Perbedaan Investasi Emas ANTAM dan Emas Perhiasan Pilih Mana?

Perbedaan investasi emas ANTAM dan emas perhiasan – Berbicara tentang investasi emas memang tak akan ada matinya. Pasalnya meskipun harga yang dimiliki oleh emas fluktuatif, namun apabila dibandingkan dengan investasi berbentuk lain, harga emas relatif lebih stabil. Bahkan apabila diibaratkan sebuah negara mengalami inflasi, harga emas pun tak akan terkena imbasnya. Inilah yang membuat tak sedikit orang tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk emas.

Pertanyaannya, investasi emas dalam bentuk apa yang lebih menguntungkan? Apakah emas batangan ataukah emas yang sudah berupa perhiasan? Hal inilah yang akan diulas pada kesempatan kali ini. Setidaknya sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas, Anda juga harus mengetahui perbedaan investasi emas ANTAM dan emas perhiasan agar dapat melakukan pertimbangan yang matang.

Apa itu emas ANTAM?

 emas ANTAM
emas ANTAM

Sebelum mengulas tentang beda investasi emas ANTAM dan juga perhiasan emas, Anda harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan emas ANTAM. Logam mulia ANTAM merupakan emas yang diproduksi oleh BUMN bernama PT. ANTAM dengan bentuk emas batangan yang memiliki kadar emas 99,99%. Produk emas yang satu ini memang lebih menarik karena bentuknya batangan. PT ANTAM sendiri memproduksi beberapa emas dengan berat yang lebih bervariasi apabila dibandingkan dengan emas perhiasan.

Apa itu Emas Perhiasan?

Seperti namanya, emas perhiasan adalah emas yang telah diolah menjadi sebuah perhiasan sehingga dapat dikenakan dalam kehidupan sehari-hari. Tak jauh berbeda dengan emas ANTAM, kadar emas yang dimiliki oleh emas perhiasan untuk investasi pun mencapai 99,99%.

Emas Perhiasan
Emas Perhiasan

Ketika berbicara tentang emas perhiasan, produsen yang paling terkenal adalah UBS yang telah berdiri sejak 35 tahun lalu. Sebagai produsen emas terpercaya, UBS pun menjamin kualitas emas yang mereka miliki. Adapun persamaan keduanya, baik emas ANTAM maupun emas perhiasan, adalah sama-sama memiliki sertifikat resmi.

Investasi Emas ANTAM dan Emas Perhiasan

Setelah mengetahui tentang apa itu emas ANTAM dan emas perhiasan, kini saatnya mengulas perbedaan investasi emas ANTAM dan emas perhiasan. Sebenarnya perbedaan yang paling mendasar adalah tentang bentuk emasnya saja. Hal ini karena sudah banyak sekali perusahaan yang menyediakan program investasi emas mulai dari bank hingga pegadaian. Untuk mengetahui secara mendalam mengenai investasi emas, simak ulasan berikut ini.

Investasi Emas ANTAM

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa emas yang diproduksi oleh PT ANTAM adalah emas dalam bentuk batangan dengan satuan yang bervariasi. Pasalnya emas ANTAM memiliki berat yang lebih beragam dibandingkan dengan emas perhiasan. Pada emas ANTAM, para konsumen dapat memperoleh emas dengan berat mulai dari 10 gram hingga 1.000 gram. Sedangkan pada emas perhiasan, pada umumnya berat maksimal yang dapat diperoleh adalah sebesar 100 gram saja.

PT antam
PT antam

Hingga saat ini, investasi emas batangan dari PT ANTAM memang masih lebih banyak diminati oleh masyarakat. Salah satu pertimbangannya adalah harga jual emas batangan yang lebih stabil. Tak hanya itu saja, kemurnian dari emas batangan dari PT ANTAM juga lebih terjamin karena terdapat sertifikat yang mencakup nomor ID emas, berat emas, ukuran, dan kadar karat dalam emas tersebut.

Untuk investasi emas ANTAM, ada satu hal yang perlu Anda ketahui. Secara khusus, dalam penjualan emas ANTAM, pemerintah telah mengeluarkan peraturan bahwa emas ANTAM hanya dapat diperoleh dari gerai resmi PT ANTAM ataupun perusahaan investasi emas yang telah bekerja sama dengan PT ANTAM dalam hal distribusi.

Sebagai produk emas yang berkualitas dengan kadar kemurnian tertinggi, maka saat Anda ingin membeli emas ANTAM, setidaknya butuh waktu hingga 1 bulan sebelum emas tersebut benar-benar dapat berada di tangan Anda. Mungkin inilah yang menjadi salah satu kendala tersendiri bagi masyarakat yang ingin membeli emas ANTAM, terutama yang tinggal di daerah-daerah yang jauh dari pusat penjualan emas ANTAM.

Adapun beberapa tempat yang dimana Anda dapat membeli emas ANTAM sebagai lahan investasi adalah sebagai berikut:

  • Pegadaian

Tempat pertama yang menyediakan emas ANTAM adalah pegadaian. Di sini, masyarakat dapat membeli emas ANTAM baik melalui sistem kredit/cicilan atau tunai. Selain itu, apabila Anda menggadaikan emas ANTAM yang Anda miliki di pegadaian, maka harga yang diberikan cenderung lebih besar yakni sekitar 97% dari harga emas. Berbeda dengan tempat-tempat lain yang hanya akan menghargai emas Anda sebesr 95% saja.

  • Gedung Pusat ANTAM

Gedung pusat ANTAM yang terletak di daerah Jakarta ini juga dapat menjadi tempat pembelian emas ANTAM terpercaya. Meskipun apabila dibandingkan dari harga yang dibandrol, harga emas ANTAM di tempat ini jauh lebih tinggi. Hal ini tentu juga dipengaruhi oleh minat pembeli karena gedung pusat ANTAM selalu ramai pengunjung.

  • Unit Bisnis ANTAM

Selain kedua tempat di atas, Anda dapat membeli emas ANTAM secara tunai pada unit bisnis ANTAM yang terletak di Jakarta ini. Adapun keunggulan yang diberikan dari unit bisnis ANTAM  adalah harganya yang paling murah dibandingkan dengan tempat-tempat lainnya. Meski demikian, untuk masalah kualitas, emas ANTAM di tempat ini terjamin 100% asli. Sebagai tempat favorit yang menyediakan emas ANTAM, dalam sehari dibatasi hanya 150 orang saja yang dapat bertransaksi emas di sini.

  • Butik Emas Mobile

Berbeda dengan tempat-tempat penjualan emas ANTAM yang berbentuk toko, butik emas mobile merupakan distributor emas ANTAM yang menjual emas menggunakan kendaraan. Biasanya butik emas mobile berada di tempat-tempat ramai seperti mall kota-kota besar Indonesia.

  • Bank Syariah

Saat ini bank syariah juga menyediakan program layanan pembelian emas dimana konsumen dapat membeli emas dengan menggunakan prinsip-prinsip syariah. Seperti halnya pegadaian, konsumen juga dapt membeli emas dengan cicilan atau kredit.

Investasi Emas Perhiasan

Salah satu perbedaan investasi emas ANTAM dan emas perhiasan terletak pada bentuk keduanya. Hal ini karena emas ANTAM cenderung berbentuk batangan, sedangkan emas perhiasan berupa perhiasan-perhiasan yang dapat dikenakan. Hal ini pulalah yang membuat emas perhiasan cenderung lebih digemari oleh kaum hawa.

Perbedaan lainnya adalah saat Anda ingin berinvestasi pada emas perhiasan, Anda dapat dengan mudah memperolehnya karena dijual di seluruh toko-toko emas atau toko perhiasan yang terpercaya. Selain itu, meskipun emas perhiasan juga cukup digemari dalam hal investasi, namun masih terdapat kemungkinan mendapatkan emas palsu karena tak semua orang ahli dalam mengukur kadar emas yang ada perhiasan tersebut. Berbeda dengan emas ANTAM resmi yang memang telah terjamin keaslian kadarnya.

toko emas perhiasan
toko emas perhiasan

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah biaya pembelian emas perhiasan jauh lebih tinggi dari harga emas asli. Mengapa? Ini karena terdapat proses pengolahan dari emas murni menjadi perhiasan. Tak tanggung-tanggung, harga pembuatan emas tersebut sekitar 15% hingga 20% dari harga emas asli. Sayangnya, apabila Anda menjual emas tersebut, yang dihitung hanyalah kadar emas, berat emas, dan harga emas di hari yang sama. Dengan kata lain, biaya pembuatan tak akan ikut dihitung. Inilah salah satu kekurangan investasi emas perhiasan.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas ANTAM dan Emas Perhiasan

Setelah mengetahui sedikit penjelasan tentang perbedaan investasi emas ANTAM dan Emas Perhiasan, kini saatnya mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing kedua investasi ini.

Emas ANTAM

Kelebihan investasi emas ANTAM adalah:

  • Kenaikan nilai jualnya dapat melebihi inflasi
  • Terdapat standar nilai pada emas ANTAM karena memiliki sertifikat yang memiliki nomor ID, berat emas, ukuran emas, dan karat pada emas.

Sedangkan kekurangannya adalah:

  • Kurang mudah diperoleh. Hal ini karena tak semua toko emas menyediakan emas ANTAM.
  • Apabila jumlahnya banyak, maka akan susah menyimpannya kecuali dititipkan di bank atau pegadaian dengan jaminan keamanan pada emas tersebut.

Emas Perhiasan

Adapun kelebihan investasi dalam bentuk emas perhiasan adalah sebagai berikut:

  • Lebih memiliki estetika. Nilai inilah yang menjadi faktor utama mengapa emas perhiasan lebih banyak digemari khususnya oleh kaum hawa.
  • Lebih mudah diperoleh karena setiap toko emas atau perhiasan menyediakannya.
  • Lebih fleksiber dan mudah dibawa kemanapun.
  • Tak terlalu repot disimpan karena dapat dikenakan sebagai perhiasan.

Untuk kekurangannya, harga jual emas tak dapat menutupi inflasi.

Demikian sedikit ulasan tentang perbedaan investasi emas ANTAM dan emas perhiasan.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

investasi antam -emas antam dan perhiasan bedanya -investasi emas antam atau perhiasan -perbandingan emas logam mulia dan perhiasan -perbedaan investasi perhiassn dan emas antam -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *