuan anda. semisal, jika anda membangun sebuah kontrakan segan 5 kamar, maka targetkan anda akan memiliki 10 kamar dalam 2 atau 5 tahun mendatang. Jelas jika prospek tersebut dapat terwujud jika rumah sewaan yang anda miliki berada di kawasan yang juga memiliki prospek cerah. Maka kembali lagi. Memiliki kawasan bagus adalah kunci lain keberhasilan dari bisnis anda tersebut.

Pemasaran Online

Di zaman yang serba online, maka menjajakan jasa sewa rumah anda di platform online adalah sebuah langkah cerdas. Dengan memasang iklan di pasar online, maka kemungkinan target calon penyewa anda menjadi tidak terbatas. Anda bisa menggunakan banyak lapak untuk menawarkan jasa sewa rumah anda. Mulai dari toko yang memiliki kategori luas, hingga situs yang dikhususkan untuk lapak properti saja.

Mulai dari yang gratis, hingga iklan berbayar yang menawarkan banyak sekali fitur. Anda bebas memilihnya sesuai dengan kriteria anda. Selain itu, beriklan di platform online juga lebih memudahkan calon penyewa untuk menjangkau anda. hal tersebut dikarenakan biasanya, anda diharuskan mengisi spesifikasi lengkap dari rumah yang akan anda sewakan beserta alamat serta nomor yang bisa dihubungi. Banyak sekali bukan kemudahan yang bisa anda dapatkan? Belum lagi jika anda menggunakan media sosial sebagai media promosi. Algoritma yang berantai membuat iklan anda tersebar dengan sendirinya!

Setelah mengetahui tips seputar bisnis sewa rumah tanpa perantara, maka ada baiknya anda juga mengetahui keuntungan apa saja yang bisa anda dapatkan dari bisnis tersebut.

Keuntungan Bisnis Sewa Rumah tanpa Perantara

  1. Pasar Sewa Rumah tidak Pernah Sepi

Seperti yang anda ketahui jika saat ini pertumbuhan ekonomi sangatlah pesat. Pertumbuhan tersebut dibarengi dengan banyaknya para pekerja muda yang menginginkan untuk hidup mandiri. Biasanya, karyawan-karyawan yang belum memiliki pasangan hidup namun ingin hidup mandiri akan mencari sebuah kontrakan sebagai alternatif tempat tinggalnya.

  1. Harga Sewa Terus Meningkat

Anda bisa memastikan anda mendapatkan untung yang signifikan dalam bisnis ini. hal tersebut karena harga sewa rumah akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya harga properti lain seperti tanah dan rumah setiap tahunnya. Menurut analisis pasar, paling tidak anda harus menentukan sedikitnya 5% harga sewa rumah anda dari harga rumah anda tersebut. Kenaikan tersebut akan terus terjadi seiring dengan naiknya harga properti.

  1. Untung lebih Banyak

Keuntungan In akan anda dapatkan karena anda memutuskan untuk memasarkan sewa rumah anda sendiri. Menyewa sebuah agen properti juga membutuhkan pengeluaran. Biasanya, agen akan menentukan berapa persen dia akan mendapatkan bagian dari sebuah transaksi antara calon penyewa dengan agen tersebut. Nah, daripada harus memberikan fee kepada agen, anda bisa memanfaatkan pemasukan tersebut untuk memaksimalkan bisnis anda tersebut seperti memperbaiki fasilitas, dan lainnya.

Demikianlah informasi seputar bisnis sewa rumah tanpa perantara beserta keuntungannya yang bisa anda ketahui. Memang untuk memulai sebuah bisnis diperlukan banyak sekali pertimbangan supaya nantinya lebih hati-hati dalam mengambil keputusan. Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *