Cara Membeli Tanah Tanpa Modal, Apakah Mungkin?

Cara membeli tanah tanpa modal sangat mungkin untuk dilakukan. Di era yang sudah sangat modern seperti ini, segala sesuatu memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Pertumbuhan penduduk yang makin tinggi membuat banyak orang membutuhkan tanah untuk tempat tinggal. Sementara itu, tanah di sekitar kita tidak bisa berkembang, justru akan semakin menyempit mengingat banyak bangunan baru yang didirikan. Fakta ini membuat harga tanah terus melambung setiap tahunnya. Anda mungkin akan kesulitan membeli tanah secara cash.

Lalu, bagaimana cara membeli tanah tanpa modal? Tentu Anda harus bekerja sama dengan pihak lain agar hal ini bisa terwujud. Simak informasinya berikut ini.

Tentukan Kriteria Tanah yang Ingin Dibeli

tanah kavling
tanah kavling

Sebelum proses pembelian tanah, Anda wajib menentukan kriteria tanah yang akan dibeli. Misalnya, berapa luas tanah yang Anda butuhkan dan di mana lokasi yang Anda inginkan. Selain itu, tujuan membeli tanah juga harus diperhatikan. Jika Anda ingin membeli tanah untuk membangun rumah, di mana pun lokasinya, asalkan harganya cocok dan tidak jauh dari tempat kerja Anda rasanya tidak begitu masalah. Berbeda lagi jika Anda ingin membeli tanah untuk dijadikan sebagai tempat usaha, tentu akan ada banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan.

Dalam hal ini, Anda memang harus membuat gambaran tanah seperti apa yang Anda butuhkan. Pertimbangkah tujuan, harga, dan kebutuhan. Ini penting supaya Anda tidak salah langkah dalam membeli tanah.

Bekerja Sama dengan Bank

Proses pembelian tanah untuk investasi atau membangun rumah memang membutuhkan uang yang besar. Untuk Anda yang kesulitan mengeluarkan dana segar untuk membeli tanah, Anda bisa bekerja sama dengan pihak bank. Ini menjadi cara membeli tanah tanpa modal yang wajib Anda lakukan. Anda bisa mengajukan pinjaman pada pihak bank untuk membeli tanah. Sekarang ini, hampir semua bank menawarkan produk kredit yang banyak sekali jenisnya. Ada beberapa bank yang juga punya program kredit untuk membeli tanah atau rumah.

Kerjasama bank
Kerjasama bank

Dalam bekerja sama dengan pihak bank, pastikan Anda memilih bank yang sudah berstandar nasional atau bahkan internasional. Mengapa? Supaya prosesnya lebih aman dan terpercaya. Bank yang berstandar nasional akan memberikan kredit yang wajar dan tidak mencekik. Besar cicilan tiap bulan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Karena di Indonesia ada banyak sekali bank untuk pinjaman, pastikan Anda memilih bank yang memiliki suku bunga rendah. Suku bunga bank ini akan berkaitan dengan besar cicilan yang akan Anda bayarkan tiap bulannya. Makin rendah suku bunganya, cicilan pun akan jadi lebih ringan. Ini adalah cara pertama untuk cara membeli tanah tanpa modal.

Mengambil Program KPR

Jika tujuan Anda membeli tanah adalah untuk membangun rumah untuk keluarga, tidak ada salahnya membeli tanah kavling atau perumahan. Ini menjadi cara yang paling tepat. Khusus untuk rumah tinggal, perumahan adalah pilihan yang paling baik. Selain dapat menyesuaikan ukuran tanah kavling sesuai kebutuhan, program KPR juga tidak membutuhkan modal. Caranya sangat mudah, tinggal ikuti saja program KPR yang ditawarkan perusahaan perumahan.

Program KPR
Program KPR

Program KPR ini juga bekerja sama dengan pihak bank. Dengan mengambil program KPR, pihak Bank akan menalangi dana untuk membeli rumah. Setelah itu, Anda bisa membayarnya dengan sistem cicilan setiap bulan. Sama seperti kredit pada umumnya, Anda mungkin akan dikenakan serangkaian biaya administrasi dan juga suku bunga. Meskipun begitu, KPR tetap menjadi pilihan terbaik untuk cara membeli tanah tanpa modal. Pilih bank yang terbaik menurut Anda, kemudian siapkan segala persyaratannya untuk bisa segera mendapatkan tanah kavling Anda.

Tawar dengan Harga Tinggi

Cara selanjutnya juga bisa menjadi alternatif untuk cara membeli tanah tanpa modal. Anda bisa menawarkah harga yang lebih tinggi. Misalnya, jika pemilik tanah menawarkan harga jual tanah sebesar Rp1 juta per meter persegi dengan harapan bisa dibayar cash. Anda bisa menawar Rp 1.2 juta per meter persegi dengan pembayaran yang bertahap. Apabila pemilik tanah sedang tidak membutuhkan uang yang mendesak, cara ini sangat efektif. Anda pun bisa membeli tanah tanpa modal.

Jika ternyata penjual menolak permintaan Anda, silahkan berikan alasan lain. Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bisa dipercaya dan mampu membayar cicilan sesuai dengan kesepatan. Setelah kesepakatan terpenuhi, bertanggungjawablah untuk memenuhi setiap kesepakatan yang sudah dibuat.

Demikian adalah langkah mudah untuk membeli rumah tanpa modal. Jangan sampai uang menghambat langkah Anda untuk bisa berkembang. Membeli tanah tanpa modal pun sangat mungkin dilakukan di era yang sudah lebih modern ini. Yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan niat yang kuat untuk bisa mewujudkan sesuatu dan melaksanakan setiap cara membeli tanah tanpa modal yang sudah dijelaskan dalam artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *