Peluang Usaha untuk Pemula Bagi Anda yang Punya Passion

Peluang Usaha untuk Pemula – Keterbatasan pengalaman dan kekhawatiran mengalami kegagalan menjadikan seseorang kesulitan menentukan mana bidang usaha yang paling cocok. Disamping itu, bagi pebisnis pemula faktor modal kadang juga menjadi kendala dan akhirnya mereka menyerah sebelum sempat memulai usahanya.

Salah satu penentu kesuksesan sebuah usaha adalah pengalaman. Sedangkan pengalaman hanya bisa didapatkan setelah kita mencoba merealisasikan usaha tersebut. Hal ini berarti jika tidak berani memulai sebuah usaha, maka pengalaman berharga yang akan menjembatani menuju kesuksesan tidak akan pernah kita dapatkan.

Menentukan peluang bisnis untuk pemula sebenarnya tidak begitu sulit. Namun karena baru tahap awal sebaiknya kita pilih usaha yang tidak terlalu rumit, dengan modal kecil atau bila perlu tanpa modal sedikitpun. Pada fase ini mungkin keuntungan yang dihasilkan tidak begitu besar, meski begitu potensi untuk lebih berkembang sangat terbuka lebar. Ini tidak hanya berlaku untuk satu bidang usaha tertentu namun untuk semua jenis usaha.

Lantas apa saja peluang usaha untuk pemula terutama yang memiliki kans mendatangkan banyak keuntungan? Salah satu atau beberapa pilihan peluang usaha berikut ini bisa Anda pertimbangkan.

Bisnis Online Dropshiper

Bagi generasi milenial bisnis dropshiper sepertinya paling cocok karena sistemnya yang sangat simpel. Boleh dibilang bisnis ini merupakan peluang usaha tanpa modal sehingga risiko kerugian sangat kecil. Bagi pemula bisnis ini cukup mudah dijalankan sebab hanya butuh koneksi internet untuk mengoperasikan bisnis secara online.

Dropshiper sama artinya dengan menjualkan produk orang lain / perusahaan lain dimana kita akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga. Sistem penjualan ini tidak mewajibkan kita memiliki stok barang. Cukup kita koleksi foto-foto produk yang akan dijual kemudian kita promosikan.

Bagaimana cara promosinya? Karena bisnis ini sifatnya online maka kita bisa melakukan promosi di berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook, Pinterest, Google +, Forum Jual Beli (FJB), dan lain sebagainya. Kita juga bisa menawarkan barang yang dijual melalui grup WA, bahkan secara offline seperti  perkumpulan arisan atau pengajian.

Bisnis Kuliner

Selain dropshiper, bisnis kuliner termasuk peluang usaha modal kecil yang layak dicoba. Selain prospek yang menjanjikan, banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dari bisnis ini seperti salah satunya hobi atau bakat yang tersalurkan.

Ya, bisnis kuliner memang erat kaitannya dengan hobi. Intinya bagi kita yang punya hobi memasak atau semua yang berhubungan dengan makanan sangat cocok menekuni bisnis ini. Kita tinggal mengembangkan bakat dan minat di bidang ini misalnya membuat sosis bakar, ayam crispy, kebab turki, dan aneka minuman. Kita bisa memasarkannya dengan membuka angkringan atau warung kecil-kecilan terlebih dulu.

Usaha Fotokopi dan Peralatan Sekolah

Usaha Fotokopi
Usaha Fotokopi

Peluang usaha untuk pemula yang satu ini sangat potensial bagi yang tinggal di lingkungan sekolahan, perkantoran atau kampus. Sama halnya dengan orang berjualan lainnya bisnis ini cukup mudah dijalankan. Jika tidak punya cukup modal untuk membeli mesin fotokopi kita bisa menyewa terlebih dahulu. Modal yang terbatas bisa dialokasikan untuk pengadaan peralatan sekolah seperti alat tulis, topi, dasi, dan berbagai kebutuhan sekolah lainnya.

Selain modal yang tidak begitu besar, keuntungan dari bisnis ini adalah barang-barang yang dijual tidak memiliki batas waktu penggunaan (expired). Berbeda jika kita memilih berjualan makanan siap saji yang kemungkinan besar hanya bisa bertahan selama beberapa hari atau bahkan beberapa jam.

Usaha Warnet dan Game Online

Warnet
Warnet

Peluang usaha ini memiliki pangsa konsumen yang cukup luas, namun begitu butuh modal cukup besar untuk merealisasikannya. Tidak hanya anak sekolahan namun orang dewasa, orang tua, bahkan anak-anak pun saat ini sangat akrab dengan warnet dan game online sehingga kemungkinan kita tidak memperoleh keuntungan sangat kecil sekali.

Kendati demikian faktor lokasi sangat menentukan perkembangan usaha warnet dan game online itu sendiri. Bisnis ini dapat berkembang pesat dan lebih cepat mendatangkan keuntungan jika didirikan dekat fasilitas umum terutama kampus atau sekolahan. Tentu saja target pemasarannya adalah mahasiswa atau pelajar di wilayah tersebut.

Usaha Konter Pulsa

Menjual pulsa sangat mudah, jadi meskipun masih pemula kita tidak butuh waktu lama untuk mempelajari bisnis ini. Cukup dengan memanfaatkan sisa lahan, misalnya halaman rumah atau lahan lainnya bisnis ini dipastikan akan mendatangkan keuntungan. Kita juga tidak perlu pusing memikirkan target konsumen sebab tetangga kanan kiri rumah pasti membutuhkannya.

Konter pulsa

Mungkin profit yang dijanjikan bisnis isi ulang pulsa kurang menarik perhatian, namun sebagai pemula sebaiknya kita tidak terlalu terpaku dengan profit apalagi menjadikannya sebagai patokan. Sebaliknya target utama dari bisnis ini adalah pengalaman. Dengan kata lain sambil berjalan keuntungan akan terus bertambah dari waktu ke waktu, tentunya disertai upaya dan kerja keras.

Kita harus optimis lambat laun usaha kita bisa mencapai level lebih tinggi. Dari keuntungan berjualan pulsa kita bisa mengembangkan bisnis menjadi server pulsa dengan omset hingga ribuan transaksi setiap hari.

Bisnis Jual Beli HP Bekas dan Aksesoris

Jual beli HP bekas
Jual beli HP bekas

HP saat ini sudah menjadi penunjang gaya hidup. Tak peduli status sosial, pria, wanita, tua muda, remaja, bahkan anak-anak pasti tidak asing dengan gadget yang satu ini. Karena jumlah pengguna yang terus bertambah, jual beli HP bekas dan aksesoris HP tentu menjadi peluang usaha yang cukup menggiurkan.

Saat ini rata-rata pengguna ponsel berlomba menggunakan HP keluaran terbaru yang lebih canggih, fitur lebih lengkap, dan lain sebagainya. Karena alasan itulah aktivitas jual beli HP semakin meningkat sehingga membuka pintu keuntungan cukup besar bagi siapa saja yang menekuni bisnis ini.

Apakah memulainya cukup sulit? Tergantung seberapa besar kemauan kita terjun di bisnis ini namun ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti tempat usaha dan spanduk promosi usaha yang dipasang di depan rumah atau ruko. Tak lupa kita juga butuh sedikit modal untuk pengadaan aksesoris HP seperti baterai, headset, headphone, memory card, kartu perdana, dan lain-lainnya.

Bisnis Cat Kiloan

Bisnis Cat Kiloan
Bisnis Cat Kiloan

Bisnis cat tembok kiloan mungkin masih terdengar asing, padahal bagi pemula usaha ini sangat potensial terutama jika dijalankan di daerah-daerah. Tentu saja target konsumennya masyarakat menengah kebawah yang memiliki dana terbatas untuk merenovasi rumah. Bahkan tak jarang mereka yang sedang membangun rumah baru juga tertarik dengan produk ini.

Sebenarnya cat kiloan tak jauh beda dengan cat kemasan merk terkenal yang dijual di toko-toko bangunan. Namun karena diproduksi oleh industri rumahan jadi harganya lebih terjangkau. Bagaimana dengan kualitasnya? Sebenarnya masalah ini tergantung dari produsennya. Bahkan secara kualitas tak jarang cat kiloan mampu bersaing dengan cat produksi perusahaan terkenal.

Jika tidak memiliki keahlian meracik cat tembok kiloan sendiri, kita bisa bertindak sebagai penyuplai kemudian dijual di daerah kita sendiri. Tentu saja sambil mempelajari bagaimana cara membuatnya, terutama bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan. Siapa tahu suatu saat nanti kita bisa memproduksinya sendiri dan tidak lagi bergantung dari produsen lain.

Itu tadi beberapa peluang usaha untuk pemula yang bisa kita coba. Ingat, tidak perlu ragu dengan keterbatasan modal, tetap optimis dan yang paling penting jangan takut gagal sebelum mencoba.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *