Peranan Dana Darurat dan Cara Menyiapkannya, Emang Penting?

Peranan dana darurat sangat penting bagi Anda? Yah ..  namanya hidup, manusia sendiri memang tak dapat memprediksi apa yang nantinya akan terjadi di masa yang akan datang. Memang betul Anda dapat mempersiapkan supaya segala sesuatunya dapat berjalan sesuai dengan rencana. Anda dapat  melakukan yang terbaik termasuk melakukan penghematan semaksimal mungkin. Akan tetapi tak menutup kemungkinan adanya kejadian yang diluar perkiraan serta tidak terduga, bukan?

Dan dalam kehidupan ini pastinya Anda sudah pernah alami yang namanya hal tidak terduga, dan kejadian tersebut mau tidak mau harus menguras uang Anda yang selama ini Anda alokasikan untuk keperluan yang lain. Untuk itulah Anda perlu menyisihkan sejumlah dana cadangan. Peranan dana darurat ini  akan bila Anda hanya menggunakannya untuk keperluan darurat yang penting saja.

Sebetulnya apa alasan kenapa peranan dana darurat tsb sangat penting? Lalu, untuk keperluan apa saja sih dana tsb sebaiknya digunakan? Ini ulasan selengkapnya.

pentingnya dana darurat
Ilustrasi pentingnya peranan dana darurat (image: imoney.sg)

Baca juga: Agar Cepat Menikah, Lakukan Strategi Kelola Keuangan Berikut Ini!

Pentingnya Peranan Dana Darurat Bagi Anda

Dana darurat sebaiknya hanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat penting dan darurat yang dapat mengancam keberlangsungan hidup Anda dan anggota keluarga. Untuk hal yang bersifat remeh ataupun konsumtif sebaiknya tidak mengambil dari porsi dana ini.

Menurut pakar keuangan, peranan dana darurat tsb sebaiknya dialokasikan untuk membiayai hal-hal berikut ini saja, yaitu:

Sakit atau kecelakaan

Anda dapat berusaha untuk menjaga supaya kondisi selalu prima dan juga sehat. Namun yang namanya penyakit ataupun kecelakaan kadang dapat datang tanpa terduga walaupun kita sudah berhati-hati menjaga diri sebaik mungkin. Bila penyakit atau pun kecelakaan yang Anda alami atau anggota keluarga yang cukup parah, pastinya Anda tidak akan berdiam diri kan? Dan pastinya yang demikian ini akan membutuhkan biaya yang tak sedikit. Nah, di sinilah peranan dana darurat harus selalu Anda sisihkan, saat Anda tak bisa membiayainya dari penghasilan bulanan Anda.

Perbaiki barang maupun asset

Pastinya Anda sering sekali alami kerusakan pada barang-barang maupun asset terpenting yang Anda gunakan dikehidupan Anda. Baik itu mobil yang mogok di jalanan, kerusakan rumah, dan juga properti yang disebabkan oleh bencana alam, atau bahkan peralatan teknologi seperti laptop mauun handphone yang rusak, pastinya harus diperbaiki segera, sebab penting sekali dalam mendukung keberlangsungan aktifitas Anda setiap harinya. Jika Anda memang memiliki dana yang cukup untuk memperbaikinya, mungkin saja Anda tidak akan alami masalah yang cukup ribet, tapi bagaimana jika tidak? Untuk itulah, mulai sekarang sisihkan uang Anda untuk dana darurat untuk mengatasi pengeluaran penting yang tak terduga ini.

Kehilangan pekerjaan Anda

Peranan dana darurat juga sangat penting saat Anda sedang mengalami kehilangan pekerjaan. Tak perduli apa alasannya, baik murni keluar, dipecat, atau bahkan di PHK, jika Anda sudah kehilangan yang namanya pekerjaan, itu artinya secara otomatis pemasukan Anda akan terhenti. Dana darurat ini wajib ada untuk hal tersebut, ya paling tidak Anda sudah mempunyai dana yang cukup untuk menghidupi diri dan juga keluarga selama beberapa waktu sampai Anda bisa mendapatka pekerjaan kembali.

Cara Menyiapkan Dana Darurat

Agar manfaat dan peranan dana darurat tsb dapat Anda nikmati tentunya Anda harus meyiapkan dana cadangan tsb sekarang juga. Para ahli keuangan mengatakan bahwa setiap orang sebaiknya memiliki dana darurat sebesar 3-9 x pengeluaran tiap bulannya. Misalkan Anda memiliki pengeluaran tiap bulan sebesar Rp. 5 juta / bulan maka Anda sebaiknya menyiapkan dana cadangan ini sekitar Rp. 15-45 juta. Jumlah yang sangat besar bila harus disisihkan langsung, namun tenang saja karena Anda dapat menyicilnya setiap bulan.

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mengatur Gaji Bulanan Jangan Asal Numpang Lewat Aja!

Berikut ini beberapa tips menyiapkan dana darurat untuk Anda dan anggota keluarga Anda, yaitu:

  1. Buatlah anggaran bulanan seperti berapa total pemasukan dan berapa total pengeluaran Anda.
  2. Buatlah tujuan atau target dana darurat Anda disesuaikan dengan total pengeluaran Anda dan keluarga.
  3. Buatlah rencana untuk mulai menabung / menyisihkan untuk keperluan dana darurat tsb tergantung pada kemampuan Anda. Para pakar keuangan menyarankan untuk menyisihkan 20% dari total penghasilan untuk tabungan dana darurat ini. Tapi ini kembali lagi pada kemampuan / kesehatan keuangan Anda. Berapapun jumlahnya yang penting Anda harus disiplin.
  4. Simpanlah dana tsb di tempat yang aman namun mudah diperoleh saat diperlukan. Misalnya dengan tabungan khusus di bank.
  5. Lakukan secara disiplin, jangan gatal untuk menggunakannya karena peranan dana darurat hanya untuk 3 hal yang telah disebutkan di atas saja.

Itulah informasi seputar pentingnya peranan dana darurat dan bagaimana cara menyiapkan dana cadangan tsb. Semoga bermanfaat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *