9 Daftar Artis yang Tertipu Investasi Abal Abal dengan Nominal Besar

Investasi bodong atau abal-abal memang tak pernah memandang siapa korbannnya, dibuktikan dengan banyaknya daftar artis yang tertipu investasi abal abal. Dengan kata lain, tak peduli jenis investasi seperti apa yang Anda lakukan, Anda harus tetap berhati-hati agar nantinya tidak terjebak pada investasi bodong. Investasi bodong dapat sangat merugikan, karena semua uang atau modal yang diberikan nasabah untuk berinvestasi tak akan kembali sedikit pun.

Untuk lebih membuat Anda waspada pada investasi bodong, berikut adalah nama-nama artis yang pernah tertipu investasi abal-abal.

Ferdy Hasan

Ferdy Hasan
Ferdy Hasan

Salah satu artis yang pernah tertipu investasi abal abal adalah Ferdy Hasan. Presenter kondang ini pernah mengalami kerugian sekitar 12 miliar Rupiah karena berinvestasi pada tempat yang salah. Saat itu, Ferdy mengaku mendapatkan tawaran investasi dari PT Golden Traders Indonesia Syariah, PT Trimas Mulia, dan CV Panen Mas. Semua investasi padaa perusahaan tersebut ditawarkan oleh CEO Quantum Magna, Ligwina Hananto.

Kerugian yang dialami oleh Ferdy Hasan tersebut diakibatkan karena semua pengelola uang investasinya mengalami masalah. Misalnya pengelola PT GTIS (Golden Traders Indonesia Syariah) kabur membawa semua modal dari investor, pengelola CV Panen Mas dipenjara karena melakukan kegiatan investasi bodong, dan pengelola PT Trimas Mulia kabur ke luar negeri menjadi TKI.

Alasan mengapa Ferdy Hasan membeberkan semua kerugian yang ia alami dari investasi adalah agar tak ada lagi calon investor yang kena tipu. Meskipun Ferdy tak menampik bahwa ia sempat mendapatkan keuntungan besar ketika pertama kali berinvestasi pada perusahaan-perusahaan tersebut.

Cynthiara Alona

Cynthiara Alona
Cynthiara Alona

Daftar artis yang tertipu investasi abal abal selanjutnya adalah Cynthiara Alona. Model cantik ini pernah ditipu dalam pembangunan indekos oleh orang-orang yang membantunya. Hal ini terjadi karena Cynthiara Alona telah menaruh kepercayaan pada orang-orang tersebut. Parahnya, mereka mengajak Alona untuk berinvestasi dalam jumlah besar.

Adapun kegiatan investasi yang ia jalani adalah investasi di bidang kontraktor dan solar. Pada investasi solar, Alona telah mengeluarkan uang dengan jumlah 2,1 miliar Rupiah. Sedangkan untuk investasi kontraktor, Alona mengaku telah menyerahkan uang sekitar 750 juta Rupiah dari total nominal uang sebesar 1,2 miliar Rupiah yang diminta oleh pelaku.

Sandy Harun

Sandy Harun
Sandy Harun

Tante yang merupakan artis kondang Ricky Harun ini juga menjadi salah satu korban dari investasi bodong. Sandy Harun tertipu investasi dengan total sebesar 700 juta Rupiah. Adapun modus yang digunakan oleh pelaku adalah menginvestasikan modal tersebut dalam bidang tambang dan batu bara di daerah Bengkulu. Sandy Harun sendiri mengaku baru pertama kalinya ia berinvestasi di bidang pertambangan sehingga ia tertarik untuk melakukannya meskipun pada akhirnya harus mengalami kerugian yang cukup besar.

Rizal Jibran

Artis selanjutnya yang pernah tertipu dalam bidang investasi adalah Rizal Jibran. Bersama dengan Josh Pieter alias Jupiter Fortissimo dan Nana Khairina, Rizal Jibran tertipu oleh investasi bodong dengan total kerugian mencapai 2,1 miliar Rupiah. Adapun investasi yang mereka lakukan yakni bisnis MLM tisu, dimana wajah mereka telah terpampang pada produk tisu tersebut.

Rizal Jibran
Rizal Jibran

Pada awalnya, tiga artis ini tergiur dengan janji keuntungan yang menggiurkan dari bisnis MLM. Dengan modal yang dikeluarkan itu, mereka mendapatkan janji keuntungan lebih dari 100%. Siapa yang tertarik dengan hal tersebut? Meskipun awalnya keuntungan dari bisnis MLM mereka peroleh, namun ketika modal investasi mereka semakin besar, semua modal tersebut dibawa kabur. Untuk kasus ini, Rizal Jibran dkk melaporkan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya.

Ifan ‘Seventeen’

ivan seventeen
ivan seventeen

Bukan hanya artis-artis di atas saja, Ifan ‘Seventeen’ juga masuk dalam daftar artis yang tertipu investasi abal abal. Ia mengaku mengalami kerugian sebesar 900 juta Rupiah pada investasi emas dan uang. Seperti halnya kasus-kasus di atas, hal yang membuat Ifan ‘Seventeen’ memutuskan untuk berinvestasi adalah karena janji manis berupa keuntungan yang menggiurkan.

Adapun pada modus penipuan yang satu ini, pelaku memberikan keuntungan secara aktif pada Ifan ‘Seventeen’ selama beberapa bulan. Pada akhirnya, pelaku membawa kabur uang Ifan ‘Seventeen’ dan investor lainnya.

Sulis

Sulis
Sulis

Masih ingat Sulis? Ya, penyanyi religi yang kerap tampil bersama Hadad Alwi ini juga pernah tertipu investasi abal-abal. Sulis mengaku pernah ditipu oleh Ahmad Nizar Fahmi yang menjadi pengurus Fans Club Sulis. Adapun total kerugian yang dialami oleh Sulis mencapai 400 juta Rupiah. Tak lama setelah mengalami penipuan berkedok investasi tersebut, Ahmad Nizar Fahmi langsung dibekuk oleh Kepolisian Bekasi dan saat ini dipenjara di Polresta Depok.

Kevin Aprilio

Anak dari Addie MS yang merupakan seorang komposer ternama juga menjadi artis yang pernah tertipu oleh investasi abal-abal. Kevin Aprilio menjadi korban investasi yang dilakukan oleh kolega bisnisnya. Mengenai kerugian yang dialami, ia mengaku telah mengeluarkan modal investasi sebesar 8,5 miliar Rupiah.

Kevin Aprilio
Kevin Aprilio

Kasus ini terjadi sejak tahun 2015 dan hingga sekrang belum dilaporkan ke pihak yang berwajib. Menurut Kevin, ada banyak investor lain yang menjadi korban sehingga cepat atau lambat masalah ini dapat segera di atas. Meski demikian, Kevin Aprilio tak lepas tangan mengingat kerugian yang dialami sangatlah besar.

Harapan Kevin Aprilio adalah agar investor lain lebih waspada dan tak mengalami hal yang serupa dengannya. Adapun saran yang diberikan Kevin terhadap calon investor lain adalah selalu perhatikan jenis perusahaannya. Selain itu, jangan terlalu percaya pada siapapun terkait investasi, meskipun ia adalah orang yang memiliki hubungan baik dengan Anda.

Hengky Kurniawan

Daftar artis yang tertipu investasi abal abal selanjutnya adalah Hengky Kurniawan. Berawal dari keinginannya untuk ikut dalam bisnis rental mobil, ia akhirnya bertemu dengan Hendrik Kusnadi. Hubungan bisnis tersebut telah terjalin selama 1 tahun.

Hengky Kurniawan
Hengky Kurniawan

Menurut Hengky, ia bersama Hendrik Kusnadi membuat perkumpulan dengan para pengusahan rental dan mengumpulkan teman-teman mereka untuk mengumpulkan mobil. Setelah itu, nantinya ia akan mengoperasikan mobil tersebut sebagai taksi online karena kebetulan asisten pribadi Hengky memiliki link yang cukup banyak dari pengusaha taksi online.

Adapun total kerugian yang dialami oleh Hengky Kurniawan adalah sebesar 350 juta Rupiah. Meskipun nominal tersebut dibilang lebih kecil apabila dibandingkan dengan artis-artis di atas, namun ia dirugikan karena menjadi korban atas pencemaran nama baik. Dengan dasar tersebut, akhirnya Hengky melaporkan Hendrik Kusnadi ke Polda Metro Jaya.

Annisa Bahar

Artis lain yang mengalami penipuan investasi abal-abal adalah Annisa Bahar. Dimulai dari tahun 2015, Annisa Bahar mendapatkan penawaran investasi dari PT CSM Bintang Indonesia. Hal yang menggiurkan dari ajakan investasi tersebut adalah keuntungan berlipat ganda yang diperoleh investor. Akhirnya Annisa Bahar bersama kumpulan sosialita lainnya pun memutuskan untuk ikut pada tawaran investasi tersebut.

Annisa Bahar
Annisa Bahar

Menurut pihak kepolisian, kerugian investasi abal abal yang dialami oleh Annisa Bahar mencapai 60 juta Rupiah. Sedangkan kerugian yang diderita oleh investor lain diklaim mencapai 2 miliar Rupiah. Seluruh modal tersebut rencananya akan digunakan untuk melakukan investasi jual beli saham, namun semua itu hanyalah janji belaka.

Dengan melihat berbagai kasus penipuan investasi abal-abal di atas, diharapkan agar para investor lebih berhati-hati dalam mengambil setiap langkah di bidang investasi. Jangan percaya pada siapapun, terutama jika modal investasi yang dibutuhkan sangat besar. Demikian ulasan daftar artis yang tertipu investasi abal abal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *