Cara Mengaktifkan Kartu Kredit Bank yang Sangat Mudah Dilakukan

Bagi Anda yang ingin memiliki kartu kredit, tentu harus paham benar tentang bagaimana cara mengaktifkan kartu kredit bank yang dapat dilakukan. Hal ini karena banyak orang yang belum tahu langkah apa saja yang harus dilakukan hingga proses aktivasi kartu kredit tersebut selesai. Padahal sebenarnya ada beberapa langkah mudah dalam mengaktifkan kartu kredit bank.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini Anda akan diajak mengulas tentang bagaimana saja langkah mengaktifkan kartu kredit, baik untuk pengguna baru ataupun untuk kartu kredit yang telah dinonaktfikan oleh pihak bank. Namun ulasan ini akan lebih fokus pada bank Mandiri serta bank BCA sebagai penerbit kartu kredit terbanyak apabila dibandingkan dengan bank yang lainnya. Daripada penasaran, simak ulasan berikut ini.

Tahapan-Tahapan untuk Registrasi Kartu Kredit

kartu kredit
kartu kredit

Sebelum melangkah pada ulasan bagaimana cara mengaktifkan kartu kredit bank, Anda harus melalui beberapa tahapan-tahapan dalam registrasi kartu kredit. Adapun beberapa tahap yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Tahapan Pengajuan Kartu Kredit

Anda harus mengajukan kartu kredit terlebih dahulu pada bank yang bersangkutan. Pada bank tersebut, Anda hanya perlu memberikan data sesuai identitas yang disertai dengan tabungan bank Anda. Selanjutnya pihak bank akan memproses pengajuan kartu kredit tersebut.

Umumnya, waktu yang dibutuhkan dalam tahapan ini adalah selama 1 hingga 7 hari kerja. Hal ini tergantung dari kebijakan bank serta kelengkapan dokumen pengajuan kartu kredit yang Anda serahkan pada pihak bank. Namun saat ini sudah ada layanan pengajuan kartu kredit secara online yang tentunya hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat saja hingga diterima oleh pihak bank.

  • Proses Input Data

Tahapan yang selanjutnya adalah input data. Pada umumnya, proses input data yang dilakukan oleh pihak bank akan berlangsung sekitar 1 hingga 2 hari kerja.

  • Proses Pengecekan dan Verifikasi

Tahapan yang ketiga adalah pengecekan serta verifikasi terhadap data yang sudah Anda ajukan dalam pendaftaran kartu kredit. Adapun waktunya adalah sekitar 3 hari.

  • Survey dan Analisis Kredit

Sebagai informasi, Anda juga harus melewati tahap survey yang dilakukan oleh pihak bank. Ketika survey berlangsung, maka berarti secara administrasi, semua kelengkapan telah memenuhi syarat dalam pengajuan kartu kredit. Untuk survey, waktu yang dibutuhkan sekitar 2 hingga 3 hari kerja.

Selain survey, Anda pihak bank juga akan melakukan analisis untuk Anda. Analisis tersebut dibutuhkan untuk memeriksa apakah Anda pernah memiliki kartu kredit sebelumnya ataupun pernah mengajukan pinjaman yang sifatnya resmi.

  • Pembuatan Kartu Kredit

Apabila semua persyaratan telah Anda penuhi, maka kini saatnya melangkah pada proses pembuatan kartu kredit. Pada proses ini, Anda juga akan dibuatkan beberapa data serta nomor pribadi mulai seperti PIN dan lain sebagainya. Waktu yang dibutuhkan dalam proses ini adalah sekitar 3 hari.

  • Pengiriman Kartu Kredit

Jika sudah selesai, maka Anda hanya perlu menunggu kartu kredit Anda dikirimkan ke alamat yang sudah Anda daftarkan.

Setelah memiliki kartu kredit, maka Anda dapat melakukan aktivasi terhadap kartu kredit tersebut. Meskipun pada umumnya kartu kredit yang sudah Anda terima tersebut sudah aktif, namun ada beberapa kondisi dimana Anda harus mengaktivasi kartu kredit tersebut secara manual.

Mengaktifkan Kartu Kredit Bank Mandiri

kartu kredit mandiri
kartu kredit mandiri

Bagi Anda pengguna kartu bank Mandiri, ada beberapa langkah aktivasi yang dapat Anda lakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Menghubungi Call Center Bank Mandiri

  1. Anda dapat menghubungi call center Mandiri di nomor 14000
  2. Pilihlah bahasa yang Anda kehendaki, biasanya hanya terdapat 2 bahasa yang digunakan yakni bahasa Indonesai dan bahasa Inggris
  3. Anda harus memasukkan 16 digit nomor yang terdapat pada kartu kredit
  4. Masukkan pula tanggal lahir Anda. Misalnya Anda lahir pada tanggal 22 Mei 1993, maka yang harus dimasukkan adalah 22/05/1993
  5. Ikuti instruksi yang diberikan oleh operator. Namun biasanya untuk aktivasi, Anda harus menekan tombol 2
  6. Langkah selanjutnya adlah memasukkan 4 digit kode aktivasi yang sudah Anda terima
  7. Kartu kredit Anda pun telah berhasil diaktivasi

Selain cara di atas, cara mengaktifkan kartu kredit mandiri yang juga dapat Anda lakukan adalah dengan aktivasi via SMS.

Aktivasi Kartu Kredit Mandiri via SMS

1, Cukup ketik SMS berformat: ACT (spasi) CC (spasi) 16 digit nomor kartu kredit (spasi) 4 digit nomor aktivasi. Contohnya adalah:

ACT CC 9876543211234567 4321

2. Setelah itu, kirim SMS ke nomor 3355. Perlu diperhatikan bahwa cara ini dilakukan dengan ponsel yang nomornya telah terdaftar saat pengajuan kartu kredit dilakukan.

3. Tunggu beberapa saat hingga muncul SMS balasan yang menyatakan bahwa kartu kredit Mandiri Anda telah berhasil diaktifkan

Sebagai informasi, biaya yang dibutuhkan untuk pengiriman SMS tersebut adalah sebesar Rp 500/SMS.

Mengaktifkan Kartu Kredit Bank BCA

SMS kartu kredit
SMS kartu kredit

Hal lain yang harus Anda ketahui adalah tentang cara mengaktifkan kartu kredit BCA. Pasalnya kartu kredit BCA menjadi salah satu kartu kredit yang memiliki banyak sekali pengguna apabila dibandingkan dengan bank lainnya. Dalam aktivasi kartu kredit BCA, ada dua tahapan yang harus Anda lakukan. Pertama adalah aktivasi kartu dan yang kedua adalah aktivasi PIN agar nantinya kartu kredit tersebut dapat digunakan.

Langkah Aktivasi Kartu Kredit BCA

Cara yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1.Ketik SMS berformat: AKT (spasi) KK (spasi) nomor kartu kredit (spasi) tanggal lahir Anda. Contohnya adalah:

AKT KK 9876543211234567 220593

2. Setelah itu, kirimkan SMS tersebut ke nomor 69888

3. Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima notifikasi bahwa kartu kredit BCA Anda telah berhasil diaktifkan.

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan aktivasi PIN kartu kredit.

Langkah Aktivasi PIN Kartu Kredit

Adapun langkah yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Kunjungi situs resmi bank BCA yang digunakan untuk aktivasi pin, yakni bca.co.id/creditcard
  2. Setelah itu, pilihlah menu aktivasi PIN dengan cara mengisi formulir sebagai verifikasi bahwa data yang Anda masukkan adalah sesuai dengan data pengajuan kartu kredit. Adapun data yang dibutuhkan pada formulir tersebut mencakup nomor kartu, tanggal lahir, nomor telepon, batas tanggal berlakunya kartu, dan juga captcha
  3. Jika sudah, maka klik ‘Process’
  4. Setelah itu, masukkan pula kode otentifikasi
  5. Klik nomor kartu kredit Anda
  6. Masukkan PIN yang diinginkan. Sebagai saran, untuk PIN, jangan gunakan kombinasi tanggal lahir karena lebih mudah dibobol. Untuk itu, Anda dapat menggunakan kombinasi angka lain yang lebih mudah diingat
  7. Tunggu beberapa saat hingga ada pemberitahuan bahwa langkah aktivasi PIN Anda berhasil

Setidaknya itulah beberapa cara mengaktifkan kartu kredit bank yang harus Anda pahami. Perlu diingat bahwa kartu kredit tentu memiliki nilai plus dan minus. Dengan kata lain, bagi Anda yang ingin mengajukan kartu kredit, maka harus benar-benar mempertimbangkan agar nantinya tagihan kartu kredit tersebut tidak memberatkan Anda. Semoga ulasan tentang cara mengaktifkan kartu kredit bank di atas bermanfaat.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

apa proses selanjutnya setelah aktivasi kartu kredit -gambar kartu kredit yg banyak -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *