Tips Berinvestasi ala Pengusaha Sukses Indonesia untuk Investor Muda

Pada umumnya, tips berinvestasi ala pengusaha sukses Indonesia dijadikan patokan bagi sebagai investor pemula sebelum mengambil langkah serius di dunia investasi. Ini adalah hal yang cukup wajar mengingat pengalaman yang dimiliki oleh pengusaha-pengusaha sukses tersebut dapat dijadikan sebuah patokan dalam menjalankan kegiatan investasi. Tak hanya itu saja, dengan mengikuti tips pengusaha sukses, maka kegagalan yang telah mereka alami dapat dihindari.

Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini Anda akan dibawa untuk menyelami berbagai tips investasi ala pengusaha yang terbilang sangat sukses di Indonesia. Bagi investor pemula, sebaiknya membaca ulasan ini hingga akhir.

Tips Investasi ala Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja
Eka Tjipta Widjaja

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak asing dengan nama Eka Tjipta Widjaja. Ia merupakan salah satu pengusaha paling sukses di Indonesia. Bagaimana tidak? Dengan melewati banyak rintangan, ia akhirnya dapat membangun sebuah perusahaan besar dengan nilai saham yang sangat tinggi. Bahkan perusahaan yang ia kendalikan saat ini memiliki kategori saham Blue Chips dalam bursa efek.

Sebagai seorang pengusaha yang sangat sukses, ada beberapa tips yang harus Anda cermati dari Eka Tjipta Widjaja. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Jangan Pernah Takut Mengambil Risiko

Bagi seorang Eka Tjipta Widjaja, risiko merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari dunia bisnis dan investasi. Pasalnya semua hal itu menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh seorang pebisnis. Selain itu, untuk menjadi seorang pengusaha sukses, kuncinya adalah tentang kecermatan dalam mengambil sebuah risiko paling kecil namun mendatangkan banyak keuntungan.

  • Tak Perlu Malu dalam Memulai Sebuah Usaha

Tips yang kedua yakni sekecil apapun usaha yang akan dijalankan, seorang pengusaha tidak akan pernah malu dalam menjalankan roda bisnis yang memiliki peluang berupa keuntungan. Mengingat saat ini banyak orang yang malu atau gengsi ketika memulai sebuah usaha atau bisnis tertentu. Dengan menghilangkan rasa ragu dan malu, maka sebuah bisnis dapat berjalan dengan baik.

  • Harus Berani Jatuh dan Bangkit Kembali

Sebagian besar investor yang menginvestasikan dana mereka pada sebuah perusahaan akan mengalami drop ketika usaha mereka tidak memberikan hasil. Hanya pengusaha sejati saja yang mampu bangkit kembali dan belajar dari kesalahan mereka selama menjalankan bisnis di bidang investasi.

Saat ini Eka Tjipta Widjaja menjadi orang terkaya di Indonesia menurut forbes tahun 2018. Ia merupakan pendiri Sinar Mas Grup yang bergerak di berbagai sektor bisnis seperti kertas, kelapa sawit, perbankan, hingga properti. Setidaknya total kekayaan yang dimiliki oleh Eka Tjipta Widjaja hingga tahun 2018 adalah senilai 9.1 milliar dollar.

Tips Berinvestasi ala Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan
Boenjamin Setiawan

Tips berinvestasi ala pengusaha sukses Indonesia yang selanjutnya datang dari pendiri Kalbe Farma, Boenjamin Setiawan. Seperti halnya pengusaha lain, ia juga mengalami jatuh bangun dalam menjalankan bisnisnya hingga menjadi besar seperti sekarang. Bahkan Boenjamin sendiri tidak menyangka bahwa perusahaan yang ia dirikan dapat berkembang besar seperti saat ini. Boenjamin Setiawan pun berbagai pengetahuan mengenai tips sukses yang harus diterapkan oleh para pengusaha muda di Indonesia. Di antaranya adalah:

  • Fokus pada Salah Satu Bidang Investasi

Tips pertama yakni fokus pada salah satu bidang investasi. Dalam hal ini, seorang investor pemula harus mempertimbangkan dengan matang tentang investasi seperti apa yang cocok untuk dijalankan. Selain itu, seseorang dengan keinginan bisnis yang kuat juga harus mampu memilah dan memilih jenis investasi yang benar-benar mereka kuasai dan memberikan keuntungan yang cukup signifikan.

  • Belajar dari Berbagai Sumber

Tips kedua yakni belajar dari berbagai sumber. Hal ini pun diterapkan oleh Boenjamin Setiawan kala ia mendatangi seorang pengelola PT Dupa, Wim Kalona. Menurut Boenjamin, awalnya ia hanya ingin mendirikan perusahaan yang meneliti tentang jamu untuk hipertensi dan kencing manis. Bahkan melalui Wim Kalona, Boenjamin mendapatkan pinjaman 30 juta rupiah sebagai modal.

Jadi tujuan awal Boenjamin yang ingin mendirikan perusahaan di bidang industri farmasi akhirnya tercapai. Bahkan saat ini PT Kalbe Farma menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia yang nilai sahamnya sangat tinggi.

  • Perbanyak Jaringan

Tips yang selanjutnya adalah memperbanyak jaringan atau networking. Dalam dunia investasi, semakin banyak jaringan yang dimiliki oleh seorang investor akan membuat semakin besar peluang mereka mendapatkan kesuksesan. Hal ini tak terlepas dari banyaknya pengetahuan yang dapat diambil dari para investor sebagai pengalaman berharga.

Sebagai seorang pengusaha terkaya nomor 6 di Indonesia, Boenjamin Setiawan hanya fokus mendirikan perusahaan di bidang farmasi dan obat-obatan yakni PT Kalbe Farma. Hal ini tentu berbeda dengan pengusaha lain yang memustuskan untuk mendirikan perusahaan-perusahaan lain atau menginvestasikan saham mereka pada perusahaan bonafit. Meski demikian, fokus Boenjamin Setiawan dalam menjalankan usahanya tersebut memberikan hasil yang nyata. Buktinya, kekayaan yang ia miliki dengan mengelola PT Kalbe Farma adalah sebesar 3.65 miliar Dollar atau sekitar 48.6 triliun Rupiah.

Tips Investasi ala Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono
Robert Budi Hartono

Tips berinvestasi ala pengusaha sukses Indonesia yang selanjutnya datang datang dari Robert Budi Hartono selaku pemiliki PT Djarum. Apabila dibandingkan dengan perusahaan rokok yang lain, PT Djarum menjadi produsen rokok terbesar di Indonesia hingga saat ini. Adapun tips investasi yang harus dipelajari dari Robert Budi Hartono adalah sebagai berikut:

  • Jangan Mudah Puas dengan Investasi yang Anda Lakukan

Pada umumnya, setiap investor yang telah mendapatkan keuntungan sesuai dengan ekspestasi mereka akan berhenti merasakan kepuasan. Meskipun sepele, hal ini akan memberikan dampak pada langkah-langkah investasi yang nantinya mereka jalankan. Risiko terparah dari rasa puas berlebih adalah perhitungan investasi yang kurang matang sehingga menyebabkan kerugian investasi.

Oleh karena itu, sebisa mungkin seorang investor harus memiliki impian setinggi langit. Dengan begitu, ketika mendapatkan keuntungan besar dalam bidang investasi, mereka harus berpikir untuk mengejar dan mewujudkan mimpi-mimpi lainnya.

  • Jangan Takut Bergerak

Kendala paling mendasar dari kegiatan investasi adalah modal. Menurut pemilik Djarum Group, hal ini dapat diatasi dengan berbagai cara, misalnya meminjam dana dari bank atau teman. Namun perlu diingat, ketika meminjam modal, seorang investor harus dapat menghitung secara matang apakah investasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan. Setidaknya untuk mengembalikan pinjaman modal tersebut.

  • Ketika Jatuh, Bangkitlah Segera

Tips terakhir yang diberikan oleh Robert Budi Hartono bagi para investor adalah jangan terpuruk menghadapi keadaan. Ada masa dimana seorang investor jatuh bangkrut. Mereka boleh depresi atau terpuruk, namun jangan sampai perasaan tersebut membuat rencana investasi menjadi berantakan. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk bangkit saat Anda jatuh.

Sekedar informasi, pemiliki pabrik rokok PT Djarum adalah dua bersaudara, Robert Budi Hartono dan Michael Budi Hartono. Selain menjadi pemilik PT Djarum, mereka juga menjadi pemegang saham terbesar di Bank BCA hingga saat ini. Bahkan dua bersaudara ini juga mengembangkan bisnis mereka di bidang elektronik dan kelapa sawit. Menurut majalah forbes 2018, kekayaan mereka mencapai nilai 32.3 milliar Dollar atau setara dengan 430 triliun Rupiah.

Demikian beberapa tips berinvestasi ala pengusaha sukses Indonesia yang dapat Anda lakukan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *