Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Modal Usaha

Cara menggunakan kartu kredit untuk modal usaha – Seperti yang kita tahu, kartu kredit merupakan jenis kartu yang memberikan banyak sekali kemudahan, terutama dalam hal transaksi dan berbelanja. Namun hal yang tak banyak diketahui orang adalah ternyata kartu kredit juga menjadi sarana paling penting dalam mencari modal untuk usaha. Untuk orang-orang yang memiliki pemikiran kreatif serta berani mengambil risiko, kartu kredit dapat berperan layaknya investor untuk memberikan suntikan dana pada modal usaha yang akan Anda jalankan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan coba diulas tentang bagaimana langkah atau cara yang dapat Anda gunakan untuk menjadikan kartu kredit sebagai modal usaha.

Kartu Kredit sebagai Modal Usaha

Berbicara tentang cara yang tepat dalam memanfaatkan kartu kredit demi mendapatkan modal usaha, hal penting yang harus Anda ketahui adalah memahami keuntungan serta risiko menggunakan kartu kredit untuk modal usaha. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda dapat mempertimbangkan secara matang dan mengambil langkah tepat supaya tidak mengalami kesulitan saat menggunakan jenis kartu yang satu ini.

kartu kredit modal usaha
kartu kredit modal usaha

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit pasti berpikir, bagaimana caranya memanfaatkan kartu kredit untuk dijadikan modal usaha? Pertimbangannya adalah bahwa kartu kredit sendiri memiliki limit. Itu adalah pertanyaan yang lumrah karena sepert yang kita tahu, apabila ternyata pengeluaran yang terjadi pada kartu kredit tersebut melebihi limit atau yang disebut dengan overlimit, maka pengguna kartu kredit pun harus rela membayar denda atau charge.

Contohnya seperti ini. Kartu kredit yang Anda miliki mempunyai batas limit sebesar 3 juta perbulan. Maka ketika pengeluaran Anda melebihi jumlah tersebut, akan dikenakan denda berupa pajak. Hal ini sudah diatur dalam perjanjian pembuatan kartu kredit yang Anda lakukan pertama kali. Lantas bagaimana cara menggunakan kartu kredit untuk modal usaha? Padahal biaya yang dibutuhkan untuk modal usaha tidaklah kecil, yakni sekitar 10 juta hingga 50 juta. Bagaimana menyikapi hal tersebut? Untuk itu, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Cara-Cara Memanfaatkan Kartu Kredit untuk Modal Usaha

Adapun dua cara menggunakan kartu kredit untuk modal usaha adalah dengan pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan teknik gestun kartu kredit. Untuk penjelasannya, Anda dapat membaca ulasan di bawah ini hingga akhir.

Pengajuan Kredit Tanpa Agunan dengan Kartu Kredit

 pengajuan KTA
pengajuan KTA

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kartu kredit memiliki batas limit masing-masing tergantung dari saat pengajuan pembuatan kartu kredit. Ada kartu kredit yang memiliki limit 3 juta rupiah, 15 juta rupiah, bahkan ada juga yang unlimited. Besaran limit tersebut akan sangat mempengaruhi rencana Anda dalam usaha. Selain itu, kartu penarikan tunai dari kartu kredit melalui mesin ATM sendiri dibatasi dengan besaran sekitar 40% dari limit yang berlaku pada kartu kredit tersebut.

Untuk itu, Anda dapat melakukan pengajuan KTA pada kartu kredit Anda melalui bank penerbit kartu kredit tersebut. Hal yang perlu Anda ketahui tentang KTA adalah sebagai berikut:

  • Jika limit kartu kredit Anda terbilang kecil, secara otomatis dana yang dapat diambil pun akan kurang. Dengan pengajuan KTA, maka Anda dapat mengambil uang dalam jumlah yang banyak sesuai dengan kebutuhan modal usaha Anda. Seperti yang kita tahu, salah satu syarat utama pengajuan KTA adalah pemohon harus memiliki kartu kredit. Kartu kredit yang menjadi syarat pengajuan KTA juga harus dalam keadaan masih aktif atau belum memasuki batas expired. Inilah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan kartu kredit sebagai suntikan modal usaha Anda.
  • Apabila pengajuan KTA Anda sudah diterima, maka Anda dapat memperoleh tambahan dana untuk modal. Hanya saja biasanya dana yang diperoleh dari KTA jumlahnya relatif kecil yakni sekitar puluhan juta saja. Apabila modal yang dibutuhkan kecil, tentu nominal tersebut dapat dipenuhi. Sebaliknya, untuk modal usaha dengan nominal besar, maka dapat dipastikan tidak dapat memenuhi kebutuhan modal Anda.

Sebagai informasi, jumlah dana yang dapat diberikan dari pengajuan KTA lebih kecil apabila dibandingkan dengan nominal dari kredit multiguna. Perbedaannya, untuk kredit multiguna, pemohon harus memberikan jaminan mulai dari BPKB hingga sertifikat rumah ataupun tanah.

Untuk pengajuan KTA sendiri, besaran yang dapat diperoleh adalah sesuai dengan limit kartu kredit Anda. Semakin besar limitnya, maka dana yang dapat diperoleh untuk modal pun akan semakin besar. Dengan kata lain, cara menggunakan kartu kredit untuk modal usaha yang satu ini cocok bagi Anda memiliki kartu kredit dengan limit puluhan juta dan juga kartu kredit unlimited.

Mendapatkan Modal dari Kartu Kredit dengan Teknik GESTUN

Cara yang kedua yakni menggunakan teknik GESTUN atau Gesek Tunak Kartu Kredit. GESTUN sendiri merupakan transaksi fiktif yang dilakukan dengan mendatangi tempat-tempat penyedia jasa GESTUN dalam melakukan pembelian secara fiktif pula. Pada jenis transaksi ini, teknik GESTUN dilakukan menggunakan sebuah mesin EDC (Electronic Data Capture) sehingga barang aslinya tak benar-benar dibeli namun terdapat informasi pembelian di struk.

 Kartu Kredit dengan Teknik GESTUN
Kartu Kredit dengan Teknik GESTUN

Adapun nominal yang dapat diterima adalah jumlah uang yang sesuai dengan pembelian fiktif Anda tersebut dengan teknik GESTUN. Dengan kata lain, Anda dapat memperoleh uang tunai atau cash. Tentu saja terdapat biaya atau fee untuk jasa yang satu ini. Pada umumnya, besaran fee untuk GESTUN adalah sebesar 2 – 3% dari nominal pembelian fiktif tersebut.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh teknik GESTUN adalah Anda dapat menggesek kartu kredit hingga full limit atau 100%. Jadi contohnya adalah seperti ini. Limit kartu kredit yang Anda miliki adalah sebesar 30 juta rupiah. Kemudian Anda dapat menarik uang tersebut secara GESTUN sebesar 30 juta rupiah dan dipotong fee jasa sebesar 3%. Maka uang tunai yang dapat Anda peroleh adalah sebesar Rp 29.100.000. Hal ini tentu sangat berbeda ketika Anda menarik uang tunai langsung dari mesin ATM.

Dalam kasus seperti ini, pihak bank akan menganggap bahwa nasabah atau pemilik kartu kredit melakukan pembelanjaan retail seperti biasanya. Untuk teknik yang satu ini, paling tepat dilakukan bagi Anda yang memiliki limit kartu kredit tinggi serta memiliki jumlah kartu kredit lebih dari 2 buah. Dengan begitu, maka peluang Anda untuk mendapatkan uang modal akan semakin besar.

Pada dasarnya, teknik GESTUN sendiri memanfaatkan adanya kelemahan berupa celah jatuh tempo pembayaran yang kartu kredit yang dapat disiasati selama 45 hari dan bebas bunga. Seperti yang kita tahu, pada normalnya, waktu jatuh tempo kartu kredit adalah sekitar 2 minggu atau 15 hari. Jadi ketika sudah melewati jatuh tempo tersebut, maka pengguna akan dikenakan bunga. Namun dengan GESTUN, maka Anda tak perlu lagi takut akan terkena bunga meskipun telah jatuh tempo. Untuk pelunasannya sendiri, Anda juga dapat menggunakan teknik GESTUN.

Setidaknya itulah 2 dari menggunakan kartu kredit untuk modal usaha yang dapat Anda aplikasikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *