5 Produk Investasi Reksadana Syariah Terbaik Patut Dicoba

Reksadana Syariah Terbaik – Bagi yang masih awam dengan dunia investasi, mungkin akan berpikir seribu kali untuk ‘bermain’ di investasi reksadana saham. Mereka yang masih ragu-ragu mayoritas mempunyai alasan yang sama, misalnya risiko investasi saham terlalu tinggi. Belum lagi jika investasi yang dimaksud tergolong haram. Berawal dari situ kemudian banyak yang ‘alergi’ dengan yang namanya saham dan memilih investasi yang dirasa lebih aman.

Sebenarnya jika kita betul-betul paham mengenai reksadana saham syariah terbaik, tak ada alasan bagi kita untuk masuk dan terlibat langsung dengan investasi ini. Sebab selain lebih aman, dengan investasi reksadana syariah maka saham yang kita tanam benar-benar dijamin kehalalannya. Dengan kata lain reksadana saham syariah memiliki perbedaan cukup mencolok dibanding reksadana saham konvensional.

Perbedaan Reksadana Syariah dengan Reksadana Konvensional

reksadana syariah dan konvesional
reksadana syariah dan konvesional

Jika banyak yang menyebut produk reksadana syariah terbaik lebih banyak dipilih beberapa tahun terakhir, hal tersebut tentu memiliki alasan tersendiri. Pendek kata, investasi reksadana syariah lebih menguntungkan dibanding reksadana konvensional. Satu lagi, reksadana saham syariah bersih dari hal-hal berbau haram.

Biasanya jenis reksadana saham konvensional mempunyai aset dasar saham secara umum, artinya tidak ada batasan dari sektor tertentu maupun industri khusus. Perbedaannya, reksadana saham syariah memiliki portofolio investasi saham berbasis syariah dimana didalamnya sudah termasuk dalam organisasi saham Jakarta Islamic Index (JII).

Penerapan skema akad mudharabah menjadi sistem kerja reksadana saham syariah selama ini. Prosedurnya sangat mudah, investor cukup menyerahkan dana kepada manajer investasi, selanjutnya ada kesepakatan pengelolaan dana yang telah diinvestasikan. Nah, keuntungan yang didapatkan investor dan pengelola akan dibagi dua sesuai syarat-syarat yang sudah disepakati sebelumnya.

Pilihan Reksadana Syariah Terbaik

Reksadana Syariah
Reksadana Syariah

Dari sedikit urain diatas mungkin sudah bisa dipahami mengenai keuntungan reksadana syariah. Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi reksadana saham, berikut reksadana syariah terbaik yang direkomendasikan, lengkap dengan rincian data masing-masing produk.

1. TRIM Syariah Saham

Reksadana saham syariah yang satu ini sudah diluncurkan sejak bulan Desember tahun 2006 lalu. Sebagai wadah investasi berbasis syariah, TRIM Syariah Saham layak dipilih karena memiliki banyak keunggulan. Tak hanya halal dan bebas riba namun imbal hasil yang diberikan selama kurun waktu 5 tahun cukup besar, bahkan mencapai 26,40 persen.

TRIM Syariah Saham sendiri dikelola oleh PT Trimegah Asset Management yang hingga saat ini telah mengelola dana lebih dari Rp 427 miliar, dengan NAP per unit reksadana sebesar 1.758,73. Jika Anda ingin berinvestasi di reksadana yang satu ini Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap di web resminya lalu melakukan registrasi secara online. Anda juga bisa menghubungi alamat atau kontak dibawah ini:

PT Trimegah Asset Management

Gedung Artha Graha Lt. 19

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190

Phone: 021-2924 8030, Fax: 021-2924 8040, Email: cs_trim@trimegah.com

2. BNP Paribas Pesona Syariah

BNP Paribas Pesona Syariah merupakan reksadana syariah terbaik yang sangat pantas dilirik karena menjanjikan keuntungan cukup menarik. Konon dalam lima tahun terakhir reksadana saham ini mampu memberi keuntungan paling tinggi yaitu mencapai 26,65 persen, dengan NAP per unit mencapai angka 2.667,33.

Hingga sekarang reksadana syariah yang diluncurkan secara resmi pada bulan Mei 2007 ini memiliki dana kelolaan lebih dari Rp 795 miliar. Pencapaian yang terbilang fantastis mengingat usianya yang masih muda. Adapun manajer investasi yang mengelola reksadana saham syariah ini yaitu PT BNP Paribas Investment Partners.

Jika Anda berminat menjajal peruntungan dengan berinvestasi reksadana saham BNP Paribas Pesona Syariah, Anda bisa akses langsung ke situs resminya untuk melakukan pendaftaran secara online. Anda juga bisa datang ke alamat atau menghubungi kontak di bawah ini.

  1. BNP Paribas Investment Partners

World Trade Center 1 Building, Lt 5

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 29-31, Jakarta 12920

Phone: 021-252 1574, Fax: 021-252 1594, Email: sales.service@bnpparibas-ip.co.id

3. Cipta Syariah Equity

Satu lagi reksadana syariah terbaik yang layak dicoba yakni Cipta Syariah Equity. Wadah investasi reksadana syariah yang diluncurkan bulan April 2008 ini memiliki dana kelola mencapai lebih dari Rp 149,50 miliar. Meski bukan pencapaian fantastis namun imbal hasil yang diberikan selama kurun waktu 5 tahun terakhir cukup besar yakni 25,79 persen, dengan NAP per unit saham 2.168,99. Cipta Syariah Equity sendiri dikelola oleh PT Ciptadana Asset Management.

Jika reksadana saham sebelumnya tak cukup membuat Anda tertarik, Anda bisa mencoba berinvestasi reksadana saham Cipta Syariah Equity. Langsung saja meluncur di situs resminya dan registrasi secara online. Selain itu Anda juga bisa menghubungi alamat atau kontak di bawah ini.

PT Ciptadana Asset Management

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 59, Jakarta 12190

Plaza ASIA (d/h ABDA), phone: 021-2557 4883

Office Park Unit 2, phone: 021-2557 4893, Email: cam@ciptadana.com

4. Batavia Dana Saham Syariah

Dari sisi kinerja, pengelolaan reksadana saham Batavia Dana Saham Syariah cukup baik. Minimal sejak diluncurkan pada bulan Juli 2007 silam pencapaiannya terbilang lumayan. Dalam kurun waktu lima tahun reksadana yang satu ini sanggup memberi imbal hasil sebesar 22,03 persen. Hingga bulan Januari 2018 total dana yang dikelola sebesar Rp 117,54 miliar. Reksadana syariah ini dikelola oleh PT Batavia Propsperindo Aset Management.

Berbeda dari reksadana syariah terbaik lainnya, untuk membeli reksadana saham Batavia Dana Saham Syariah ini ada minimal nominal pembelian awal yaitu Rp 1 juta. Berikutnya pembelian baru bisa dengan minimal Rp 100 ribu.

Mungkin Anda tertarik berinvestasi reksadana saham Batavia Dana Saham Syariah ini? Anda bisa melakukan pendaftaran melalui situs resminya. Jika tidak ingin ribet silakan hubungi alamat atau kontak di bawah ini.

PT Batavia Propsperindo Aset Managemen

Gedung Chase Plaza Lantai 12, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 21, Jakarta 12920

Phone: 021-520 8390, Customer Service: 021-520 8377

5. Manulife Syariah Sektoral Amanah

Dibanding reksadana saham sebelumnya, Manulife Syariah Sektoral Amanah terbilang paling muda karena baru dirilis bulan Januari 2009. Namun jangan salah karena perkembangannya cukup pesat, dimana dalam waktu lima tahun reksadana ini mampu memberi return cukup lumayaan yakni 22,45 persen.

Dari besaran dana kelolaannya, reksadana syariah terbaik yang satu ini mencatatkan angka cukup fantastis yaitu lebih dari Rp 406 miliar. NAP per unit yang ditawarkan lebih besar dibanding reksadana syariah lainnya yaitu 3.926,69. Reksadana saham Manulife Syariah Sektoral Amanah ini bisa didapatkan dengan minimal pembelian Rp 100 ribu.

Apabila Anda lebih mantap memilih Manulife Syariah Sektoral Amanah untuk berinvestasi reksadana saham, Anda bisa melakukan registrasi online sekarang juga di website resminya. Anda juga bisa mendaftar melalui alamat atau kontak di bawah ini.

PT Manulife Aset Managemen Indonesia

Sampoerna Strategic Square South Tower,31st floor

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 45-46, Jakarta 12930

Phone: 021-2555 2255

Nah, dari 5 investasi reksadana syariah terbaik diatas, mana yang paling cocok bagi Anda?

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *