Sudah Mengerti Sistem Investasi Syariah?

Sistem Investasi Syariah – Salah satu warga negara multi cultural, tentunya kita mempunyai teman atau bahkan memiliki keluarga yang beragama Islam. Namun Apakah anda sendiri salah satu pemeluk agama Islam? Jika iya, tentunya anda tidak asing dengan istilah investasi syariah? Jika anda salah satu pemeluk agama Islam sudah bisa dipastikan setidaknya anda sudah dengar dan tahu terkait investasi syariah.

Pada era jaman sekarang ini, rasanya penggunaan sistem investasi syariah untuk produk keuangan sudah tidak mungkin lagi untuk dihindarkan. Perbankan, sebagai alat yang akan digunakan untuk mempermudah dari aktivitas transaksi, dan bahkan dapat difungsikan untuk sebagai sarana dalam berinvestasi. Memang jaman sekarang sudah banyak sekali, Asuransi yang memiliki peran dalam salah satu sarana investasi yang seiring dari berbagai fungsi utamanya dalam memberikan proteksi.

Tidak cukup sampai disitu hanya denagn investasi yang ada di perbankan serta asuransi saja, untuk saat ini masyarakat sudah mulai masuk dalam ranah dunia forex yang menjadi lading alternatif yang akan memberikan hasil yang lebih menjanjikan.

Singkatnya, produk keuangan yang saat ini tidak lagi menjadi suatu hal yang tabu. Justru , sudah semakin berkembang sebagai salah satu kebutuhan yang menjadi aktifitas hampir semua masyarakat. Belum lama ini, terdapat berbagai investasi yang sudah berkembang yang khususnya dalam bidang investasi syariah. Akan tetapi, apakah yang disebut investasi syariah itu? Dan apa bedanya dengan investasi non-syariah? Agar lebih jelasnya mari simak ulasan dari artikel ini.

Apakah Itu Sistem Investasi Syariah?

Syariah sebagai salah satu aturan atau undang-undang dengan dilengkapi berbagai ketetapan hukum yang berpedoman pada kitab suci Al-Quran dari semua sunnah dari segala bidang kehidupan yang ada didunia.

Pada sistem investasi syariah, baik nasabah maupun pihak bank memang belum bisa mengetahui berapa hasil yang bisa dipastikan untuk mereka yang masuk dalam investasi tersebut. Sebab proses dari hasil tersebut hanya akan bisa di akses setelah hasil usaha dari investor itu sendiri. Dan bahkan, ini akan dimunculkan dalam akhir periode transaksi. Akan tetapi, dengan menggunakan sistem bagi hasil tersebut nasabah serta bank akan menggunakan system bagi keuntungan dengan lebih adil dari pada dengan sistem bunga.

sistem investasi syariah dalam asar modal syariah

 

Apa landasan Dan Tujuan Dari Sistem Investasi Syariah Ini?

Sistem investasi syariah bertujuan tidak lain sebagai niatan untuk berbuat baik terhadap sesama manusia, agar saling tolong menolong dengan hati yang ihklas dan memiliki tanggung jawab sesuai apa yang telah menjadi tugasnya masing-masing.

Sistem investasi syariah dibentuk sebagai langkah untuk membangun salah satu kerjasama yang baik, selain akan dapat melindungi dari sistem finansial, lebih mementingkan orang lain yang lebih membutuhkan dari diri sendiri, lebih mengendapankan kesejahteraan satu dengan yang lain serta mengajak orang lain untuk agar memperoleh kemakmuran secara bersama-sama.

Jika melihat dari kaedah syariah itu sendiri, umat Muslim tidak perlu khawatir sebab sebelum MUI dengan secara resmi mengeluarkan fatwa terkait bunga bank haram, namun sat ini banyak alternatif untuk umat Islam masuk dalam dunia investasi. Sudah sekitar 12 tahun yang lalu, pihak bank syariah pertama kali di Indonesia sudah disahkan untuk  beroperasi dengan system tanpa menggunakan bunga. Dan hal itu, sudah dipalikasikan pada 3 bank umum syariah serta lebih dari 10 pada bank konvensional lain dengan eksklusive juga membuka cabang atau dari anakan perusahaan untuk melayani nasabah yang akan menginginkan sistem investasi syariah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *