Perbedaan Kredit Emas dan Tabungan Emas, Kelemahan serta Kelebihannya

Dalam investasi emas, terdapat beberapa perbedaan kredit emas dan tabungan emas yang dianggap sama oleh sebagian masyarakat. Padahal apabila dipahami lebih lanjut, kedua jenis investasi ini memiliki perbedaan pada proses investasinya meskipun keduanya berbentuk investasi emas.

Berbicara mengenai investasi emas, emas menjadi salah satu bentuk investasi yang terbukti aman serta memiliki harga yang stabil. Tak heran apabila banyak yang tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk emas. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk investasi emas adalah dengan cara kredit atau tabungan emas. Lantas dimana perbedaan kedua cara tersebut? Berikut penjelasannya.

Mengenal Tentang Kredit Emas

Seperti halnya kendaraan, pembelian emas pun dapat dilakukan dengan cara kredit. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi siapapun yang ingin berinvestasi dalam bentuk emas namun memiliki dana yang pas-pasan untuk membeli emas secara tunai. Lalu dimanakah tempat-tempat yang menyediakan program bisnis investasi emas secara kredit?

Kredit Emas di Pegadaian

Beberapa tahun terakhir pegadaian meluncurkan sebuah layanan baru, yakni pembiayaan untuk emas batangan. Dengan adanya program ini, maka siapapun dapat membeli emas secara kredit, baik itu perseorangan maupun secara kolektif.

Kredit Emas di Pegadaian
Kredit Emas di Pegadaian

Adapun emas yang dapat diperoleh dari kredit emas ini adalah emas ANTAM. Untuk jangka waktu yang disediakan, investor dapat mengambil cicilan emas dalam jangka waktu 3/6/12/18/24/26 bulan. Sedangkan untuk uang muka yang harus dibayarkan apabila tertarik dengan program ini adalah sebesar 15% dari total keseluruhan harga emas yang akan dibeli. Biasanya pihak pegadaian akan memberikan akad yang nantinya harus disetujui oleh investor emas kredit.

Kredit Emas di Bank Syariah

Selain di pegadaian, tempat lain yang menyediakan layanan kredit emas adalah bank syariah. Bahkan sebagian besar bank syariah saat ini memiliki layanan kredit emas. Mengenai masalah pendanaan, kredit emas di bank syariah tak terlalu berbeda jauh dengan pegadaian.

Kredit Emas di Bank Syariah
Kredit Emas di Bank Syariah

Pada bank syariah, berat minimum emas yang akan dibeli secara kredit adalah seberat 10 gram saja. Mengenai biaya tambahan, ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan seperti biaya asuransi, biaya administrasi, dan materai. Adapun beberapa ketentuan yang berlaku tentang pembiayaan dan jaminan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Jaminan (emas) tak dapat ditukar dengan jenis agunan lain.
  • Jaminan yang diberikan oleh bank syariah berlaku selama masa pembiayaan.
  • Fisik barang jaminan disimpan di bank.

Itulah beberapa jaminan yang dapat Anda peroleh saat kredit emas di bank syariah.

Mengenal Tentang Tabungan Emas

Setelah memahami bagaimana mekanisme kredit emas, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah tentang tabungan emas. Ini agar nantinya Anda dapat mengetahui perbedaan kredit emas dan tabungan emas hingga mampu mempertimbangkan jenis investasi emas seperti apa yang cocok dilakukan. Adapun tempat dimana Anda dapat investasi tabungan emas adalah pada pegadaian.

Sebenarnya cara kerja tabungan emas sangat mudah dipahami. Jadi Anda perlu menyetorkan sejumlah dana pada pihak pegadaian untuk memiliki emas yang sesuai kebutuhan dan nominal tersebut. Namun selama proses menabung emas dilakukan, tentu saja fisik emas menjadi kuasa penuh dari pegadaian.

Tabungan Emas
Tabungan Emas

Untuk caranya sendiri, tabungan emas di pegadaian membutuhkan beberapa langkah yang harus dilakukan. Di antaranya adalah:

  • Wajib Memiliki Rekening Pegadaian

Ini adalah hal yang perlu Anda penuhi. Apabila Anda masih belum memiliki rekening pengadaian, maka Anda dapat membuka rekening dengan biaya sekitar Rp 30.000 ditambah biaya titip emas sebesar Rp 30.000/tahun.

  • Setoran Minimal

Setoran minimal merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan dengan nominal setara dengan 0,01 gram emas pada hari yang sama. Jadi misalnya apabila harga emas saat itu adalah Rp 6.070, maka sejumlah itu pulalah yang harus dibayarkan.

  • Jangka Waktu Tabungan

Dengan adanya layanan tabungan emas, maka Anda tak perlu lagi memikirkan jatuh tempo dan sebagainya. Hal ini karena layaknya menabung mata uang, tabungan emas pun juga dapat menggunakan sistem tersebut. Anda bebas ingin menambah jumlah saldo tabungan kapan saja, baik itu harian, mingguan, bahkan bulanan. Mungkin inilah salah satu perbedaan kredit emas dan tabungan emas yang paling terlihat.

  • Mengambil Fisik Emas

Nah, setelah semua saldo tabungan emas Anda terkumpul banyak, maka saatnya Anda mengambil emas tersebut. Sebagai informasi, minimal emas yang dapat diambil adalah saat saldonya setara dengan 5/10/20/50/100 gram. Jadi apabila nantinya Anda ingin memiliki fisik emas tersebut, Anda harus membayar dengan nominal seperti yang telah ditetapkan oleh pihak pegadaian tentang mencetak emas.

Itulah langkah demi langkah yang dapat Anda lakukan saat memutuskan untuk berinvestasi dengan tabungan emas.

Kelebihan serta Kekurangan Investasi Kredit Emas dan Tabungan Emas

tabungan emas 2018
tabungan emas 2018

Untuk mengetahui perbedaan kredit emas dan tabungan emas, Anda juga harus mempertimbangkan mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem investasi emas tersebut.

Keunggulan Kredit Emas

Berikut adalah keunggulan yang dapat Anda rasakan ketika memilih cara investasi kredit emas. Di antaranya:

  • Dapat memiliki emas meskipun dana yang dimiliki terbatas.
  • Keamanan emas terjamin.
  • Batasan jumlah untuk pembiayaan tergolong sangat besar yakni Rp 150.000.000
  • Emas dalam bentuk fisik yang telah diperoleh dapat digadaikan atau dijadikan jaminan ketika ada kebutuhan mendesak.
  • Harga perolehan emas ditentukan pada saat akad.

Kelemahan Kredit Emas

Sedangkan kelemahan cara investasi ini adalah:

  • Harus menyiapkan uang muka sebesar 15% atau bahkan lebih tergantung dimana Anda melakukan investasi emas dalam bentuk kredit.
  • Apabila dihitung secara teliti, terdapat bunga dalam setiap cicilan yang Anda bayarkan.
  • Terdapat penalti apabila ternyata cicilan dibayarkan lebih cepat dari waktu yang telah disepakati.
  • Emas dapat ditarik atau bahkan dilelang apabila gagal dilunasi.

Keunggulan Tabungan Emas

Setelah memahami keunggulan dan kekurangan kredit emas, berikut adalah keunggulan investasi tabungan emas:

  • Tak membutuhkan uang muka.
  • Jangka waktu yang sangat fleksibel. Investor tak terikat pada tenor dan bebas kapan saja ingin melakukan tabungan emas.
  • Setoran minimal sangat murah, yakni setara dengan emas seberat 0,01 gram saja.
  • Tabungan emas dapat dijadikan jaminan jika suatu saat terjadi kebutuhan mendesak.

Kelemahan Tabungan Emas

Sedangkan untuk kelemahan dari investasi tabungan emas, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Di antaranya adalah:

  • Emas yang ditabung baru dapat diambil apabila telah terkumpul minimal seberat 5 gram.
  • Berlaku kurs beli dan kurs jual sehingga akan terdapat selisih dana yang diperoleh.
  • Terdapat biaya cetak apabila ingin mempunyai emas berbentuk fisik.

Setidaknya itulah perbedaan kredit emas dan tabungan emas apabila dilihat dari kelebihan serta kekurangannya.

Mengapa Harus Investasi Emas?

Investasi Emas di Bank Syariah
Investasi Emas di Bank Syariah

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang dapat Anda pikirkan dengan matang kenapa investasi dalam bentuk emas sangat cocok dijalankan.

  • Dapat membeli emas meskipun dana yang dimiliki terbatas.
  • Emas dapat dijadikan jaminan.
  • Menyimpan emas di rumah tentu akan memiliki risiko yang cukup besar. Untuk itulah, setidaknya pihak pegadaian ataupun bank dapat menjamin keamanan emas investasi Anda.
  • Emas investasi memiliki sertifikat resmi baik dari PT ANTAM maupun pegadaian.

Itulah beberapa pertimbangan mengapa investasi emas dapat menjadi bentuk investasi terbaik untuk masa depan. Dari berbagai ulasan di atas, semoga Anda dapat memahami perbedaan investasi kredit emas dan tabungan emas.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

cara menabung emas dirumah -cicil emas2018 -kelebihan dan kekurangan cicil emas dan tabung emas -menabung emas dan kridit emas bedanya -perbedaan credit emas dengan tabung emas -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *