Daftar Perusahaan Pengembang Properti Terbaik 2018

Daftar Perusahaan Pengembang Properti Terbaik – Ekspansi terus dilakukan oleh para pengembang properti tanah air, terutama oleh sejumlah konglomerat pemilik perusahaan properti ternama. Melalui berbagai terobosan baru, hal ini mereka lakukan untuk mendongkrak pertumbuhan kinerja finansial perusahaan masing-masing.

Dengan inovasi-inovasi baru membuat jenis usaha yang mereka kelola semakin bervariasi. Dampak yang signifikan cukup terasa ditandai dengan meningkatnya nilai aset mereka dari tahun ke tahun. Adapun perubahan nilai aset dapat diketahui publik berdasarkan laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan setiap kuartal dan tahun.

Dari sederet nama perusahaan dengan nilai aset yang bertambah, ada beberapa yang mengalami persentase kenaikan yang cukup menonjol. Bahkan beberapa pengembang acapkali menyandang predikat Raja Properti Tanah Air.

Nama-nama lawas seperti BSDE, Pakuwon, Sinar Mas Land, Lippo dan Ciputra tentu saja masih menjadi bagian dari nama-nama perusahaan pengembang tersukses. Secara lengkap, berikut daftar perusahaan pengembang properti terbaik mengacu dari nilai kapitalisasi pasar pengembang papan atas Indonesia yang sekaligus melakukan komparasi dari pencapaian sepanjang 2017-2018.

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

Salah satu perusahaan pengembang terbaik di Indonesia ini memiliki total aset tak kurang dari Rp 48,58 triliun. Angka ini tercatat hingga kuartal pertama tahun 2018. Nilai aset ini bertambah meskipun tidak begitu signifikan dari tahun lalu yang tercatat di Rp 45,95 triliun.

PT Bumi Serpong Damai Tbk merupakan pengembang real estate nomor wahid di Indonesia yang menangani sederet bisnis mulai dari lapangan golf, perumahan mewah, kawasan komersial dan industri, dan berbagai fasilitas umum lainnya.

PT Bumi Serpong Damai Tbk
PT Bumi Serpong Damai Tbk

Tak hanya itu, kini BSDE juga merambah bisnis Gedung Serba Guna. Hal ini dibuktikan melalui pembangunan Indonesian Convention and Exhibition (ICE). Sebuah gedung megah berskala internasional yang dibangun melalui kerjasama dengan Kompas Media Group.  Gedung ICE nantinya berfungsi sebagai tempat berbagai pertunjukan seper konser musik, pameran, juga sebagai tempat pertemuan.

Selain di Serpong, kini BSDE juga mulai melebarkan sayap bisnis properti dengan sejumlah proyek perumahan yang tersebar di Semarang, Batam, Balikpapan, Surabaya, dan beberapa kota lain.

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Daftar perusahaan pengembang properti terbaik berikutnya yaitu PT Lippo Karawaci Tbk. Perusahaan ini memiliki total aset senilai Rp 57,63 triliun yag tercatat hingga kuartal I 2018. Terjadi peningkatan nilai aset hampir mencapai Rp 1 triliun jika dibandingkan total nilai Rp 56,77 triliun pada tahun 2017 lalu.

Raksasa properti yang dikendalikan oleh konglomerat James Riady dan Stephen Riady ini melakukan diversifikasi bisnis yang terintegrasi yaitu kota mandiri, mall, pengelolaan kawasan industri, rumah sakit, hotel, hunian rumah dan apartemen. Adapun kota mandiri dibawah naungan PT Lippo Karawaci Tbk diantaranya Lippo Cikarang dan Lippo Karawaci. Dan yang baru saja diluncurkan adalah Meikarta, sebuah kota mandiri yang juga terletak di kawasan Cikarang di atas lahan seluas 500 hektar.

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)
PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Didalamnya telah dan akan dibangun sekitar 100 gedung dimana masing-masing gedung terdiri dari 35 lantai sampai 45 lantai. Selain sebagai hunian, gedung-gedung tersebut difungsikan sebagai area komersial, pusat perbelanjaan (mall), hotel bintang lima, dan perkantoran strata title.

PT Lippo Karawaci juga mencatatkan pendapatan berulang dari proyek baru di sektor rumah sakit. Dibawah panji-panji Siloam, sektor ini menyumbangkan pertumbuhan aset perusahaan sekitar Rp 1,4 triliun atau sebesar 13 persen.

PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN)

Jika dibandingkan tahun lalu, perusahaan properti yang identik dengan hunian mewah ini mengalami penurunan aset meskipun tidak begitu mencolok. Nilai aset perusahaan ini tercatat Rp 28,79 triliun pada tahun 2017, sementara menginjak kuartal pertama 2018 nilai aset menyusut menjadi Rp 28,50 triliun.

PT Agung Podomoro Land Tbk
PT Agung Podomoro Land Tbk

Mega proyek yang saat ini dengan dipasarkan Agung Podomoro Land yaitu Podomoro Park yang terletak di Bandung Selatan, di atas lahan seluas 100 hektar. Rencananya pada lahan proyek tersebut akan dibangun hunian berbagai tipe berjumlah 3000 unit.

PT Ciputra Development Tbk (CTRA)

Perusahaan pengembang yang dirintis oleh Begawan properti Ciputra ini memiliki total aset Rp 32,29 triliun pada kuartal pertama 2018. Angka ini sedikit menunjukkan kenaikan dibanding tahun 2017 dengan nilai total aset Rp 31,706 triliun. PT Ciputra Development Tbk sejauh ini terkenal sebagai perusahaan pengembang pusat perbelanjaan, restoran, perumahan, klub, sarana rekreasi, lapangan golf dan berbagai fasilitas publik lainnya. Ada sejumlah proyek andalan dari CTRA salah satunya Superblok Citra Plaza Nagoya yang terletak di Batam.

PT Ciputra Development Tbk
PT Ciputra Development Tbk

Dan yang paling menarik adalah penawaran hunian murah Citra Maja Raya di Kabupaten Lebak Banten. Perumahan murah ini berada di atas lahan seluas 2.600 hektar. Hunian murah yang diluncurkan sejak 2014 ini menawarkan harga rumah di bawah Rp 200 juta per-unit. Sedangkan untuk kelas medium, Ciputra Development tengah memasarkan perumahan CitraLand Cibubur bekerja sama dengan PT Panasia Griya Mekarasri. Perumahan ini menawarkan harga Rp 400 jutaan per-unit.

PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)

Catatan kenaikan nilai aset dibukukan PT Pakuwon Jati pada tahun ini. Tercatat perusahaan pengembang ini memiliki nilai aset Rp 23,87 triliun pada kuartal pertama 2018, atau naik lebih dari setengah triliun rupiah jika dibanding tahun 2017 yang tercatat di angka Rp 23,35 triliun.

PT Pakuwon Jati Tbk
PT Pakuwon Jati Tbk

Meskipun bisnisnya menggurita mencapai hampir seluruh kota di Indonesia, namun proyek properti lebih banyak difokuskan di Jakarta dan Surabaya. Di Jakarta sendiri berdiri megah sejumlah aset seperti Kota Kasablanka, Gandari City, dan Plaza Blok M. sedangkan di Surabaya terdapat Pakuwon Mall dan Tunjungan Plaza 1-6. Menurut rencana perusahaan ini juga akan membangun proyek raksasa di Bekasi barat berupa apartemen dilengkapi mall dan hotel.

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA)

Salah satu perusahaan pengembang properti terbesar ini sempat mengecap sukses dengan proyek perdananya di kawasan Kelapa Gading. Namun tahun 2018 PT Summarecon Agung Tbk mengalami penurunan nilai kapitalisasi yang cukup drastis. Pada tahun 2017 lalu perusahaan ini memiliki total aset sebesar Rp 19,54 triliun, namun memasuki kuartal pertama 2018 kapitalisasi pasar SMRA terjun bebas dengan total aset Rp 16,15 triliun.

PT Summarecon Agung Tbk
PT Summarecon Agung Tbk

Sebenarnya selain di Jakarta, perusahaan ini cukup getol dengan poyek-proyek besar di sejumlah kota seperti Bandung, Karawang, dan Bekasi. Namun di tengah kondisi perlambatan laju ekonomi saat ini, PT Summarecon mayoritas hanya meluncurkan properti dengan harga jual di bawah Rp 1,5 miliar saja.

PT Sinar Mas Group Tbk

PT Sinar Mas Group Tbk
PT Sinar Mas Group Tbk

Dari daftar perusahaan pengembang properti terbaik kuartal pertama 2018, PT Sinar Mas Group Tbk mencatatkan kenaikan kapitalisasi tak tertandingi. Perusahaan milik taipan Eka Tjipta Widjaja ini memiliki total aset lebih dari Rp 82 triliun. Melalui Sinar Mas Land, raksasa properti ini sukses mengakuisisi sebuah properti di kawasan London, Inggris. Tak tanggung-tanggung, properti bernama Horseferry Limited tersebut konon memiliki nilai Rp 3,6 triliun. Sebuah pencapaian fantastis yang jarang di raih oleh pengembang-pengembang properti di Indonesia.

 

 

 

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

daftar perusahaan pengembang properti -perusahaan properti terbaik 2018 -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *