Contoh Investasi Properti di Bali Beserta Keuntungan dan Risikonya

Bagi setiap pebisnis, menjalankan kegiatan investasi properti di Bali memang menjadi hal yang sangat menarik. Pasalnya pulau Bali menjadi destinasi wisata yang telah mendunia sehingga kegiatan bisnis properti yang ada di Bali terbilang sangat menjanjikan. Ternyata masih banyak yang beranggapan bahwa sumber investasi bidang properti yang paling baik di Bali adalah sekitar Kuta. Namun saat ini, perkembangan destinasi wisata yang mulai menyeluruh di kawasan Bali Utara dan Barat dinilai memiliki prospek yang lebih baik untuk ke depannya.

Keuntungan Menjalankan Kegiatan Investasi Bidang Properti di Bali

Mengulas tentang investasi properti di Bali, tentu harus membahas tentang keuntungan yang dapat diperoleh dari kegiatan investasi ini. Dengan mengetahui apa saja keuntungannya, maka calon investor dapat mempertimbangkan secara matang bagaimana prospek investasi bidang properti di Bali untuk jangka panjang. Adapun keuntungannya adalah sebagai berikut.

1. Iklim Bisnis Properti di Bali yang Terus Mengalami Peningkatan

Dalam dunia investasi, salah satu hal yang dipertimbangkan adalah iklan bisnis. Hal ini karena dengan iklan bisnis yang semakin menguat, maka dapat dipastikan bahwa keuntungan yang diperoleh dari kegiatan investasi properti menjadi berlipat ganda. Adapun beberapa hal yang mempengaruhi iklim bisnis properti di antaranya adalah stabilitas harga, banyaknya konsumen, hingga kondisi tertentu yang dapat menarik keuntungan lebih dari kegiatan bisnis atau investasi itu sendiri.

Investasi Properti Bali
Investasi Properti Bali

Mengenai iklim bisnis properti di Bali, setidaknya harga properti di pulau ini semakin lama semakin menguat. Menurut data, dalam 3 tahun terakhir, harga properti di Bali menguat hingga 25% setiap tahunnya. Menurut prediksi, angka tersebut akan terus naik hingga 2 kali lipat dalam jangka waktu 3 – 5 tahun mendatang.

2. Bali yang Selalu Ramai Wisatawan

Keuntungan yang kedua adalah jumlah wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang datang ke Bali setiap tahun selalu bertambah. Misalnya saja pada Januari – Juli 2017 lalu, total wisatawan yang datang ke Bali adalah sebanyak 3.379.289 orang. Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah wisatawan tersebut mengalami kenaikan sebesar 24,46%. Adapun jumlah wisatawan pada Januari – Juli tahun 2016 adalah sebanyak 2.715.165 orang.

wisatawan Bali
wisatawan Bali

Dengan berpatokan pada data tersebut, bukan hal yang aneh apabila para pebisnis mulai memandang Bali sebagai lahan bisnis investasi properti paling bagus. Hal ini karena dalam dunia investasi properti, banyaknya wisatawan pada sebuah daerah akan semakin memperbesar peluang seorang investor dalam meraup keuntungan.

3. Daya Tarik Bali sebagai Destinasi Wisata

Seperti yang kita tahu, salah satu alasan mengapa sebuah tempat dikunjungi oleh banyak orang adalah karena daya tarik yang dimiliki oleh tempat tersebut. Hal ini juga berlaku pada Bali yang selalu ramai pengunjung. Di Bali sendiri, terdapat banyak destinasi wisata serta pesona alam yang memiliki keindahan tiada tara. Daya tarik inilah yang harus benar-benar dapat dimanfaatkan oleh investor bidang properti.

ragam budaya bali
ragam budaya bali

Dengan adanya daya tarik yang memukau, maka investasi properti di Bali dijamin mampu memberikan prospek yang sangat baik. Alasannya, ketika seseorang ingin tinggal di sebuah kawasan tertentu, hal yang menjadi pertimbangannya adalah mengenai lokasi yang strategis dan nyaman untuk ditinggali ataupun dijadikan sebagai tempat kerja. Semua aspek tersebut tentu saja dimiliki oleh Bali yang memang penuh dengan daya tarik bagi siapa saja. Selain terkenal dengan pesona alamnya, Bali juga memiliki adat, budaya, dan kesenian yang masih kental.

Meneropong Jenis Investasi Properti yang Cocok Dijalankan di Bali

Setelah mengetahui sedikit tentang keuntungan menjalankan program investasi di Bali, kini saatnya Anda mengetahui tentang jenis investasi properti seperti apa saja yang dapat dijalankan di pulau yang menjadi primadona Indonesia ini. Hal ini penting diketahui karena dengan begitu, maka calon investor dapat memperoleh pandangan yang lebih jauh mengenai investasi properti seperti apa yang dapat menghasilkan banyak keuntungan.

Adapun contoh investasi properti yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Investasi Rumah/Apartemen di Denpasar

Contoh pertama yang dapat Anda pertimbangkan dalam kegiatan investasi properti di pulau Bali adalah dengan berinvestasi dalam bentuk apartemen atau rumah di kota Denpasar. Seperti yang kita tahu, Denpasar merupakan ibukota Provinsi Bali yang memiliki potensi sangat besar di bidang investasi.

Investasi Rumah Apartemen di Denpasar
Investasi Rumah Apartemen di Denpasar

Meskipun kondisi investasi properti di Denpasar pernah surut akibat terjadinya pengeboman beberapa tahun lalu, namun saat ini pemerintah telah berhasil mengembalikan kondisi ekonomi di Denpasar. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya investor yang mencari rumah atau bangunan hingga apartemen yang dapat dijadikan sebagai lahan investasi.

Apabila Anda memperhatikan tentang statistik pengunjung di Bali, maka investasi properti berupa rumah atau apartemen tak akan pernah sepi. Bahkan kegiatan investasi yang satu ini didominasi oleh mereka yang berasal dari luar kota karena tergiur dengan prospek investasi yang sangat menguntungkan di Bali. Jadi Anda juga harus mempertimbangkan salah satu contoh investasi bidang properti di Bali yang dapat dilakukan ini.

2. Investasi Tanah di Daerah Bali Utara dan Barat

Investasi Tanah di Daerah Bali Utara
Investasi Tanah di Daerah Bali Utara

Selain Denpasar, sebenarnya Bali masih memiliki banyak potensi yang benar-benar layak dikembangkan. Bahkan menurut prediksi, apabila setiap tempat di Bali dikembangkan potensinya, maka jumlah pengunjung akan mengalami peningkatan yang sangat drastis. Adapun salah satu contoh wilayah Bali yang memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata adalah daerah Bali Utara dan Bali Barat.

Setidaknya terdapat 2 alasan mengapa Bali Utara dan Barat dikatakan cukup memiliki iklim investasi yang baik. Pertama, dua wilayah tersebut saat ini mulai dibuka secara resmi oleh pemerintah setempat bagi investor atau pengembang bisnis pariwisata. Kedua, pemerintah daerah setempat telah mengeluarkan memperluas perijinan pembangunan hotel di Bali Utara dan Barat. Dengan begitu, maka destinasi wisata seperti Singaraja dan Jembrana dapat menjadi pilihan tepat untuk investor yang ingin mengembangkan bisnis di bidang perhotelan.

Melihat dari prospek tersebut, maka tak ada salahnya bagi calon investor untuk membeli tanah yang strategis di wilayah Bali Utara dan Barat. Apabila nantinya tanah tersebut akan dibeli oleh pengembang hotel, maka harganya dapat menjadi berlipat ganda.

Risiko Menjalankan Investasi Properti di Pulau Bali

Anda telah mengetahui keuntungan serta contoh investasi properti yang dapat dilakukan di pulau Bali. Pada ulasan kali ini, Anda akan disajikan mengenai risiko atau kemungkinan terburuk yang harus dihadapi saat menjalankan program investasi properti di pulau Bali.

Risiko Menjalankan Investasi Properti
Risiko Menjalankan Investasi Properti

Dalam menjalankan bisnis investasi properti di pulau Bali, risiko yang mungkin dihadapi adalah seorang investor dapat kehilangan modal yang sangat besar apabila bekerja sama dengan orang yang tidak tepat. Seperti yang kita tahu, dalam menjalankan investasi properti, dibutuhkan banyak relasi dari orang-orang terpercaya demi membantu lancarnya kegiatan investasi tersebut. Bayangkan apabila modal yang begitu besar untuk investasi properti ternyata dibawa kabur? Pasti semua rencana dalam menjalankan bisnis ini akan hancur berantakan.

Tak hanya itu saja, modal perawatan yang dibutuhkan untuk investasi properti juga terbilang cukup besar. Ditambah terdapat pengeluaran berupa pajak yang nilainya juga cukup tinggi. Jadi bagi setiap calon investor yang berniat menginvestasikan dana untuk investasi properti di Bali, sebaiknya pelajari setiap hal yang berhubungan dengan kegiatan investasi tersebut demi mengurangi risiko kerugian investasi atau kehilangan di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *