7 Langkah Membangun Bisnis Sewa Ruko

Bisnis sewa ruko saat ini sedang menemukan pasar terbaiknya. Pertumbuhan pesat pertokoan kelas menengah ke atas membuat bisnis ini laris manis dengan menawarkan untung yang tidak sedikit. Beberapa investor memang sengaja dari awal membeli tanah untuk kemudian di bangunkan ruko sebagai langkah bisnisnya. Beberapa lainnya mungkin sudah memiliki investasi properti, namun belum memutuskan untuk mengembangkan bisnis dari investasi properti tersebut.

Dengan memilih bisnis sewa ruko, maka pemasukan pasif bisa di dapatkan secara reguler selain dari nilai investasi properti itu sendiri. Pemasukan tersebut juga bisa menutupi pengeluaran yang dibutuhkan oleh properti yang anda punya seperti biaya perawatan gedung, listrik bulanan, dan lain-lain. Jika anda berminat untuk menjalani bisnis sewa ruko, maka langkah-langkah di bawah ini perlu anda cermati sebelumnya.

Konsekuensi

Bisnis Sewa Ruko

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah menetapkan tekad anda. Untuk anda ketahui, menjalankan bisnis ini tidaklah mudah. Dibutuhkan konsekuensi tinggi untuk memenuhi tanggung jawabnya. Dengan menjalankan bisnis sewa ruko, berarti anda akan berhubungan dengan perawatan gedung, menghitung laba dan ruginya, perbaikan gedung, juga hal-hal lainnya.

Jika anda tidak memiliki konsekuensi tinggi, maka risiko gagal bayar dari para penyewa menjadi tinggi. Jika sudah seperti, imbasnya adalah anda tidak bisa menutup biaya perawatan gedung anda. Inilah yang patut anda hindari semenjak awal. Menerapkan konsekuensi untuk bisa menagih setiap bulan memang susah. Itulah mengapa memantapkan tekad serta konsekuensi menjadi sangat penting.

Persiapkan Ruko

Bisnis ruko
Bisnis ruko

Setelah anda memiliki tekad dan konsekuensi dalam menjalankan bisnis ini, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan ruko anda. Anda bisa mulai dengan membersihkan ruko anda supaya menjadi lebih layak digunakan jika memang ruko anda sudah lama tidak di tempati. Setelah itu, mulailah meninjau fungsi dari sarana-sarana pendukungnya seperti saluran air, ketersediaan listrik, dan lain-lain.

Anda harus mengerti jika semakin lengkap dan baik sarana yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula harga sewanya. Di samping itu, mempercantik tampilan ruko anda akan meningkatkan potensi calon penyewa memilih ruko anda. Tentu saja, anda harus menghitung seluruh biaya persiapan ruko tersebut untuk menentukan harga sewa supaya nantinya, anda mendapatkan untung yang jelas dari bisnis ini.

Nilai Sewa Pasar

Mengingat bisnis sewa ruko bukanlah bisnis baru, maka langkah selanjutnya bisa anda gunakan untuk melakukan survey mengenai nilai sewa pasar untuk ruko anda. Hal tersebut guna menghindari biaya sewa ruko anda yang bisa saja terlewat murah, atau justru terlalu mahal. Anda bisa melihat harga sewa ruko yang sekiranya memiliki spesifikasi yang sama dengan ruko yang anda miliki. Spesifikasi yang biasanya menjadi perhatian adalah masalah lokasi dan fitur-fitur yang ditawarkan.

Sebagai contoh, jika ruko yang anda tawarkan berada di sekitaran kampus, maka anda bisa menjelajah ke ruko-ruko sejenis untuk menanyakan harga sewanya. Setelah mengetahui nilai sewa pasar, maka anda tinggal menentukan margin harga yang tepat berdasarkan modal anda untuk melengkapi sarana dan prasarana ruko anda tersebut. Carilah margin yang paling menarik sehingga calon penyewa tidak merasa dirugikan dengan harga yang anda tawarkan.

Jangka Waktu Sewa

Selanjutnya adalah menentukan jangka waktu sewa ruko anda. jangka waktu sewa bisa disesuaikan dengan tujuan anda dari awal menggeluti bisnis ini. Jika anda memang fokus pada pemasukan pasif setiap bulan, maka menentukan jangka sewa selama sebulan akan sangat menguntungkan bagi anda.

ruko disewakan

Anda akan mendapatkan penghasilan yang pasti jika memang penyewa membayarkan biaya sewanya sesuai dengan perjanjian awal setiap bulannya. Anda juga tidak perlu khawatir menutup pengeluaran lain seperti biaya listrik dan air dengan begitu. Selain itu, dengan membuat jangka waktu sewa selama satu bulan, anda jadi bisa menentukan harga sewa yang lebih fleksibel. Maksudnya, jika memang harga sewa mengalami kenaikan pada bulan selanjutnya, maka anda bisa menentukannya saat pembayaran sewa langsung pada bulan berikutnya. Hal tersebut menghindarkan anda dari kerugian karena harga modal naik secara mendadak.

Biaya

Memperhitungkan biaya adalah hal yang paling krusial dalam sebuah bisnis. Dalam bisnis ada ruko sendiri, kebanyakan para pelakunya tidak terlalu memperhitungkan biaya (khususnya pengeluaran) ke dalam modal yang harus ditanggung. Mereka berdalih bahwa biaya perawatan sudah menjadi tanggung jawab penyewa seluruhnya. Padahal jelas, ada beberapa aspek yang memang harus anda sebagai pemilik ruko yang harus mengatasinya sendiri.

Anda bisa menyertakan hal tersebut dalam perjanjian mengenai aspek apa saja yang seharusnya menjadi tanggung jawab penyewa dan aspek apa saja yang menjadi tanggung jawab anda. hal tersebut guna menghindari pengeluaran yang tidak terduga di masa mendatang. Selain itu, perhitungan biaya pengeluaran dan pemasukan anda menjadi lebih jelas dan terukur.

Seleksi Calon Penyewa

Nah, langkah yang satu ini juga sangat krusial. Anda harus menentukan calon penyewa yang sekiranya aman bagi anda. Aman di sini adalah, anda harus tahu dengan pasti bahwa tujuan penyewaan ruko anda tidak bertentangan dengan hukum. Dalam beberapa kasus, penyewa ruko tidak tahu dengan kegiatan yang berjalan di rukonya sendiri hingga akhirnya kasus mencuat dari ruko tersebut. Jika sudah demikian, bukankah anda sendiri yang menanggung ruginya? Aman juga bisa diartikan dalam melihat potensi pembayaran yang dilakukan calon penyewa.

Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan sekitar keadaan finansial atau prospek bisnis yang dijalankan oleh calon penyewa atas ruko anda. Jika masih belum yakin, anda bisa meminta data keuangan sang penyewa untuk menjamin kelancaran pembayaran setiap bulannya. Dan jangan lupa untuk meminta identitas seperti nama lengkap serta nomor telepon saat membuat perjanjian sewa sehingga anda tahu harus ke mana jika sewaktu-waktu terjadi masalah.

Kontrak Perjanjian

Kontrak Perjanjian sewa ruko
Kontrak Perjanjian sewa ruko

Inilah kunci penting dalam transaksi sewa menyewa ruko anda. kontrak perjanjian membuat anda dan pihak penyewa mengetahui masing-masing tanggung jawab dan porsinya. Jadi tidak ada lagi istilah saling lempar kesalahan atas masalah yang terjadi di masa mendatang nanti. Catatan-catatan tersebut sangat penting di samping data-data pokok seperti jumlah harga sewa, uang muka, jangka waktu sewa, hingga tenggat atau batas akhir pembayaran. Untuk membagi tanggung jawab tersebut, anda bisa merundingkannya dengan calon penyewa supaya nantinya tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan.

Penutup

Akhirnya, menjalankan bisnis sewa ruko memanglah bukan hal yang mudah. Ada banyak sekali aspek yang harus anda perhatikan supaya bisnis bisa berjalan sesuai dengan target anda. Namun kembali lagi, jika melihat peluang pasarnya, tentu sebuah kerugian melewatkan bisnis yang satu ini. Dan perlu anda ketahui juga bahwa setiap rugi pasti memiliki risikonya. Risiko gagal; bayar dari penyewa sudah pasti ada dalam bisnis ini. Masalah tersebut tentu bisa anda anda atasi dengan mengembangkan kemampuan bisnis anda secara bertahap. Semoga bermanfaat.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

bisnis ruko -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *