Ciri-ciri Investasi Bodong Menurut OJK

Ciri-ciri investasi bodong menurut OJK – Investasi adalah suatu produk ekonomi yang bisa dijalankan oleh siapapun dengan tujuan untuk mendapat keuntungan di kemudian hari. Pada dasarnya dunia investasi di Indonesia telah memiliki payung hukum tersendiri sehingga dapat dibedakan mana investasi yang legal dan ilegal.

Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang kurang memahami peraturan yang ada sehingga terjebak oleh investasi bodong. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan tentang ciri-ciri investasi bodong menurut OJK. Berikut ulasannya.

Inilah Ciri Investasi Bodong Menurut OJK

Badan OJK
Badan OJK
  1. Keuntungan Berlimpah dalam Waktu Relatif Singkat

Sebelum berinvestasi, maka Anda harus memahami dulu tentang investasi dan konsepnya. Dalam hal ini, Anda akan mengetaui bahwa investasi merupakan suatu proses yang membutuhkan waktu panjang hingga akhirnya Anda bisa mendapat keuntungan berlimpah.

Dan menurut OJK, jangan mudah percaya dengan investasi yang menjanjikan keuntungan berlimpah hanya dalam waktu singkat. Apalagi jika angka laba yang ditawarkan sangat besar, maka Anda perlu menaruh curiga.

Keuntungan investasi memang bisa berlimpah, hanya saja itu semua sesuai dengan durasi waktu yang panjang. Selain itu, perusahaan terkait juga harus memiliki kredibilitas yang tinggi sehingga semakin tinggi value investasinya.

  1. Merekrut Anggota Baru

Ketahuilah bahwa investasi bukan ajang MLM yang mengharuskan setiap anggotanya untuk mencari member baru. Keuntungan yang didapat dari investasi sejatinya murni dari pembagian hasil yang dilakukan sesuai kesepakatan.

Anda pun dihimbau untuk curiga dengan penyedia investasi yang menawarkan uang bagi member yang bisa mendapat member baru. Karena bisa jadi itu adalah investasi bodong yang hanya mencari keuntungan dari para member barunya.

  1. Tidak Memiliki Izin dan Belum Terdaftar di OJK

Ciri-ciri investasi bodong menurut OJK yang terakhir adalah tidak terdaftarnya pihak investasi tersebut di OJK. Anda bisa mengetahui apakah perusahaan investasi terdaftar di OJK melalui website resmi OJK. Selain itu, Anda juga sebaiknya bertanya secara detail kepada pihak investasi tersebut tentang segala rules dan ketentuan yang ada.

Dengan demikian, Anda juga bisa mengetahui apakah investasi tersebut sudah memiliki izin legal resmi untuk berdiri dan sudah diakui oleh OJK. Jadi pada dasarnya Anda tidak perlu memiliki kekhawatiran berlebih karena OJK sendiri sudah merilis beberapa ciri investasi bodong yang harus Anda hindari.

Daftar Perusahaan Investasi Bodong Terbaru

Perusahaan Investasi Bodong
Perusahaan Investasi Bodong

Investasi bodong memang meresahkan masyarakat. Niat awal hati untuk mendapat keuntungan berlimpah justru harus rela ditipu oleh mereka yang tak bertanggungjawab. Untuk itu dibawah ini akan dirilis beberapa investasi bodong yang telah dihentikan oleh OJK. Berikut ulasan lengkapnya.

  1. PT Nusa Media Creative yang telah dihentikan oleh satgas karena menjual bisnis secara MLM dan telah merugikan masyarakat.
  2. Pt Bisnis Cerdas Indonesia yang berlokasi di Barito Selatan, Kalimantan Tengah juga telah dihentikan karena terbukti menjalankan praktik MLM.
  3. PT Flavia Sejahtera Indonesia. Perusahaan ini resmi dihentikan oleh OJK karena menerapkan sistem MLM untuk beberapa produk yang dijualnya.
  4. CV Trans Anuegerah Mandiri yang berlokasi di Manado ini juga terbukti MLM dan dihentikan oleh OJK
  5. Ada juga kegiatan usaha dari rcsbo.com atau yang dikenal dengan Rahasia Cara Sukses Bisnis Online. Praktik usaha ini telah dihentikan oleh OJK karena terbukti ilegal.
  6. PT Admis Investment Indonesia juga telah dihentikan oleh OJK karena terbukti tidak memiliki izin resmi.
  7. PT BPR Darwan Yogyakarta telah berstatus ilegal dan dihentikan oleh OJK karena memberi fasilitas KPR tanpa izin.
  8. Koperasi Indonesia Bersatu. Walaupun namanya sangat nasionalis, tetapi koperasi ini dihentikan izin usahanya oleh OJK karena terbukti ilegal dan menganut sistem MLM tanpa izin.
  9. PT Internasional Limau Kasturi juga telah dihentikan izin operasionalya oleh OJK karena terbukti menjalankan praktik MLM.
  10. PT Graha Sahabat Indomedia yang berlokasi di Semarang dan juga telah dihentikan secara resmi oleh OJK karena menjual produk MLM.

Tips Memilih Investasi agar Aman dan Tidak Tertipu

epa06402503 A staff member shows a mobile phone app displaying the price of Bitcoin in front of a Bitcoin machine at the Ducatus cafe, which claims to be Singapore’s first cashless cafe that accepts cryptocurrencies such as Bitcoin, in the Central Business District of Singapore, 22 December 2017. Ducatus cafe opens officially on 21 December 2017, as the city state’s first cashless cafe that accepts cryptocurrencies such as Bitcoin, its own virtual currency called Ducatus and other cashless payments. EPA-EFE/HOW HWEE YOUNG
  1. Ketahui Izinnya

Sebelum memutuskan untuk menyetorkan dana investasi, Anda tidak boleh ragu untuk mencari informasi sedetail mungkin agar mengetahui kredibilitas dan izin dari perusahaan investasi terkait.

  1. Jangan Tergiur Keuntungan yang Besar

Jika ada perusahaan investasi yang menawarkan keuntungan berlimpah, maka Anda tidak boleh terbuai begitu saja. Tetap harus mengutamakan sisi kritis dalam diri untuk mempertanyakan prosedur dan sistem bagi hasil yang ada agar tidak tertipu oleh investasi bodong.

  1. Investasi Emas

Jika Anda pemula dan ingin belajar investasi, maka investasi menggunakan emas murni adalah pilihan tepat karena sangat minim risiko kegagalan maupun risiko tertipu oleh pihak tak bertanggungjawab.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri investasi bodong menurut OJK. Selalu waspada untuk berinvestasi dan jangan pernah lelah untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya agar Anda terhindar dari kerugian di masa mendatang.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

ciri ciri investasi resmi -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *