Pengertian Investasi Syariah Menurut Pakar dan Kelebihannya

Pengertian investasi syariah menurut pakar – Investasi dengan konsep syariah semakin digemari saat ini. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya bank penyedia produk syariah dan nasabah yang beralih dari investasi konvensional ke sistem syariah. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan investasi syariah ini dan apa saja kelebihannya? Untuk menemukan jawabannya langsung saja Anda simak ulasan dibawah ini.

Konsep dan Pengertian Investasi Syariah Menurut Pakar Muhammad Nafik H.R

Pada dasarnya, pengertian investasi secara umum adalah kondisi dimana seseorang memberi dana sebagai bentuk modal untuk orang lain yang nantinya akan dikembangkan. Dalam pengembangannya itulah sang pemberi modal akan mendapat bagi hasil. Bentuk pengembangannya pun beragam, bisa dalam bentuk properti, reksadana, dan lain sebagainya.

Investasi Syariah
Investasi Syariah

Namun dalam pengertian di atas, tidak dijelaskan lebih rinci seperti apa proses perputaran uang tersebut. Karena pada investasi konvensional, kita boleh saja berinvestasi dalam bentuk apapun yang penting menguntungkan.

Berbeda dengan investasi syariah yang tidak hanya bertujuan mencari persentase keuntungan secara materi namun juga sesuai dengan syariat dan kaidah keislaman. Dan menurut Muhammad Nafik H.R, investasi syariah adalah suatu kegiatan berinvestasi yang sesuai syariat islam, baik itu pada sektor rill ataupun keuangan.

Dalam hal ini islam juga sudah mengajarkan tata cara berinvestasi yang menguntungkan bagi semua pihak, bahkan tidak hanya pihak manusia saja, melainkan juga alam dan seisinya. Seperti misalnya investasi pada pembangunan properti, maka proses pembangunannya tidak boleh melupakan sisi alam. Harus adanya konsentrasi khusus yang memperhitungkan perairan, daya resap air pada tanah, dan bagaimana properti tersebut tidak merusak ekosistem sekitar.

Jadi kesimpulannya, investasi syariah dalam dunia pasar modal adalah kegiatan menanamkan modal pada sekuritas tertentu yang selaras dengan syariat islam, yaitu sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadist.

Prinsip Investasi Syariah

Investasi Syariah
Investasi Syariah

Setelah memahami definisi dan pengertian investasi syariah menurut pakar, maka selanjutnya memahami prinsip yang ada didalamnya. Investasi syariah memiliki prinsip adanya kebebasan dalam membuat kontrak berdasar pada kesepakatan bersama dan telah memenuhi kewajiban akad antara yang bersangkutan.

Dalam praktiknya juga harus terhindar dari unsur riba atau pemberian bunga. Dan juga harus beretika dan mengutamakan akhlak mulia sebagai sosok yang jujur dan amanah dalam bertransaksi.

Contoh Produk Investasi Syariah

Apabila Anda ingin memilih investasi syariah sebagai bentuk penghasilan jangka panjang, maka ada beberapa produk investasi terbaik yang bisa Anda pilih. Diantaranya sebagai berikut:

  • Saham syariah
  • Reksadana syariah
  • Efek beragun aset syariah
  • Obligasi syariah
  • Deposito dari bank syariah
  • Emas murni
  • Pendanaan modal syariah

Jika Anda pemula dan baru mulai masuk ke dunia investasi syariah, maka Anda bisa memilih dari yang paling minim risikonya, yaitu investasi emas murni dan reksadana syariah. Perlu diketahui bahwa pembagian hasil melalui investasi syariah haruslah menguntungkan kedua belah pihak sehingga sangat minim potensi kerugian yang muncul. Oleh karena itu investasi syariah ini dinilai lebih baik daripada investasi konvensional.

Kelebihan Investasi Syariah Dibanding Investasi Konvensional

Kelebihan investasi syariah
Kelebihan investasi syariah
  1. Lebih Aman

Sesuai prinsip investasi syariah, yaitu harus memiliki kejelasan dari segala sisi, baik dari sistem bagi hasil maupun produk yang digunakan. Dan dengan prinsip yang dipegang teguh ini, Anda tidak perlu khawatir tertipu oleh informasi yang ada. Karena biasanya beberapa investasi konvensional ada yang tidak mencantumkan informasi secara jelas sehingga menimbulkan kerugian di masa mendatang.

  1. Bebas dari Riba

Ketika kita melihat keuntungan dari investasi konvensional, mungkin akan terlihat sangat besar. Namun bisa jadi itu adalah keuntungan dari bunga dan tergolong riba. Untuk itu dengan memilih investasi syariah, seberapapun keuntungan yang didapat bisa dipastikan terbebas dari riba. Seluruh keuntungan dihasilkan murni dari sistem bagi hasil yang sudah disepakati.

  1. Bermanfaat bagi Seluruh Elemen

Dalam menjalankan investasi syariah, itu berarti kita sudah mendukung gerakan ekonomi syariah. Dan suatu perekonomian yang dijalankan dengan prinsip syariah pastinya bermanfaat bagi seluruh elemen. Bukan hanya pihak investor saja, melainkan juga sekitarnya, seperti dari sektro pembangunan, sektor ketahanan alam, dan sektor pembedayaan sumber daya manusia berbasis islam.

  1. Terlindungi Secara Undang-undang Negara

Investasi syariah juga sudah terlindungi secara undang-undang, seperti yang tercantum pada UU no. 21 tahun 2008 terkait perbankan syariah. Dan dalam praktiknya, investasi syariah juga sudah mendapat perlindungan dari Dewan Syariah Nasional MUI.

Dengan demikian, setiap pihak yang terkait pastinya bisa mempertanggungjawabkan hasil yang ada. Dan Anda sebagai investor juga lebih aman karena tidak berisiko mendapat investasi bodong dari oknum tak bertanggungjawab.

Nah, demikianlah beberapa ulasan yang bisa kami bagikan terkait pengertian investasi syariah menurut pakar dan beberapa prinsip serta kelebihannya. Jadi, tunggu apalagi? Mari segera berinvestasi secara syariah agar mendapat keuntungan dunia dan akhirat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *