Inilah Daftar Keuntungan Investasi ORI 015 dari Pemerintah

Investasi ORI 015 dari pemerintah akhir-akhir ini menjadi perbincangan khalayak ramai setelah diluncurkan pada 3 Oktober lalu. Pasalnya, ORI 015 atau biasa disebut Obligasi Negara Ritel 015 ini menawarkan tingkat kupon yang cukup tinggi, yaitu sebesar 8,25%. Jumlah ini lebih tinggi daripada kupon ORI 014 yang diterbitkan tahun lalu dengan penawaran kupon hanya sebesar 5,85% saja. ORI 015 sendiri dikhususkan untuk pembiayaan dana pendidikan negara. Jadi secara tidak langsung, jika anda berencana investasi pada ORI 015, sama artinya anda juga membantu membangun negara. Pemesanan ORI 015 mulai dibuka pada tanggal 4 hingga 25 Oktober nanti. Bagi anda yang ingin mendapatkan ORI015, anda hanya perlu menyiapkan dana minimal Rp. 1 juta dan maksimal Rp. 3 miliar. Sedangkan kupon akan dibayarkan mulai 15 November mendatang hingga jatuh tempo pada 15 Oktober 2021. Untuk membuat anda mantap untuk mengambil investasi ORI 015 dari pemerintah ini, berikut adalah keuntungan-keuntungan lainnya.

Tingkat Kupon sebesar 8.25%

Investasi ORI 015
Investasi ORI 015

Keuntungan pertama yang bisa anda peroleh dari investasi ORI 015 dari pemerintah saat ini tentu saja adalah tingginya tingkat kupon atau bunga yang mencapai 8.25%. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan kupon ORI 014 yang hanya sebesar 5.85% saja pada tahun 2016 lalu. Bahkan kupon ORI 014 bisa dibilang sebagai kupon dengan tingkat paling rendah semenjak peluncuran ORI pertama kali pada tahun 2016 lalu. Selain itu, besaran kupon ORI 015 juga masih jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bunga deposito yang umumnya berkisar antara 5 hingga 6.5 % saja.

Bagi anda yang kurang akrab dengan istilah kupon dalam dunia obligasi, maka penjelasan berikut mungkin akan memberikan gambaran bagi anda. Jadi istilah kupon mengacu pada sesuatu yang mewakili nilai pengembalian yang disepakati antara penerbit obligasi dan pemegang obligasi. Jika obligasi sudah jatuh tempo, maka penerbit obligasi akan mengembalikan nilai tukar kupon sesuai dengan tingkat suku bunga atau imbal hasil dari obligasi tersebut kepada para pemegangnya. Nah, dalam ORI 015, anda akan mendapatkan bunga pengembalian hasil obligasi hingga 8.5%. Jelas keuntungan yang tidak bisa di lewatkan begitu saja.

Peluang Penjualan di Pasar Sekunder

Keuntungan selanjutnya adalah anda bisa menjual ORI 015 di pasar sekunder. Maksudnya, anda bisa memecah jumlah investasi ORI 015 dari pemerintah yang anda miliki untuk selanjutnya anda jual kepada investor-investor lain. Anda bisa mulai melakukan penjualan saat ORI 015 mencapai Holding Periode atau masa kepemilikan minimal obligasi. Holding Periode yang disyaratkan dalam ORI 015 adalah sekitar dua kali pembayaran kupon yang mana pembayaran kupon terhitung sejak 15 November mendatang. Jadi anda bisa mulai mengedarkan obligasi anda di pasar sekunder sekitar satu setengah bulan setelah pembelian.

Investasi ORI 015 ke Millenial
Investasi ORI 015 ke Millenial

Mengapa menjual di pasar sekunder bisa sangat menguntungkan? Tentu saja, selain mendapat laba dari kupon yang anda miliki, anda juga mendapat peluang keuntungan dari penjualan hak kupon anda kepada para investor lainnya. Apalagi bunga ORI 015 bersifat Fixed Rate yang artinya tidak akan terpengaruh oleh fluktuasi ataupun penurunan BI Rate.

Modal Investasi Sangat Terjangkau

Hadir sebagai model investasi yang diperuntukkan bagi masyarakat milenial, investasi ORI 015 dari pemerintah ini menawarkan nilai investasi yang sangat kecil. Anda bisa mulai membeli ORI 015 hanya dengan harga Rp. 1 juta saja. jumlah tersebut berlaku kelipatan hingga maksimal Rp. 3 miliar. Bayangkan betapa kecil investasi yang dibutuhkan. Jumlah tersebut diakui pemerintah sebagai langkah menjaring basis investor dalam negeri dengan menyediakan alternatif investasi yang terjangkau di tengah pasar investasi yang terus tertekan. Selain itu, jenis ORI 015 sangat cocok bagi anda yang masih pemula dalam dunia investasi keuangan.

Kupon Dibayar Setiap Bulan

Investasi ORI 015 dari pemerintah ini menetapkan pembayaran kupon setiap bulan pada tanggal 15 dimulai pada bulan November mendatang. Keuntungan dari pembayaran bulanan adalah anda bisa dengan segera mendapatkan bunga kupon yang sudah disepakati, dengan begitu, anda bisa merencanakan keuangan anda selanjutnya. Apakah ingin anda masukkan lagi sebagai modal investasi lainnya, atau bisa juga anda gunakan untuk mencukupi kebutuhan anda. Modal yang anda tanamkan di ORI 015 tidak berhenti begitu saja dengan sistem pembayaran seperti ini. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai pembayaran kupon di bank-bank yang menjadi mitra distribusi ORI 015. Berikut adalah daftar bank mitra distribusi ORI 015: BCA, CIMB Niaga, Commonwealth, Danamon Indonesia, DBS Indonesia, HSBC Indonesia, Mandiri, Maybank Indonesia, BNI, OCBP NISP, Panin, Permata, BRI, BTN, Standard Chartered Bank, Bahana Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas Indonesia.

Pajak Lebih Rendah dari Deposito

Pajak Lebih Rendah dari Deposito

Setiap transaksi keuangan nyatanya selalu dibuntuti oleh pajak yang harus dikeluarkan. Namun anda tidak perlu khawatir lagi saat ingin investasi ORI 015 dari pemerintah ini. ORI 015 hanya membebankan pajak bunga sebesar 15 persen saja. Jumlah tersebut lebih rendah daripada jumlah pajak bunga yang diterapkan deposito. Rata-rata pajak bunga deposito berkisar antara 17 hingga 20 persen. Sebuah keuntungan yang sangat sulit untuk ditolak.

Meningkatkan Kualitas Pendidikan Negara

Seperti paparan pada awal artikel, tujuan pengadaan investasi ORI selalu berkaitan dengan penghimpunan dana bagi untuk membiayai kegiatan-kegiatan pemerintah untuk negara. Nah, investasi ORI 015 dari pemerintah ini adalah sebagai fokus pembiayaan pada pengembangan sektor pendidikan di Indonesia di samping tujuannya untuk mengembangkan APBN 2018. Jadi secara tidak langsung, niat anda berinvestasi pada ORI ini bisa bermanfaat bagi keberlangsungan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Seperti mendapatkan dua keuntungan dalam satu kali investasi bukan?

Investasi Paling Aman

Keuntungan yang terakhir yang bisa anda dapat dari investasi ORI 015 dari pemerintah ini adalah jaminan investasi yang aman. Anda tidak perlu khawatir modal anda amblas tak tersisa karena ORI 015 dijamin sepenuhnya oleh pemerintah langsung dengan dana APBN. Jadi sekali lagi, ORI 015 bisa menjadi pilihan utama bagi anda pemain baru dalam dunia investasi.

Mungkin setelah membaca keuntungan-keuntungan yang bisa anda dapatkan dari ORI 015 di atas anda berniat untuk membelinya. Sebagai informasi tambahan, di bawah ini adalah prosedur investasi atau pembelian produk ORI 015 yang bisa anda jadikan acuan.

Prosedur Pembelian ORI 015

melengkapi formulir 015
melengkapi formulir 015

Pada pasar perdana, anda harus memiliki rekening pada salah satu mitra bank atau perusahaan efek yang menjual ORI 015 tersebut. Selanjutnya, anda diharuskan mengisi formulir penjualan yang sudah disediakan oleh agen penjual yang resmi ditunjuk oleh pemerintah. Jangan lupa untuk melampirkan fotokopi KTP anda. Kemudian, anda bisa mulai menyetorkan dana tunai ke rekening khusus agen penjual tersebut dan menyampaikan bukti penyetoran dana ke agen penjual. Tahap selanjutnya, anda akan mendapat jatah obligasi dari agen penjual sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikianlah keuntungan-keuntungan investasi ORI 015 dari pemerintah yang bisa anda dapatkan. Semoga bermanfaat.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

harga ori 015 -ori 015 bca sistem -ori 015 -obligasi ori 15 -komentar2 pemesan ori015 pemerintah -komentar2 para pembeli ori015 pemerintah -komentar2 para pembeli 0ri 015 pemerintah -investasi ori015 -investasi ori -bukti pembelian ori015 -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *