Agar Cepat Menikah, Lakukan Strategi Kelola Keuangan Berikut Ini!

Tips Agar Cepat Menikah – Menikah merupakan momen bahagia dan yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap lajang untuk segera melepaskan masa lajangnya tersebut. Karena menikah yang idealnya dilakukan sekali seumur hidup tentunya banyak persipan yang harus dilakukan agar momen sakral tsb berjalan lancar dan memberikan kenangan tak terlupakan bagi Anda dan pasangan.

Nah apa saja persiapan sebelum menikah yang harus dilakukan? Apa yang perlu disiapkan agar cepat menikah? Tak perlu dipungkiri bila uang juga merupakan modal pernikahan yang penting selain adanya pasangan,  kesiapan fisik dan mental. Uang ini nantinya akan digunakan untuk melangsungkan pesta pernikahan dan kegiatan lainnya seperti honey moon yang tentunya dapat menghabiskan uang tak sedikit.

Walaupun ada yang menggunakan cara mempersiapkan pernikahan yang sederhana, namun tetap saja setiap lajang perlu memiliki tabungan untuk pernikahan. Agar cepat menikah bagi yang memiliki penghasilan besar mungkin tak begitu sulit, namun Anda yang berpenghasilan pas-pasan pun bisa kok! Asal ada kemauan … 🙂

Mungkin pertanyaan Anda selanjutnya adalah apa tips menabung untuk menikah dalam  1 tahun atau cara menabung untuk menikah dengan gaji 2 juta?

Nah bagi Anda yang sedang membuat perencanaan tabungan untuk menikah, berikut strategi untuk mengatur keuangan agar cepat menikah dengan uang Anda sendiri.

Tips mengatur keuangan agar cepat menikah
Ilustrasi strategi pengelolaan keuangan agar cepat menikah (image: brambleberrybandb.com)

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mengatur Gaji Bulanan Jangan Asal Numpang Lewat Aja!

Ini Strategi Kelola Keuangan Agar Cepat Menikah

Berikut ini adalah beberapa tips mempersiapkan pernikahan dari sisi finansial yang dapat Anda coba, yaitu:

Niat Baik

Segala sesuatu bermulai dari niat. Nah agar cepat menikah dalam waktu setahun atau sesuai rencana, mulailah dengan niat dulu, niatkan untuk ibadah, membentuk keluarga samara. Insya Allah, semua rencana akan dipermudah dan dilancarkan aamiin …

Buat kerangka konsep

Pada saat Anda membuat sebuah penelitian atau pun program acara, tentunya Anda akan menyusun sebuah kerangka konsepnya  terlebih dulu kan? Begitu pun mengenai pernikahan, Anda harus siapkan kerangka konsep mengenai pernikahan Anda tersebut, contohnya saja kapan rencana Anda akan menikah, tempat berlangsungnya sebuah pernikahan, berapa banyaknya undangan yanga akan disebar, dan lain-lain. Lalu buat rincian biayanya. Dengan begitu pernikahan Anda akan jadi lebih terkonsep dengan matang. Jadi agar cepat menikah, tentukan targetnya dulu!

Buat alokasi dana yang konsisten dan teratur

Kebutuhan biaya sebuah pesta pernikahan yang besar pastinya harus dipersiapkan sedini mungkin dan juga terencana dengan sangat baik. Alokasi dana yang teratur serta konsisten pastinya akan membantu untuk lebih cepat lagi di dalam mempersiapkan dana pesta pernikahan Anda.

Contohnya saja Anda dengan pasangan menyisihkan dana sekitar 30 % dari gaji sebulan selama kurang lebih 1 tahunan. Agar cepat menikah, Anda dapat mencoba tips menabung untuk menikah dalam  1 tahun ini secara konsisten, maka dana yang didapatkannya tentu akan cukup besar untuk bisa mendanai sebagian biaya pesta pernikahan Anda.

Sesuaikan dengan kemampuan

Banyak yang menginginkan membuat pesta pernikahan yang megah. Namun agar cepat menikah, Anda dan calon pasangan harus bisa mengukur diri. Daripada boros dan pinjam sana sini lebih baik gunakan cara mempersiapkan pernikahan yang sederhana. Bukankah lebih baik sisa dana tsb digunakan untuk menyiapkan rumah tinggal?

Siapkan dana cicilan rumah tinggal

Pada saat Anda memutuskan untuk menikah, selayaknya Anda sudah mempersiapkan kebutuhan Anda dan juga pasangan di masa depan tanpa campur tangan orang tua. Contohnya saja membeli sebuah rumah tinggal sendiri.

Mempunyai rumah sendiri atau pun setidaknya mengontrak memberi wewenang sendiri buat Anda dan juga pasangan. Silakan Anda siapkan saja dana cicilan rumah atau pun dana untuk sewa rumah sebelum memutuskan untuk menikah. Setidaknya Anda menyisihkan secara kontinu dari gaji bulanan Anda dan pasangan.

Jangan lupa DOA

Agar cepat menikah, selain dengan niat dan usaha yang diuraikan di atas, sebaiknya lakukan doa juga. Mintalah orang tua dan juga calon pasangan untuk berdoa juga sehingga pernikahan yang Anda cita-citakan dapat segera terlaksana dan lancar.

Demikian sedikit ulasan tentang strategi kelola keuangan agar cepat menikah yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat ..

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

menabung untuk menikah -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *