Jejak Sukses 10 Pengusaha Properti Terbesar di Indonesia

Pengusaha Properti Terbesar di Indonesia – Setiap tahun majalah Forbes merilis daftar orang-orang terkaya di dunia, tak terkecuali Indonesia. Untuk daftar orang terkaya di Indonesia sendiri banyak didominasi oleh pengusaha properti, selain beberapa pemilik perusahaan rokok dan bisnis sektor lain tentunya.

Khusus pengusaha properti, konglomerat kakak beradik dari keluarga Hartono memiliki jumlah kekayaan yang belum tertandingi hingga saat ini. Sampai tahun 2017 lalu dua bersaudara ini memiliki total kekayaan mencapai U$D 32,3 miliar, disusul oleh sederet konglomerat lain dengan total kekayaan tak jauh beda.

Selain bisnis properti, lonjakan kekayaan mereka sebagian diantaranya efek dari peningkatan harga saham. Di sisi lain terungkapnya jumlah harta kekayaan para konglomerat ini tentu setelah adanya program tax amnesty (pengampunan pajak) yang dicanangkan pemerintah beberapa waktu lalu.

10 Pengusaha Terbesar di Indonesia di Sektor Properti

Berikut ini 10 pengusaha properti terbesar di Indonesia dengan jumlah harta terbesar versi Forbes.

  1. Alexander Tedja
Alexander Tedja
Alexander Tedja

Konglomerat yang satu ini sukses dengan bisnis perumahan dan pusat perbelanjaan. Satu perusahaan yang paling terkenal di Surabaya dan Jakarta yaitu Pakuwon Jati. Di kedua kota inilah Alexander Tedja mengembangkan kerajaan bisnisnya. Beberapa yang paling terkenal adalah Pakuwon Supermall, Plaza Blok M, Gandaria City, Kota Kasablanka, Pakuwon City dan Tunjungan Plaza1-6.

Selain perumahan mewah dan pusat perbelanjaan di Surabaya dan Jakarta, Pakuwon Jati kini juga melebarkan sayap dengan proyek perkantoran. Kekayaan Alexander Tedja kini tercatat lebih dari U$D 1,25 miliar.

  1. Ciputra Group
Ciputra Group
Ciputra Group

Keluarga Ciputra atau Ciputra Group juga merupakan perusahaan raksasa properti di Indonesia. Tercatat keluarga konglomerat ini memiliki proyek real-estate di lebih dari 30 kota di Tanah Air. Salah satu yang paling besar yaitu Perusahaan Mewah Darmo Satelit di Surabaya. Saat ini Ciputra Group memiliki total kekayaan mencapai U$D 1,45 miliar.

  1. Husodo Angkosubroto

Husodo Angkosubroto adalah salah satu  pengusaha properti terbesar di Indonesia sekaligus pemilik dari Gunung Sewu Group. Fairpoint Reality Indonesia merupakan tentakel bisnis yang selama ini mengendalikan bisnis propertinya.

Hampir semua jenis bisnis properti ditangani oleh Fairpont Reality mulai dari perkantoran, residensial, retail, dan hospitalitas. Beberapa proyek residensial yang paling terkenal diantaranya The Hundred, Verde, dan Verde Two.

Proyek perkantoran garapan Fairpoint Reality Indonesia lebih banyak difokuskan di Ibukota Jakarta. Beberapa yang terbesar diantaranya: Seques Center, Seques Tower, dan City Square. Hingga saat ini kekayaan Husodo Angkosubroto mencapai U$D 1,6 miliar.

  1. Peter Sondakh

Dengan catatan kekayaan sebesar U$D 1,9 miliar, wajar jika Peter Sondakh dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Peter Sondakh sendiri adalah pemilik tunggal perusahaan Rajawali Corpora yang didirikan pada tahun 1984.

Rajawali Corpora mulai merambah bisnis properti sejak tahun 1990 dengan membangun sejumlah hotel bintang lima. Puncaknya pada tahun 2009 perusahaan ini meluncurkan St. Regis Hotel dan beberapa resort di Pulau Bali.

Setelah sukses di Bali, Peter Sondakh kembali membangun St. Regis Hotel di kawasan Kuningan setelah sebelumnya resmi mengoperasikan Capital Place Jakarta dan Four Seasons Hotel di Jakarta. Satu lagi, Peter Sondakh juga terkenal sebagai bos St. Regis Langkawi.

  1. Murdoyo Poo
Murdoyo Poo
Murdoyo Poo

Murdoyo Poo adalah perintis sekaligus pimpinan Grup Central Cipta Murdaya (CCM). Selain bisnis properti seperti pelapis kayu dan perkebunan, Murdoyo dengan CCM-nya juga merupakan pemilik Jakarta International Expo, sebuah pusat konvensi paling besar di Jakarta.

Sebagian besar saham dari perusahaan PT Metropolitan Kentjana Tbk juga dikuasai oleh Murdoyo Poo. Perusahan properti ini menangani beberapa proyek seperti Kartika Residence, Intercontinental Hotel, Perumahaan Pondok Indah, dan Pondok Indah Mall 1-2. Murdaya Poo sendiri juga pemilik JIEXPO Kemayoran juga perkantoran World Trade Center 1-2.

Murdoyo Poo saat ini memiliki asset kekayaan tak kurang dari U$D 2,3 miliar.

  1. Keluarga Riady

Siapa tidak kenal dengan konglomerat yang satu ini? Ya, dialah Mochtar Riady pemilik dari Lippo Group. Lippo Group dikini dikendalikan oleh dua bersaudara anak Mochtar Riady yaitu James Riady dan Sthepen Riady. Gurita bisnis Lippo Group sendiri mencakup ritel, kesehatan, pendidikan, media, dan real estate.

Anda tahu Meikarta? Inilah bisnis properti terbesar yang saat ini digarap oleh keluarga Riady bersama Lippo Group-nya. Dibilang bisnis properti terbesar karena proyek pengembangan kota mandiri yang berlokasi di kawasan Cikarang ini iklannya hampir setiap hari menghiasi media massa.

Keluarga Riady tercatat memiliki kekayaan hingga U$D 3 miliar saat ini.

  1. Keluarga Tahir

Satu level di atas keluarga Riady, berikutnya keluarga Tahir juga tak mau kalah soal aset dan kekayaan. Keluarga tahir adalah pemilik dari Mayapada Group. Sederet proyek perumahan mewah mulai dari perkantoran hingga apartemen pernah ditangani oleh perusahaan ini.

Selain sektor properti keluarga Tahir juga memiliki bisnis yang tak kalah mentereng mulai dari rumah sakit hingga perbankan. Majalah Forbes mencatat pada tahun 2017 keluarga ini memiliki total kekayaan mencapai U$D 3,4 miliar.

  1. Chairul Tanjung
Chairil Tanjung
Chairil Tanjung

Di industri media, nama Chairul Tanjung pemilik bisnis CT Group ini adalah nama yang tidak asing lagi di masyarakat. Namun begitu konglomerat yang juga sempat menjabat Menteri Koordinator Perekonomian di era Presiden SBY ini juga terkenal dengan segudang bisnis properti dan ritel. Melalui Trans Retail-nya,Chairul Tanjung sukses meluncurkan Transmart dan Carrefour.

Pda bulan November 2017 CT Corp menandatangani kerjasama proyek besar dengan AccorHotels, sebuah perusahaan hotel dari Perancis untuk membuka 30 buah hotel di Indonesia. Tak hanya itu, CT Group juga membangun Trans Park Juanda serta Superblok Trans Park Cibubur.

Chairul Tanjung yang akrab dengan julukan ‘Si Anak Singkong’ ini memiliki total kekayaan tak kurang dari U$D 3,6 miliar.

  1. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja merupakan pendiri Sinar Mas Group dengan gurita bisnis yang sangat beragam. Bisnis yang dikendalikan oleh perusahaan ini mencakup jasa keuangan, perbankan, dan pulp & kertas. Sinar Mas Group juga terkenal di sektor properti dan perkebunan.

Eka Tjipta Widjaja
Eka Tjipta Widjaja

Melalui Sinarmas Land, tak kurang dari 6 kota mandiri dikembangkan oleh keluarga konglomerat ini. Sebut saja Wisata Bukit Mas, legenda WIsata, Bumi Serpong Damai (BSD) City, Kota Wisata, Grand Wisata, dan Kota Deltamas.

Selain kota mandiri Sinarmas juga sukses dengan proyek apartemen, ritel, pusat perbelanjaan, perhotelan, industri dan komersial. Konon kekayaan keluarga Eka Tjipta Widjaja mencapai U$D 9,1 miliar.

  1. Robert Budi dan Michael Hartono

Tak cukup dengan menguasai mayoritas saham Bank Central Asia (BCA), keluarga yang juga pemilik PT Djarum ini juga sukses dengan sederet bisnis properti yang prestisius. Beberapa diantaranya ada Grand Indonesia Shopping Town, Kempinski Residence, Hotel Indonesia Kempinski, dan Menara BCA. Tak lupa juga proyek kelas menengah kebawah seperti Padma Hotel Karawang, Karawang Resinda, dan Trade Center Mangga Dua.

Kini keluarga Hartono menyandang peringkat sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan lebih dari U$D 32 miliar.

Sukses di sektor properti bukan hanya soal modal dan keberuntungan namun  harus dibarengi dengan kerja keras. Ingin sukses seperti 10 pengusaha properti terbesar di Indonesia diatas? Jawabannya tetap sama, Kerja Keras.

 

 

 

 

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

rumah alexander tedja -rumah mewah alexander tedja -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *