3 Cara Efektif Dalam Mengatur Managemen Keuangan Bagi Perantau, Begini!

Cara Mengatur Managemen Keuangan Bagi Perantau – Mencari nafkah untuk keluarga terkadang mengharuskan Anda untuk bisa berkerja jauh dari tempat Anda tinggal. Tuntutan tugas dari tempat Anda bekerja mungkin saja menjadikan Anda bekerja di luar kota, luar pulau atau bisa juga di luar negeri. Dalam kondisi yang seperti ini, sehingga mengharuskan Anda untuk lebih cermat lagi di dalam menyisihkan pengeluaran ganda yaitu buat Anda sendiri dan untuk keluarga di rumah atau istilah lainnya bagaimana cara membuat dua dapur tetap ngebul.

Sebagai kepala rumah tangga yang harus memberi nafkah pada keluarga, Anda memang dituntut untuk selalu berhemat dan bijak dalam mengelola penghasilan maupun pengeluaran Anda. Tentunya Anda ingin sekali memberikan kebahagian pada orang terdekat saat pulang ke kampung halaman atau tetap mendengar keluarga tercukupi kebutuhannya walaupun Anda sedang berada jauh di luar sana. Untuk itulah berikut ini kami informasikan tentang beberapa cara paling efektif di dalam mengatur managemen keuangan khususnya bagi Anda para perantau.

cara efektif mengatur managemen keuangan bagi perantau
cara efektif mengatur managemen keuangan bagi perantau (image: artofmission.com)

Baca juga: Investasi Yang Tepat Untuk Seseorang Ayah

Bagaimana Cara Mengatur Managemen Keuangan Bagi Perantau?

Berikut ini adalah beberapa tips pengelolaan keuangan khusus bagi para perantau …

Cara Mengatur Keuangan Bagi Perantau #1: Atur jadwal kepulangan

Jika memang Anda bekeerja di luar kota tentunya ada rasa rindu untuk bisa bertemu kembali dengan keluargaa, akan tetapi biaya pulang ke kampung halaman ini juga tidak sedikit, apalagi Anda masih harus naik pesawat terbang. Nah, agar nantinya biaya transportasi tidak membebani keuangan keluarga Anda, maka Anda harus bisa mengatur jadwal kepulangan, contohnya saja 1 hingga 2 bulan sekali, atau tiap 6 bulan sekali, atau tiap lebaran atau hari raya tergantung kondisi keuangan Anda. Uang untuk transportasi tsb dapat Anda tabungkan untuk kemudian dijadikan modal investasi. Itulah cara mengatur managemen keuangan bagi perantau yang pertama.

Tips Mengelola Keuangan Bagi Perantau #2: Buat alokasi dana

Cara mengatur managemen keuangan bagi perantau yang kedua adalah pintar-pintar menyisihkan penghasilan Anda. Uang gaji bulanan Anda harus dihitung dan juga dibagi dengan baik. Contohnya saja untuk biaya hidup Anda dan dana hidup bagi keluarga Anda di rumah. Alokasi yang paling ideal untuk gaji bulanan ini adalah untuk dana sosial 5 %, dana darurat 10 %, biaya hidup pribadi dan keluarga 50 %,  tabungan 10 %, serta investasi 15 % atau untuk bersenang-senang 10 %. Bila Anda mau, Anda dapat menambah porsi investasi hingga 20%.

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mengatur Gaji Bulanan Jangan Asal Numpang Lewat Aja!

Kiat Mengatur Managemen Keuangan Bagi Perantau #3: Catat semua pemasukan dan pengeluaran

Perlu Anda tahu bahwasannya mencatat semua pemasukan dan juga pengeluaran harus Anda lakukan juga. Pada saat gaji bulanan Anda terima, termasuk bonus atau pun uang lembur, maka catat di sebuah buku atau pun tabel. Buat tabel pengeluaran  di sebelahnya dan juga catatkan rencana pengeluaran atau pun uang yang sudah Anda keluarkan dengan detail dan jelas. Dalam edukasi keuangan yang telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia, telah disebutkan bahwasannya hal tersebut sangat diperlukan sekali untuk lebih memudahkan Anda dalam hal mengatur keuangan di bulan berjalan atau pun di bulan yang berikutnya.

Nah, itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya tentang cara efektif dalam mengatur managemen keuangan bagi perantau. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

perantau -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *