Jenis Jenis Investasi Jangka Panjang dan Pendek Paling Menguntungkan

Jenis jenis investasi jangka panjang – Investasi ada yang jangka pendek dan juga jangka panjang. Tidak ada investasi yang hasilnya bisa didapatkan dengan cara yang instan. Untuk bisa menjadi seorang investor yang sukses Anda harus bisa mempersiapkan diri dengan melakukan investasi yang lebih stabil dimana tumbuh dalam jangka panjang. Anda juga harus memiliki kesabaran yang cukup untuk melihat uang terus bertumbuh secara perlahan. Investasi jangka panjang terbaik ini memiliki karakteristik membutuhkan manajemen yang kurang dari mitra jangka pendeknya, memberikan pertumbuhan jangka panjang, tingkat risiko rendah, dan juga memiliki sejarah kinerja dalam jangka panjang.  Bagi yang sedang ingin menjadi investor jangka panjang, simak jenis jenis investasi jangka panjang yang bisa dipertimbangkan berikut ini:

Dana Indeks

Dana Indeks
Dana Indeks

Salah satu dari jenis jenis investasi jangka panjang yang bisa dipertimbangkan adalah dana indeks. Dana indeks ini adalah investasi terbaik untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang alasannya karena investasi ini merupakan produk inheren yang kuat dan juga terdiversifikasi. Dana indeks akan memegang berbagai macam perusahaan, sehingga uang yang telah Anda investasikan di investasi satu ini tidak akan terikat dengan kegagalan maupun keberhasilan perusahaan. Pertumbuhan pasar saham dalam jangka panjang secara keseluruhan membuat investasi jenis dana indeks ini menjadi salah satu investasi jangka panjang yang banyak diperhitungkan.

Tanah dan Juga Bangunan

Jenis investasi selanjutnya yang bisa dipertimbangkan adalah tanah dan bangunan. Investasi jangka panjang ini tidak hanya di lirik oleh masyarakat umum namun banyak artis pun melirik investasi satu ini sebagai contohnya adalah Pevita Pearce, Raffi Ahmad, dan lain sebagainya. Harga tanah dan bangunan yang semakin mahal setiap tahunnya akan membuat investasi ini sangat menggiurkan. Mengapa tanah dan properti ini harganya semakin mahal dan menguntungkan?, hal itu dikarenakan lambat laun populasi manusia meningkat. Peningkatan populasi manusia tersebut tidak disertai dengan peningkatan luas lahan sehingga semakin besar populasi manusia maka semakin banyak yang membutuhkan tanah dan juga properti ini.

tanah dan bangunan
tanah dan bangunan

Jangan heran jika beberapa puluh tahun ke depan harga tanah dan juga properti ini semakin melonjak tinggi karena semakin dibutuhkan. Untuk bisa berinvestasi dengan tanah dan bangunan ini Anda bisa dengan membeli tanah kemudian mendirikan bangunan di atasnya. Atau jika hanya membeli sebidang tanah pun tidak mengapa, karena nantinya harga dari tanah tersebut akan melonjak naik setiap tahun terutama jika letaknya strategis. Meski begitu saat ini harga tanah dan properti ini sudah cukup mahal mulai dari puluhan juta sampai dengan ratusan juta. Dibutuhkan budget yang tebal untuk bisa investasi di bidang ini.

Obligasi

Obligasi Syariah

Investasi jangka panjang yang stabil dan bisa dipertimbangkan adalah obligasi. Obligasi ini memiliki jangka waktu selama 10 tahun dan memberikan hasil atau nilai balik yang lebih baik.

Emas

Salah satu dari jenis jenis investasi jangka panjang selanjutnya yang banyak diminati adalah emas. Mengapa disebut dengan investasi jangka panjang?, hal itu dikarenakan semakin lama disimpan nilai dari emas tersebut akan semakin besar. Sebagai salah satu dari logam mulia yang indah dan banyak digemari oleh banyak orang emas ini menjadi investasi yang menggiurkan. Hal itu dikarenakan emas harganya akan naik setiap tahunnya. Kelebihan emas ini adalah memiliki nilai jual yang tinggi, selain itu emas itu juga sangat aman dalam berbagai macam keadaan dan anti tergerus inflasi. Karena harga emas terus melambung waktu paling efektif untuk investasi emas ini adalah minimal 5 tahun. Anda akan mendapatkan keuntungan yang banyak dari selisih harga beli dengan harga jual.

Blue Chip

Blue Chip
Blue Chip

Ada beberapa individu yang menganggap pembelian saham adalah strategi yang tidak sehat. Sehingga investor yang memiliki kekayaan besar cara untuk mendapatkan investasi nilai yang besar dengan membeli saham blue chip. Perusahaan dengan value miliaran dollar cenderung memiliki pertumbuhan yang stabil dan juga konsisten dari waktu ke waktu. Selama jangka panjang, perusahaan dengan nilai miliaran dolar dan didukung dengan kinerja perusahaan yang bagus akan terus bertumbuh dan menawarkan keuntungan yang besar pula.  Saham tersebut akan stabil dan memberikan dividen laba atau biasa disebut dengan re-investasi.

Asuransi

Bagi Anda yang ingin memperkecil risiko kehilangan atas suatu benda atau risiko kerusakan maka asuransi ini menjadi pilihan yang utama. Selain bisa mendapatkan proteksi atau perlindungan Anda juga akan mendapatkan investasi yang menguntungkan. Hal itu dikarenakan saat ini ada investasi yang sifatnya sebagai proteksi dan juga investasi. Sayangnya kelemahan dari asuransi yang menggabungkan antara proteksi dan juga investasi ini adalah pembayaran preminya yang lebih mahal dibandingkan dengan asuransi biasa.

Jenis Investasi Jangka Pendek

Bagi yang tidak menginginkan investasi jangka panjang bisa memilih investasi jangka pendek seperti berikut ini:

1. Tabungan Bank

Jenis investasi jangka pendek yang layak untuk dipertimbangkan adalah tabungan di bank. Investasi dengan produk tabungan di bank ini adalah investasi termudah dan terbaik untuk menginvestasikan uang. Saat ini ada beragam produk tabungan bank yang bisa dipertimbangkan dan siapa pun bisa menginvestasikan uang dengan cara ini baik anak-anak, remaja maupun para orang tua. Selain mudah dilakukan, pengambilan investasi ini juga mudah dilakukan.

Yang harus diingat jika ingin melakukan investasi ini adalah persentase bunga yang didapatkan cukup kecil sehingga tidak cocok untuk Anda yang menginginkan investasi dengan keuntungan yang besar. Meski begitu Anda tidak akan dituntut untuk melakukan penyetoran uang dalam jumlah tertentu setiap waktunya. Setelah Anda membuat buku tabungan Anda bebas mengisi saldo rekening kapan pun yang Anda mau. Semua lapisan masyarakat pun memilih untuk melakukan investasi ini mengingat pengambilan uangnya yang mudah.

2. Deposito

Bagi yang menginginkan investasi jangka pendek dengan bunga bank lebih besar bisa memilih investasi satu ini. Selain besaran bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa, kelebihan deposito ini adalah memiliki return pengembalian nilai investasi yang lebih tinggi. Sayangnya kekurangan dari investasi jenis deposito ini adalah tidak leluasa dalam mengambil uangnya karena jangka waktunya telah disepakati mulai dari 1 sampai dengan 15 tahun lamanya. Selain itu deposito ini memiliki jumlah minimal setoran awal sehingga jika tidak menyetorkan dana sebesar setoran minimal yang ditentukan tidak akan bisa dilayani.

Umumnya deposito ini dilakukan oleh pebisnis kelas menengah karena jumlah setoran awal yang tidak sedikit mulai dari jutaan sampai dengan puluhan juta. Untuk bisa berinvestasi deposito sesuai dengan keinginan, Anda bisa memilih jenis bank yang memberikan bunga deposito sesuai dengan keinginan Anda yang mana bunganya mulai dari 4%. Semakin besar setoran awal yang Anda berikan dan semakin panjang tenor waktu yang Anda pilih maka semakin besar nilai investasi yang akan didapatkan.

 

Saat ini investasi jangka pendek dan jangka panjang sangat diperlukan, hal itu dikarenakan uang yang ditanam kemudian diputar dalam instrumen investasi lebih bisa berkembang daripada yang hanya disimpan dalam bentuk mentahan. Oleh sebab itu pertimbangkanlah  jenis jenis investasi jangka panjang maupun pendek yang telah disebutkan di atas yang mana sangat bagus untuk memperbaiki kondisi finansial Anda di masa depan.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

Sebutkan Jenis Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang yang Menguntungkan ? -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *