5 Jenis Investasi yang Bisa Bikin Kaya Sebelum Usia 30 Tahun

Investasi yang bisa bikin kaya sebelum usia 30 tahun – Usia 30 tahun adalah salah satu usia emas bagi seseorang untuk mendapatkan kejelasan karir dan finansial. Usia ini juga dianggap cukup krusial karena bisa menjadi tolok ukur dari indikasi kesuksesan seseorang. Apabila pada usia 30-an sudah memiliki karir dan keamanan finansial, maka langkah selanjutnya dalam meniti kesuksesan cenderung lebih mudah. Dan salah satu cara untuk dapat mencapai posisi tersebut adalah dengan berinvestasi. Ya, sejatinya investasi adalah bentuk persiapan keuangan terbaik yang bisa menguntungkan dan dapat dilakukan dalam jangka panjang.

Bahkan salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffet saja mengakui bahwa dirinya bisa mencapat posisi saat ini berkat investasi yang dilakukannya di masa muda. Setelah sukses pun, dirinya tetap melebarkan sayap di dunia investasi karena menanggap hal ini sebagai kebutuhan untuk memenuhi target finansial.

Oleh karenanya tak heran jika banyak kawula muda yang ingin memulai investasi sebelum usia 30 tahun. Tapi, tak jarang juga banyak diantara mereka masih bingung dengan jenis ivestasi apa yang paling menguntungkan. Dan pada ulasan kali ini kami akan memberi informasi seputar 5 jenis investasi yang bisa bikin kaya sebelum usia 30 tahun, berikut ulasannya.

Investasi Emas Batangan

Beberapa orang mungkin menganggap kalau emas batangan adalah investasi yang membutuhkan modal besar. Bahkan bagi anak muda, investasi ini sering dihindari karena minimnya modal. Tetapi yang harus diketahui adalah, kini semua orang sudah bisa berinvestasi emas batangan hanya dengan uang 10 ribu rupiah saja. Program investasi ini adalah salah satu program milik Pegadaian yang menyasar segmentasi menengah ke bawah.

emas batangan
emas batangan

Di Pegadaian, Anda bisa membuka tabungan emas dengan nilai investasi mulai dari 0.01 gram. Dengan modal yang tidak besar, tentu Anda bisa berinvestasi dalam jangka panjang sembari meningkatkan modal. Selain itu,berinvestasi emas batangan juga cocok bagi pemula karena sangat minim resiko. Bahkan dapat dipastikan jika harga emas setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Dengan memilih investasi ini, bisa kaya di usia 30 tahunan pun bukan lagi angan-angan.

Reksadana

Reksadana
Reksadana

Bagi investor muda atau pemula, Reksadana juga merupakan pilihan tepat karena minim resiko dan hasilnya pun besar. Investasi jenis ini juga tidak menuntut Anda untuk menguasai berbagai instrumen investasi seperti saham, deposito, ataupun obligasi. Karena ketika Anda memberikan modal pada investasi Reksadana, nantinya pihak manajer investasi yang akan mengelola dana tersebut untuk dimasukkan ke beberapa instrumen yang ada.

Lalu apakah investasi ini aman? Mengingat dana yang dikumpulkan akan dikelola dan disebarkan ke beberapa jenis instrumen lain. Tenang saja, investasi Reksadana bisa dibilang sebagai salah satu jenis investasi paling aman karena sudah terdaftar dan mendapat pengawasan langsung dari OJK. Dengan demikian Reksadana juga menjadi investasi dengan hitung-hitungan penghasilan yang transparan. Bahkan untuk pemula sekalipun yang belum pernah terjun ke dunia investasi dapat dengan mudah memahami skema dari Reksadana.

Investasi Saham

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung bahwa saham adalah salah satu instrumen yang ada dalam reksadana. Tetapi, apabila Anda ingin terjun langsung dan mengambil bagian dalam investasi ini, Anda bisa saja menanam saham secara langsung pada korporat pilihan. Namun yang harus diingat adalah, dibalik nilai return yang tinggi, saham juga memiliki tingkat resiko cukup tinggi. Apalagi bagi Anda yang belum berpengalaman atau baru pertama kali mencoba, maka disarankan untuk menginvestasikan dana dalam jumlah kecil terlebih dulu.

Parto Kawito, Direktur PT.Infovesta
Parto Kawito, Direktur PT.Infovesta

Walaupun kini sudah cukup mudah ditemui sekuritas kecil yang menaungi para investor saham dengan modal sedikit, tetap saja Anda harus mempelajari lebih dulu seputar dunia saham. Jangan sampai keinginan mendapat untung justru berubah jadi buntung. Bahkan menurut Parto Kawito, Direktur PT.Infovesta menyarankan bahwa sebaiknya Anda menggunakan tidak lebih dari 5% penghasilan atau kekayaan untuk diinvestasikan dalam bentuk saham. Hal ini guna menghindari hal-hal tak diinginkan.

Properti

investasi Properti

Dari sekian banyak jenis investasi, bisa dikatakan bahwa properti adalah yang paling aman dan rendah tingkat resikonya. Sebagai gambaran, dalam waktu 1 tahun sebuah properti bisa mengalami kenaikan lebih dari 10%. Itu baru jumlah minimalnya saja karena di beberapa daerah dengan nilai pembangunan yang tinggi, harga properti bisa melonjak 25 – 30% per tahunnya.

Oleh karena itu investasi properti menjadi pilihan banyak investor, baik pemula maupun mereka yang sudah berpengalaman. Tetapi tak jarang pula banyak orang yang merasa kalau investasi ini menguras modal. Untuk itu apabila Anda berminat, Anda bisa menggunakan sistem crowdfunding atau patungan. Dalam sistem ini Anda akan berposisi sebagai pemilik saham properti. Jumlah dana yang diperlukan juga tidak besar, umumnya adalah 1% dari harga unit properti tersebut.

Sehingga apabila Anda ingin berinvestasi pada hunian rumah seharga 1 Miliar, maka dana yang harus digelontorkan adalah 10 juta rupiah. Namun harus diingat bahwa investasi dengan cara patungan ini juga memiliki resiko yang lebih tinggi daripada Anda membeli properti secara individu. Untuk itu pastikan anda berinvestasi pada pengembang yang terpercaya dan terjamin kredibilitasnya.

Bisnis Online

Jika sebelumnya Anda mengenal bisnis online sebagai ajang jual beli biasa, maka mindset itu harus diubah mulai sekarang. Bisnis online bisa menjadi salah satu pilihan investasi yang bisa bikin kaya sebelum usia 30 tahun. Perlu diketahui bahwa membangun jaringan bisnis online tidaklah mudah. Untuk bisa meraih pasar yang luas, diperlukan keuletan dan kesabaran yang tinggi dalam menanti jangka waktu yang tidak sebentar.

Untuk itu bisnis online bisa menjadi langkah pasti yang dapat Anda lakukan mulai dari sekarang. Dengan menentukan produk dan target pasar yang tepat, bukan tidak mungkin jika bisnis yang dijalani saat ini akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang besar beberapa tahun kedepan.

Dengan menjalankan bisnis online ini Anda juga tidak akan terikat waktu. Bahkan lebih dari itu, Anda juga bisa saja tidak terikat oleh produk apapun ketika Anda memanfaatkan sistem dropship. Suatu sistem yang mana Anda cukup mempromosikan dan meneruskan penjualan antara konsumen dengan produsen utama, namun tentu saja dengan nama Anda sebagai penjualnya. Sangat menguntungkan bukan? Ditambah dengan fleksibilitas waktu yang didapat, tentu jual beli online bukan lagi menjadi komoditas bisnis semata, namun juga bernilai investasi.

Nah, itulah 5 jenis investasi yang bisa bikin kaya sebelum usia 30 tahun. Apakah Anda sudah memutuskan ingin menjalankan investasi apa? Pastinya apapun keputusan Anda, ketekunan dan keinginan untuk terus belajar adalah hal yang wajib dilakukan. Dengan tujuan yang baik pastinya setiap usaha yang dilakukan dapat menghasilkan return yang baik pula. Segala jenis investasi pasti bisa menjadi yang terbaik bagi Anda asal dijalankan dengan sungguh-sungguh dan konsisten.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *