Pentinganya Menghitung Jumlah Keuntungan Investasi Anda

Tidak sedikit masyarakat yang sudah masuk dalam dunia investasi tanpa memperhitungkan berapa jumlah keuntungan yang sudah mereka kumpulkan. Berbagai cara berinvestasi yang seperti ini sangat sering dilakukan berbagai masyarakat yang tidak ingin disibukkan dengan nominal tersebut, padahal hal itu sangat penting dalam melihat perkembangan dari hasil investasi Anda tersebut dengan berkala. Untuk artikel ini akan membahas terkait caramenghitung jumlah laba investasi Anda?

Saat ini, investasi tidak lagi menjadi salah satu barang asing lagi untuk sejumlah lapisan masyarakat, apalagi untuk mereka yang sekarang terliterasi dalam manajemen keuangan yang baik. Bahkan sekarang sudah banyak  produk investasi yang bisa diakses siapa saja yang masuk dipasar. Bahkan untuk sekarang ini banyak perusahaan penyedia bermacam produk investasi yang dengan modal yang sangat minimsehingga investasi akan lebih mudah untuk dijangkau dari lapisan masyarakat.

Beberapa produk itu bermacam dari yang paling simpel serta begitu mudah dipahami sampai yang paling susah dipahami. Resiko serta return–nya juga bermacam dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi. Dikarenakan beragam jenis ciri product investasi itu jadi setiap investor mesti memperhitungkan dengan matang product mana yang sesuai sama kepentingan serta preferensinya.

Apa pun product investasi yang dipakai, maksud intinya tetaplah sama yakni untuk memperoleh keuntungan. Setiap investor tentu berinvestasi untuk capai satu tujuan. Umpamanya, untuk penuhi satu diantara maksud keuangannya seperti beli mobil serta rumah. Dapat juga untuk menyiapkan pendidikan anak di hari esok. Harusnya setiap orang berinvestasi untuk satu tujuan keuangan yang pasti. Walau bagaimanapun sebenarnya banyak orang-orang yang berinvestasi tanpa ada tahu maksud yang pasti. Tak ada sasaran nominal yang menginginkan dicapai atau untuk apa nominal uang itu akan dipakai.

 

Tetapi, untuk investor yang tidak mempunyai maksud keuangan yang pasti meskipun, tentu tetaplah menginginkan keuntungan dari investasi. Mustahil ada investor yang menginginkan berinvestasi untuk memperoleh kerugian. Cuma saja apakah Anda betul-betul mempertimbangkan berapakah keuntungan investasi yang Anda peroleh? Kenyataannya beberapa orang yang berinvestasi dengan ‘tutup mata’. Tidak penting berapakah yang sudah diperoleh, yang utama saya tetaplah selalu menyetor dana untuk investasi dengan teratur setiap bulan.

Sikap seperti ini sesungguhnya kurang baik dikerjakan dalam sistem berinvestasi. Dengan rutinitas begini dapat saja Anda lengah serta tidak mengerti kalau sesungguhnya product investasi yang dipakai sudah tak akan menjanjikan atau minimalnya, sudah tidak cocok dengan keperluan Anda.

Pada umumnya, product investasi senantiasa berbentuk fluktuatif, baik itu saham ataupun logam mulia. Meskipun bisa saja dalam investasi logam mulia fluktuasinya tidak se-ekstrem investasi saham. Karenanya, setiap product investasi mesti diawasi dengan berkala. Anda butuh mengevaluasi kemampuan product investasi yang dipakai dengan berkala, meskipun Anda merencanakan memakainya untuk investasi periode panjang.

Dengan pemahaman, saya mengkategorikan investor dalam beberapa ciri berikut :

Investor yang terliterasi keuangan dengan baik yaitu mereka yang betul-betul mengerti semua seluk beluk dunia keuangan. Saya tidak cuma bicara tentang pengetahuan berinvestasi, namun juga pengetahuan tentang keuangan pada umumnya. Dikarenakan sering mengerti skema investasi saja kurang, namun Anda harus juga mempunyai pengetahuan tentang keuangan dengan luas. Begitu logika memikirkan investor itu dalam berinvestasi bakal begitu mensupport peluang keuntungannya.

Untuk investor begini umumnya mengkalkulasi keuntungan investasi bukan hal yang susah dikarenakan ia betul-betul mengerti seluk-beluk product investasi yang digunakannya. Bahkan juga ia mengerti beberapa produk investasi yang lain yang sebelumnya sudah dibanding keduanya sampai ia memperoleh product investasi yang dianggap paling cocok kebutuhan serta pilihannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *