Tips dan Cara Menggunakan Kartu Kredit agar Hemat

Cara menggunakan kartu kredit agar hemat – Ingin membeli barang tapi belum punya uang? Tenang saja, tinggal pakai kartu kredit maka masalah terselesaikan. Tapi, apakah benar masalah terselesaikan begitu saja? Atau justru akan membebani kita nantinya? Ya, itulah yang sering dirasakan oleh mayoritas pengguna kartu kredit. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh bank sebagai pihak penyedia layanan kartu kredit, kita terkadang menggunakannya terlalu berlebihan. Dengan demikian, semakin tinggi pula biaya yang harus dibayarkan.

Bahkan pada umumnya penggunaan kartu kredit membuat kita lebih boros karena merasa memiliki dana yang tidak terbatas. Pada beberapa kasus, penggunaan kartu kredit yang berlebihan berakibat pada tingginya nilai bunga yang harus dibayar. Tentu hal semacam ini sangat merugikan, baik secara materil maupun non materil.

Untuk itu agar Anda bisa lebih bijak dan tidak boros dalam penggunaan kartu kredit, sebaiknya simak ulasan berikut ini yang akan membahas seputar tips dan cara menggunakan kartu kredit agar hemat, berikut ulasannya.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

menggunakan kartu kredit
menggunakan kartu kredit

Keinginan dan kebutuhan adalah dua hal berbeda yang tak jarang sulit dipisahkan. Untuk itu diperlukan kedewasaan dan kebijaksanaan dalam diri untuk dapat memutuskan antara kebutuhan dan keinginan. Pun dengan berbelanja menggunakan kartu kredit, pastikan Anda membuat kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan.

Beberapa orang mungkin membutuhkan smartphone model terbaru, tetapi hal itu masih bisa ditunda untuk beberapa waktu kedepan. Jika memang demikian, maka bisa jadi itu sebenarnya bukan kebutuhan, melainkan keinginan. Hindarilah penggunaan kartu kredit untuk membeli barang-barang semacam itu.

Pilih Kartu Kredit Berdasarkan Promo

Kartu Kredit Berdasarkan Promo
Kartu Kredit Berdasarkan Promo

Setiap penyedia kartu kredit selalu menawarkan berbagai promo yang berbeda. Untuk itu tidak ada salahnya mempelajari terlebih dahulu tiap-tiap kartu kredit beserta promonya. Jika Anda adalah orang yang sering berbelanja kebutuhan fashion, maka pilihlah kartu kredit yang banyak menawarkan promo untuk produk fashion.

Biasanya pihak bank sudah bekerja sama dengan beberapa brand ternama ataupun marketplace penjualan produk tertentu. Jika Anda sudah memilih yang sesuai, maka penggunaan dana pun bisa disesuaikan dan pastinya lebih hemat.

Tolak Kartu Kredit dengan Limit Besar

Beberapa bank penyedia kartu kredit sering menawarkan kartu dengan limit yang besar. Dalam kasus ini, pihak bank berdalih bahwa mereka telah mempercayai Anda sebagai nasabah sehingga berani memberi limit besar dan promo-promo menarik.

Kartu Kredit limit besar
Kartu Kredit limit besar

Tapi tahukah Anda jika itu hanyalah bisnis bagi mereka? Ya, jangan percayai omong kosong tersebut. Limit yang besar bukan menunjukkan tingkat kepercayaan mereka kepada Anda, melainkan sebagai cara untuk menjual kartu sehingga nantinya Anda akan menggunakannya dengan berlebihan. Adanya limit yang besar tentu membuat Anda semakin sering berbelanja. Dan itu artinya, hutang pun semakin menumpuk.

Untuk itu pilihlah kartu kredit dengan limit yang sesuai kebutuhan. Ingatlah bahwa setiap pelaku bisnis pasti ingin mencari untung. Dengan demikian Anda tidak boleh percaya atau terpengaruh begitu saja dengan pihak bank yang memberi iming-iming limit kredit dalam jumlah besar.

Buat Limit Anda Sendiri

Selain memilih limit kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, Anda juga harus membuat limit atau batasan untuk diri sendiri. Pada dasarnya Anda harus membagi pendapatan bulanan dengan beberapa hal, diantaranya dana untuk kebutuhan pokok sehari-hari, dana untuk tabungan, dan dana untuk memenuhi keinginan atau bersenang-senang sebagai bentuk reward atas kerja keras yang dilakukan.

Pembagian dana itulah yang bisa menjadi batasan atas pengeluaran belanja Anda menggunakan kartu kredit. Jangan sampai besar pasak daripada tiang yang ujung-ujungnya hanya membuat hutang menumpuk. Dengan komitmen dan batasan dana yang tepat tentu Anda bisa lebih berhemat dalam memenuhi kebutuhan.

Miliki Maksimal 2 Buah Kartu Kredit

Ketika Anda membuka rekening di beberapa bank sekaligus, maka semakin besar pula kesempatan untuk memiliki banyak kartu kredit berbeda. Hal ini secara kasat mata memang menguntungkan karena limit yang didapat berlimpah. Tetapi Anda juga harus sadar bahwa semakin banyak jumlah kartu kredit yang dimiliki, semakin banyak pula tagihan yang harus dibayarkan.

Berilah batasan terhadap jumlah kartu kredit yang dimiliki. Dua kartu dirasa sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan di masa sekarang ini. Terlebih jika Anda belum mencapai kondisi keamanan finansial, akan jauh lebih bijak dengan hanya menggunakan 2 kartu kredit.

Berbelanja Lewat Marketplace Online

Daripada harus berbelanja melalui gerai toko secara langsung, lebih baik Anda berbelanja melalui marketplace online resmi. Kebanyakan marketplace menawarkan kemudahan berbelanja menggunakan kartu kredit dengan bunga 0%. Keuntungan yang didapat sudah pasti Anda tidak perlu menambah biaya untuk membayar bunga.

Selain itu, berbelanja lewat marketplace juga lebih menguntungkan karena ada berbagai promo menarik yang bisa diikuti. Mulai dari gratis ongos kirim hingga potongan cashback dalam jumlah besar. Tentu hal ini bisa menjadi salah satu cara menggunakan kartu kredit agar hemat.

Gunakan Reward Point

Point Reward adalah salah satu hal yang cukup sering dilupakan. Beberapa orang cenderung asyik berbelanja sampai lupa bahwa beberapa penyedia kartu kredit sering memberikan point reward sebagai bentuk promo dan bonus.

Promo yang diberikan juga beragam, bisa dalam bentuk cashback atau diskon menarik. Sebaiknya bacalah terlebih dulu syarat dan ketentuan dalam penggunaan kartu kredit tersebut agar memahami prosedur dan point reward yang didapat. Dengan menggunakan point reward tentu Anda bisa lebih hemat dan pastinya berbelanja jadi lebih menyenangkan.

Fungsikan Kartu Kredit Sebagai Dana Cadangan

Hal terakhir yang bisa dilakukan sebagai cara menggunakan kartu kredit agar hemat adalah dengan mengalihfungsikan kartu tersebut menjadi dana cadangan. Ya, cara ini cukup efektif karena Anda tidak harus menggunakannya dalam intensitas yang tinggi.

Dana cadangan hanya dipakai saat Anda benar-benar butuh menggunakannya. Ketika Anda masih bisa menabung selama beberapa waktu kedepan, maka Anda tidak perlu membeli kebutuhan tersebut menggunakan kartu kredit.

Gunakanlah kartu kredit hanya untuk kebutuhan mendesak yang tak terduga. Cara seperti ini akan menghindarkan Anda dari utang-piutang yang tiada habisnya. Jadi, selalu pastikan untuk bijak dalam menggunakan kartu kredit. Dan ingat bahwa gaya hidup tidak harus lebih besar dari biaya hidup.

Kartu kredit sebagai dana cadangan

Nah, itulah beberapa tips dan cara menggunakan kartu kredit agar hemat. Pastikan Anda menggunakan kartu kredit sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Dengan penggunaan yang tepat, kartu kredit bisa menjadi penyelamat keuangan Anda. Tetapi juga ingat bahwa kemudahan ini bisa berakibat buruk apabila kita menggunakannya tanpa perhitungan.

Untuk itu selalu atur keuangan dengan baik dan apabila dibutuhkan, Anda tidak perlu malu menggunakan jasa konsultan keuangan. Dengan manajemen keuangan yang baik, pastinya titik keamanan finansial semakin mudah digapai. Dan yang paling penting adalah, Anda bisa lebih siap untuk menjadi pribadi yang lebih sukses di usia muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *