Simulasi Saham Gratis untuk Pemula Sebelum Terjun ke Perdagangan Saham

Bagi Anda yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis saham namun belum yakin atau menguasai seluk beluk saham, saat ini sudah banyak website atau aplikasi simulasi saham gratis yang dapat dimanfaatkan. Seperti yang kita tahu, di era yang serba maju dengan teknologi informasi seperti sekarang, ada banyak sekali hal yang dapat dilakukan dalam menjalankan bisnis. Salah satunya adalah menjalankan bisnis saham.

Untuk informasi, bisnis saham menjadi salah satu jenis bisnis yang menawarkan keuntungan cukup menjanjikan. Jika dulu bisnis saham identik dengan jenis bisnis yang dapat dilakukan oleh orang-orang kaya, namun sekarang siapapun dapat menjalankan bisnis saham. Mengapa? Hal tersebut dipengaruhi oleh munculnya platform-platform sebagai media bisnis yang memberikan kemudahan berupa batas minimum untuk berinvestasi. Dengan kata lain, tak peduli seberapa besar gaji yang Anda miliki, Anda pun dapat menjalankan bisnis saham.

Permasalahannya, menjalankan bisnis saham tanpa dibarengi dengan kemampuan yang mumpuni akan menjadi risiko tersendiri bagi pelaku bisnis. Adapun risiko terbesar yang mungkin dialami oleh pelaku bisnis saham adalah kerugian investasi dengan jumlah besar. Untuk mengatasi hal tersebut, akhinrya muncullah simulasi saham gratis, baik berupa website ataupun aplikasi android, sehingga calon pelaku bisnis saham dapat mempertimbangkan secara matang apakah bisnis yang hendak mereka jalankan cocok atau tidak.

Alasan Mengapa Simulasi Bisnis Saham Gratis Cocok untuk Pemula

Seperti yang dijelaskan di atas, bagi seorang pemula, penting kiranya menjalankan simulasi bisnis saham gratis sebelum terjun langsung ke dunia perdagangan saham. Dengan begitu, maka Anda dapat mempelajari secara langsung terkait seluk beluk serta cara paling tepat dalam bertransaksi saham.

Simulasi Bisnis Saham

Pada simulasi bisnis saham, Anda dapat sekaligus mengamati gerakan pasar secara teknik ataupun fundamental. Pergerakan pasar inilah yang dianggap paling penting sebagai pendongkrak keberhasilan Anda dalam dunia perdagangan saham. Tak hanya itu, website ataupun aplikasi simulasi saham juga akan memberikan Anda pengalaman seolah-olah Anda sedang menjalankan bisnis saham yang sesungguhnya.

Berbicara mengenai simulasi bisnis saham gratis, setidaknya terdapat dua jenis simulasi yang dapat digunakan. Pertama adalah simulasi saham dari website dan yang kedua adalah melalui aplikasi smartphone. Untuk simulasi bisnis saham gratis berbasis website, Anda tak perlu mendownload aplikasi. Cukup masuk pada salah satu situs penyedia simulasi saham dan lakukan simulasi terkait bisnis saham. Sedangkan simulasi bisnis saham gratis dari aplikasi smartphone, tentunya Anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Dengan begitu, maka Anda pun dapat bertransaksi saham dimanapun dan kapanpun.

Cara Menjalankan Bisnis Saham Gratis Berbasis Website atau Aplikasi

Secara garis besar, sebelum Anda dapat menikmati simulasi saham gratis baik dari website ataupun aplikasi, tentunya Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Ada beberapa website dan aplikasi penyedia simulasi bisnis saham akan dijelaskan pada ulasan di bawah.

Setelah mendaftarkan diri, maka Anda dapat membaca panduan singkat yang diberikan oleh website atau aplikasi tersebut. Jika semua tips telah Anda lakukan, maka Anda sudah dapat melakukan transaksi saham secara real time. Hal menarik yang akan Anda peroleh dari simulasi bisnis saham gratis adalah atmosfer yang seolah-olah memberikan Anda gambaran tentang bertransaksi di perdagangan saham.

Hal penting yang harus diingat di sini adalah patokan keberhasilan Anda saat menjalankan simulasi bisnis saham gratis bukanlah seberapa banyak uang yang diperoleh. Hal ini karena terdapat faktor-faktor lain yang juga memberikan pengaruh sehingga Anda pun harus tetap berhati-hati dalam mengambil langkah untuk menjalankan jenis bisnis yang satu saham.

Jenis-Jenis Simulasi Bisnis Saham Gratis

Bagi Anda yang tertarik menjalankan simulasi saham gratis, setidaknya terdapat beberapa jenis platform penyedia simulator untuk saham. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Simulasi Trading Saham Gratis untuk Saham dalam Negeri

Yang dimaksud dengan saham dalam negeri adalah saham lokal atau semua jenis perusahaan dan sekuritas saham yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Adapun penyelenggara simulasi bisnis saham dalam bentuk trading online yang dapat digunakan secara gratis adalah:

  • IDX Virtual Trading

Merupakan simulasi saham yang digagas oleh IDX (Indonesian Stock Exchange) atau Busa Efek Indonesia. Jenis simulator saham pada IDX Virtual Trading berupa aplikasi dengan batas trial selama 30 hari. Jadi setelah melewati batas masa trial, maka Anda harus mendaftarkan diri dengan membeli aplikasi atau melakukan deposit terlebih dahulu. Mengenai besaran modal yang diberikan, setiap pendaftar akan memperoleh modal awal sebesar 5 Miliar Rupiah berupa uang virtual.

  • Simulasi Trading Kontan

Jenis simulasi saham ini dikeluarkan oleh majalah Kontan dengan basis website. Jadi Anda tak perlu lagi mendownload aplikasi. Cukup masuk pada website Kontan dan lakukan trading saham yang sesuai untuk Anda. Uniknya, penyedia simulator saham Trading Kontan juga memberikan kompetisi trading dengan sistem simulasi. Pemenang kompetisi tersebut akan memperoleh hadiah menarik.

Simulasi Trading Saham untuk Luar Negeri

Apabila Anda ingin melakukan perdagangan saham dalam di pasar saham global seperti Amerika, Australia, Inggris, dan sebagainya, terdapat beberapa penyedia simulator saham. Di antaranya adalah:

  • Virtual Stock Exchange Game

Merupakan jenis simulator berbasis website. Pada penyedia yang satu ini, Anda akan diberikan modal awal dalam bertransaksi saham di pasar global sebesar 100 ribu Dollar.

  • Investopedia Stock Simulator

Merupakan jenis simulator saham berbasis aplikasi smartphone yang dikeluarkan oleh Marketwatch. Aplikasi yang satu ini memberikan berbagai jenis simulasi saham baik yang real time atau berbentuk game trading.

  • How The Market Works

Pada penyedia simulator saham gratis yang satu ini, Anda akan diberikan modal sebesar 25 ribu Dollar hingga 500 ribu Dollar. Cara mendapatkan saham gratis pada aplikasi ini cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan diri dan mainkan semua simulator yang disediakan di dalamnya.

Game Simulator Trading Saham Berbasis Android

Bagi Anda yang menggunakan smartphone berbasis android yang ingin mencoba peruntungan di pasar saham, saat ini ada banyak aplikasi saham yang dapat digunakan. Di antara banyaknya aplikasi simulasi saham, TradeHero menjadi aplikasi yang paling diunggulkan.

Anda akan memperoleh uang virtual sebagai modal sebesar 100 ribu Dollar. menariknya, Anda pun diberikan kebebasan dalam melakukan transaksi saham di BEI dan luar negeri. Dengan begitu, maka Anda dapat dengan mudah mempelajari bagaimana persaingan dan trik tepat yang harus digunakan ketika bertransaksi saham di luar negeri ataupun di dalam negeri.

Itulah beberapa jenis penyedia simulator saham gratis yang harus Anda ketahui. Jadi bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis saham, tak ada salahnya mencoba aplikasi atau website di atas. Semakin banyak Anda menguasai teknik tepat dalam bertransaksi saham, semakin kecil pula risiko Anda mengalamii kerugian. Demikian sedikit ulasan mengenai simulasi saham gratis, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *