Pengertian Invetasi Saving Bond Ritel, Keuntungan Serta Cara Pembeliannya

Pengertian investasi saving bond ritel – Jika anda berniat melakukan investasi dalam waktu dekat ini, maka anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengenal jenis investasi yang satu ini. Saving bond ritel, adalah salah satu jenis investasi dengan instrumen serupa obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Saving bond ritel seri terbaru yang sudah resmi diterbitkan pada bulan Agustus lalu memiliki seri SBR 004 yang berarti ini adalah produk saving bond ritel ke empat yang di keluarkan pemerintah sejak pertama kali kemunculannya. Tentu seri ini juga memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan saving bond ritel seri sebelumnya. Lebih jauh, artikel ini akan membahas seputar pengertian investasi saving bond ritel, keuntungannya, serta cara mendaftar sebagai pemiliknya. Berikut adalah masing-masing rinciannya.

Pengertian investasi Saving Bond Ritel

investasi Saving Bond Ritel

Saving bond ritel bisa dipahami sebagai surat utang negara (SUN) dengan basis tabungan yang diterbitkan pemerintah untuk selanjutnya diperjualkan kepada individu masyarakat Indonesia dengan tujuan menghimpun dana sebagai pembiayaan terhadap negara. Layaknya obligasi lain, saving bond ritel memiliki kupon, serta fasilitas-fasilitas khas obligasi lainnya.

Namun investasi saving bond ritel memiliki beberapa karakteristik khusus seperti tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder, kupon mengambang, dan modal awal yang sangat terjangkau dengan kelipatan yang besar tidak adanya potensi Capital Gain juga membuat saving bond ritel menjadi salah satu investasi dengan penawaran yang sangat menarik. Jika dijelaskan secara rinci, karakteristik saing bond ritel adalah sebagai berikut.

  1. Saving bond ritel tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder seperti layaknya Obligasi Ritel Indonesia (ORI) yang lain karena basis yang digunakan dalam investasi adalah tabungan.
  2. Memiliki kupon mengambang berarti besaran hasil kupon saving bond ritel akan disesuaikan dengan BI 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) setiap tiga bulan sekali. Sebagai informasi tambahan, BI 7DRRR adalah alternatif dari BI Rate yang merupakan kebijakan penentuan suku bunga kredit yang berlaku secara keseluruhan di Indonesia. Dengan adanya BI 7DRRR, bank yang mempunyai simpanan uang di BI akan dengan mudah mendapatkan kembali uangnya saat inflasi menurun supaya daya edar uang di masyarakat meningkat. Pada saving bond ritel terbaru (SBR004), pemerintah menetapkan suku bunga kupon minimal 8.5%. Jumlah tersebut akan naik jika BI 7DRRR naik setiap 3 bulan. Namun jika suku bunga di BI 7DRRR turun, maka suku bunga hanya akan turun hingga batas minimal 8.5% tersebut.
  3. Untuk modal awal, Saving Bond Riotel seri terbaru yang diterbitkan pada 20 Agustus lalu mematok nominal yang sangat kecil. Anda bisa memiliki saving bond ritel mulai dengan harga sekitar Rp. 1 juta saja dan maksimal kelipatan mencapai Rp. 3 miliar.
  4. Saving bond ritel tidak memiliki Capital Gain. Artinya, anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual maupun beli aset yang di investasikan.
  5. Karakter lain dari saving bond ritel adalah adanya fitur Early Redemption. Hadir sebagai keterbatasan Saving Bond Ritel yang tidak bisa diperjualbelikan di pasar sekunder, fitur ini memungkinkan anda untuk menerima sebagian besar pelunasan pokok dari pemerintah sebelum jatuh tempo. Untuk bisa menggunakan fitur ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu, kepemilikan jumlah modal minimal anda adalah Rp. 2 juta di setiap mitra distribusi, dan jumlah maksimal yang bisa diajukan untuk Early Redemption hanya terbatas 50% saja dari total keseluruhan jumlah total kepemilikan anda.

Setelah mengetahui pengertian investasi saving bond ritel, mungkin anda bertanya-tanya apa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari investasi jenis ini. Berikut adalah keuntungan-keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Keuntungan Investasi Saving Bond Ritel

 Investasi Saving Bond Ritel

Seperti karakteristik saving bond ritel yang sudah disebutkan di atas, investasi jenis ini memiliki banyak keuntungan di dalamnya. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Modal Awal yang Minim

Bagi anda uang masih pemula dalam dunia investasi, saving bond ritel bisa menjadi lahan percobaan anda. bagaimana tidak, anda bisa memiliki saving bond ritel dengan harga minimal mulai dari Rp. 1 juta saja. tentu jumlah tersebut sangat sedikit jika dibandingkan dengan modal awal investasi-investasi lain sejenis. Maka kekhawatiran anda soal besarnya modal sudah terpecahkan dengan memilih saving bond ritel sebagai instrumen investasi anda.

  1. Investasi Rendah Risiko

Satu hal yang selalu membayangi para investor namun tidak pernah bisa dihindari adalah adanya risiko. benar sekali, setiap pengelolaan keuangan pasti mengandung risiko di dalamnya, tak terkecuali saving bond ritel. Namun anda tidak perlu khawatir lagi karena masalah peraturan pembayaran kupon sudah di atur dan di jamin dalam undang-undang Surat Utang Negara (SUN). Jadi pemerintah sebelumnya sudah memiliki anggaran untuk membayar kupon serta pokok saving bond ritel dalam APBN sebagai alternatif jika terjadi kegagalan investasi. Maka saving bond ritel ini jelas lebih aman daripada obligasi atau jenis investasi P2P lending.

  1. Proses Pembelian yang Mudah

Keuntungan yang selanjutnya adalah mudahnya akses ke pembelian saving bond yang mudah. Anda bisa melakukan pembelian langsung secara online kepada mitra distribusi yang sudah ditentukan sebelumnya. Sebagai contoh, untuk SBR004, anda bisa membelinya di Investree, Bareksa, Tanamduit, PermataBank, Trimegah Security, dan lain lain.

Dengan mengetahui keuntungan tersebut, anda mungkin sudah mulai tertarik untuk berinvestasi di saving bond ritel. Jika demikian, maka cara berinvestasi di saving bond ritel di bawah ini mungkin Sia membantu anda.

Memulai Investasi Saving Bond Ritel

  1. Registrasi

Anda bisa melakukan registrasi secara online melalui mitra distribusi (midis) yang sudah ditentukan sebelumnya. Pada tahap ini, anda perlu memasukkan informasi mengenai data diri, Single Investor Identification (SID), nomor rekening dana, dan nomor rekening surat berharga. Perlu anda ketahui, SID adalah kode tunggal khusus yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia selaku lembaga penyimpanan dan penyelesaian. Jika anda belum mempunyai SID, pihak midis biasanya akan membantu anda untuk mendaftar terlebih dahulu.

  1. Pemesanan

Anda bisa melakukan pemesanan saving bond ritel hanya dalam masa penawaran saja mengingat investasi ini tidak bisa diperjualbelikan di pasar sekunder. Silakan baca terlebih dahulu semua ketentuan yang berlaku.

  1. Pembayaran

Telah mendapatkan verifikasi pemesanan, anda bisa mulai menyetorkan pembayaran dana investasi menggunakan kode pembayaran yang sudah anda terima sebelumnya. Pembayaran biasanya bisa di lakukan melalui teler, ATM, maupun internet banking.

  1. Konfirmasi

Anda akan menerima NTPN atau juga disebut Nomor Transaksi Penerimaan Negara setelah melakukan pembayaran. Anda juga akan menerima pemberitahuan tentang completed order serta alokasi saving bond ritel pada tanggal setelmen.

Demikianlah pengertian investasi saving bond ritel lengkap dengan keuntungan dan cara pembeliannya. Jika masa penawaran sudah berkahir, maka anda bisa menunggu penerbitan SBR yang selanjutnya dari pemerintah. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *