Pengertian Pasar Modal, Pelaku dan Fungsinya

Pengertian Pasar Modal – Pasar modal di dalam ilmu ekonomi ini disebut sebagai lembaga keuangan negara yang mana memiliki kegiatan berupa penawaran dan perdagangan efek. Dalam praktiknya pasar modal ini memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia karena memiliki beberapa fungsi dalam ekonomi yaitu bisa digunakan sebagai pendanaan suatu usaha atau sarana bagi perusahaan untuk bisa mendapatkan investor yang menanamkan modalnya dan yang kedua bisa digunakan sebagai sarana bagi masyarakat untuk melakukan investasi pada satu atau beberapa instrumen keuangan. Banyak yang menjadikan pasar modal ini sebagai peningkat pendanaan. Sebelum Anda mengetahui informasi lebih lanjut tentang pasar modal, ada baiknya Anda mengetahui apa itu pengertian pasar modal terlebih dahulu.

Apa Itu Pasar Modal?

Pasar Modal

Jika Anda bertanya tentang pengertian dari pasar modal, maka Anda akan mendapatkan banyak jawaban karena terdapat beberapa pendapat tentang pasar modal tersebut. Pengertiannya secara umum adalah sebagai tempat untuk memperdagangkan, surat-surat berharga dimana melibatkan beberapa pihak terkait seperti perusahaan, bank komersial, dan semua lembaga perantara yang berada di bidang keuangan di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa pengertian pasar modal yang harus Anda ketahui:

  1. Undang-undang

Pasar modal ini sudah dijelaskan di dalam undang-undang tepatnya nomor 8 tahun 1995 di pasal 1 butir 14 dimana pasar modal diartikan sebagai kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum perdagangan efek, perusahaan publik yang memiliki hubungan dengan efek yang sudah diterbitkan, berkaitan dengan lembaga maupun profesi yang berhubugan dengan efek.

  1. KBBI

KBBI pun ikut menjelaskan tentang pengertian dari pasar modal ini. KBBI merupakan singkatan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan pasar modal ini merupakan kegiatan yang mempertemukan penawaran maupun permintaan dana dengan jangka panjang. Pusat keuangan, bank, dan firma akan meminjamkan uang secara besar di pasar modal. Mereka juga kana melakukan jua beli surat berharga selama berjangka dimana waktunya lebih dari satu tahun.

  1. Wikipedia

Situs Wikipedia mengungkapkan jika pasar modal ini merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan penawaran yang sifatnya umum dan juga perdagangan efek, perusahaan publik dimana memiliki kaitan dengan efek yang diterbitkan, lembaga maupun profesi yang mana memiliki kaitan dengan efek.

  1. Tandaellin

Ada beberapa ahli yang memberikan pengertian tentang pasar modal ini salah satunya adalah Tandaellin. Menurut Tandaellin pasar modal dibagi menjadi tiga yang pertama adalah dalam arti luas yaitu sistem keuangan yang terorganisir, yang termasuk di dalamnya adalah bank komersial dan semua perantara yang ada dalam bidang keuangan tersebut. Yang kedua adalah definisi dalam arti menengah yaitu pasar yang sudah terorganisir dan juga beberapa lembaga yang melakukan perdagangan warkat-warkat kredit. Sedangkan yang ketiga memiliki definisi atau arti yang lebih sempit berupa pasar yang sudah di organisir yang mana memperdagangkan saham maupun obligasi dengan menggunakan jasa dari makelar, komisioner, dan para penjaminnya.

Pelaku Pasar Modal

Setelah Anda mengetahui pengertian pasar modal, informasi selanjutnya yang harus diketahui adalah siapa saja yang menjadi pelaku dari pasar modal tersebut. Pelaku tersebut merupakan pemain utama yang langsung terlibat dalam proses transaksi. Berikut ini adalah beberapa pelaku pasar modal yang harus Anda ketahui:

  1. Emiten

Pemain utama yang terlibat dalam pasar modal secara langsung adalah emiten. Siapa emiten itu?, emiten adalah perusahaan yang akan melakukan penjualan surat-surat yang berharga dan melakukan emisi di bursa. Emiten ini memiliki tujuan dimana tujuannya tertuang dalam rapat umum pemegang saham atau RUPS.

  1. Investor

Pemeran utama dalam pasar modal selanjutnya adalah investor. Investor ini merupakan pemodal yang akan membeli atau menanamkan modalnya yang melakukan emisi. Sebelum membeli surat berharga yang ditawarkan kepadanya, investor akan melakukan penelitian dan juga analisis apakah perusahaan yang akan menjadi tempatnya menanam modal bonafide dan memiliki prospek yang cerah. Tujuan utama dalam investor di dalam pasar modal ini adalah untuk bisa mendapatkan dividen. Dividen ini merupakan pembagian keuntungan berupa bunga yang dibayarkan oleh pihak emiten di dalam bentuk dividen. Tujuan utama lainnya adalah untuk memiliki perusahaan, semakin banyak saham yang ditanam maka semakin besar peluang investor tersebut untuk menguasai perusahaan. Yang menjadi tujuan terakhir dari investor yang menanamkan modalnya di pasar modal adalah digunakan sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan yaitu dengan menjual saham dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan saat pembelian.

  1. Lembaga penunjang

Lembaga ini juga menjadi pemain utama dalam pasar modal karena tugasnya adalah sebagai pendukung operasional pasar modal dan memudahkan emiten maupun investor untuk melakukan kegiatan yang mana berkaitan dengan pasar modal. Lembaga ini memiliki peranan yang cukup penting dalam pasar modal yaitu sebagai penjamin emisi atau yang menjamin terjualnya saham maupun obligasi dengan batas waktu yang sudah ditentukan dan dana tersebut sesuai dengan keinginan emiten. Sedangkan peranan yang terakhir adalah sebagai perantara atau broker dalam kegiatan jual beli efek yaitu antara si penjual dan pembeli. Dalam menjadi broker lembaga akan memberikan informasi yang berhubungan dengan emiten dan melakukan penjualan efek kepada investor.

  1. Pengelola dana

Pemain pasar modal yang terakhir adalah si pengelola dana. Pengelola dana ini akan mengelola surat-surat yang berharga dan menguntungkan sesuai dengan keinginan si investor.

Fungsi Pasar Modal

Pasar modal memiliki fungsi yang berbeda tergantung dengan jenisnya. Berikut ini adalah fungsi pasar modal berdasarkan jenisnya yang wajib Anda ketahui:

  1. Pasar modal primer

Pasar modal primer ini memiliki fungsi sebagai pemberi penawaran saham pertama kali dari pihak emiten yang diberikan oleh pemodal dimana waktunya ditetapkan oleh si pihak penerbit sebelum saham tersebut ditawarkan di pasar modal sekunder. Harga saham di pasar ini akan ditentukan oleh si penjamin emisi dan perusahaan yang menawarkan sahamnya untuk dibeli atau go public.  Selain itu juga memiliki fungsi sebagai penyedia dana perusahaan karena melalui pasar ini banyak perusahaan yang akan mendapatkan dana yang diperlukannya. Dana tersebut merupakan hasil emisi yang berguna untuk mengembangkan maupun memperluas produksi barang maupun jasa yang dimilikinya.

  1. Pasar modal sekunder

Selain pasar modal primer ada juga pasar sekunder. Pasar sekunder ini merupakan tempat terjadinya jual beli saham diantara investor.  Fungsi dari pasar sekunder adalah sebagai penyedia penjualan efek yang bisa dilakukan setiap saat. Fungsi lainnya adalah sebagai tempat untuk melakukan penghimpunan investor lembaga atau secara perorangan. Di pasar ini pun akan terjadi transaksi jual beli saham diantara para investor yang mana saham tersebut telah melewati masa penawaran maksimal 90 hari setelah izin emisi tersebut diberikan.

Ciri-ciri dari pasar sekunder adalah jangka waktu yang ditetapkan tidak terbatas, adanya  komisi yang dibebankan saat pembelian maupun penjualan, harga fluktuasi sesuai dengan kekuatan pasar, dan yang terakhir adalah pemesanan dilakukan melalui anggota bursa.

Demikianlah pengertian pasar modal dan informasi penting lainnya tentang pasar modal yang harus Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *