Cara Daftar Koinworks Lengkap dengan Tips Memulai Investasi

Cara daftar Koinworks – Seiring dengan perkembangan jenis investasi yang ada saat ini, model Peer to Peer Lending (P2P Lending) hadir sebagai sebuah model investasi yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Adalah Koinworks, sebuah platform investasi yang mengusung konsep P2P lending sebagai jalan investasinya. Saat ini, Koinworks sudah menjadi salah satu aplikasi investasi yang mempunyai banyak investor di Indonesia. Alasan kemudahan dan model investasi yang dijalankan rupanya sukses membawa Koinworks bertengger sebagai peletak model jenis investasi P2P lending ini. Mungkin anda sendiri sudah mengetahui sedikit informasi mengenai apa itu Koinworks dan bagaimana model investasinya sehingga anda mencari tahu bagaimana cara daftar Koinworks. Artikel ini akan menyajikan langkah yang harus anda lakukan untuk mendaftar di Koinworks. Namun sebelum itu, ada baiknya jika anda mengetahui secara lebih mendalam apa itu Koinworks serta model investasi P2P lending yang digunakannya.

Mengenal Koinworks dan Konsep P2P Lending

Koinworks adalah sebuah platform online yang menyediakan layanan untuk menghubungkan para pemilik dana (dalam hal ini adalah investor) kepada para peminjam yang notabene adalah para pelaku usaha di Indonesia. Misi utama Koinworks adalah untuk menyediakan layanan keuangan investasi yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia serta turut membantu pertumbuhan berbagai macam usaha di Indonesia. Sistem peminjaman yang ditawarkan Koinworks ini tentu saja memiliki banyak keuntungan. Selain mengurangi biaya operasional keuangan, Koinworks juga meningkatkan efisiensi model perbankan konvensional dengan alur peminjaman modal yang terkenal susah.

Koinworks
Koinworks

Untuk sistem investasi P2P lending sendiri bisa digambarkan sebagai sebuah marketplace di mana pemilik modal atau investor bertemu dengan para pengusaha peminjam dana. Jadi selain pilihan sebagai investor, anda juga bisa mendaftarkan diri sebagai peminjam dana di Koinworks. Koinworks sendiri menjamin, baik pihak pemberi pinjaman maupun peminjam akan mendapatkan manfaat tersendiri dengan memilih Koinworks sebagai tempat mereka bertransaksi. Dengan keunggulan kemudahan transaksi online, anda bisa menjadikan Koinworks sebagai alternatif daripada harus meminjam uang ke penyedia jasa keuangan lain seperti bank, koperasi, hingga jasa kredit.

Sedangkan dari sisi keamanan, model P2P lending sudah mendapatkan regulasi khusus yang disetujui dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi bagi anda yang masih ragu apakah Koinworks aman bagi investasi, sebaiknya mulai menghilangkan keraguan tersebut dan mulai berinvestasi. Terlebih lagi, Koinworks memastikan bahwa setiap dana investor yang masuk di awasi sepenuhnya. Pengawasan tersebut sudah dimulai dari seleksi yang ketat terhadap peminjam, hingga tersedianya dana proteksi yang dimiliki oleh Koinworks.

Setelah mengetahui apa itu Koinworks dan bagaimana model investasi P2P lending yang diusungnya, berikut adalah langkah-langkah dan cara daftar Koinworks.

Cara Mendaftar Koinworks

  1. Daftarkan Akun
Tahap pendafaran koinworks
Tahap pendafaran koinworks

Untuk langsung mendaftar di Koinworks, pertama-tama anda bisa langsung menuju ke alamat berikut. Pada halaman tersebut, anda akan menemukan dua formulir yang harus anda isi. Formulir pertama adalah keterangan yang akan anda gunakan nantinya saat masuk ke akun Koinworks anda. Sedangkan formulir kedua adalah keterangan mengenai data-data pribadi anda seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan lain-lain. Isikan data pada formulir tersebut dengan sebenar-benarnya karena akan berpengaruh ke verifikasi data anda nantinya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan hasil scan KTP anda yang masih berlaku. Sangat di sarankan untuk memakai e-KTP untuk melakukan pendaftaran ini. Syarat lain yang harus anda penuhi adalah anda sudah harus berusia minimal 21 tahun untuk bisa mendaftar di Koinworks.

2. Konfirmasi E-mail

Langkah kedua adalah dengan mengonfirmasi email yang sudah anda daftarkan sebelumnya di formulir. Dari sini menjadi sangat penting untuk menyediakan email yang valid dan sesuai dengan identitas anda. Pihak Koinworks akan mengirimkan sebuah link konfirmasi dalam email anda supaya bisa anda klik sebagai tanda email yang anda cantumkan adalah valid.

3. Proses Verifikasi Data

Pada tahap ini, anda harus menunggu Koinworks memverifikasi data yang sudah anda masukkan. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 24 jam atau satu hari saja. Namun bisa lebih menjadi 2 atau 3 hari jika anda mendaftar di akhir pekan.

4. Masuk ke Akun

Masuk  Akun
Masuk Akun

Setelah mendapatkan pemberitahuan jika data anda berhasil diverifikasi, maka sekarang anda sudah remi menjadi bagian dari Koinworks. Langkah selanjutnya adalah anda tinggal login ke akun Koinworks anda.

5. Deposit Dana

Pada dashboard utama pendanaan, anda bisa mulai melakukan deposit dana untuk akun anda. Sebagai informasi, untuk saat ini semua dana yang didepositkan ke Koinworks hanya bisa dilakukan melalui transfer ke rekening bank yang tersedia di dashboard anda masing-masing. Sedangkan untuk cara deposit adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke halaman deposit anda dengan mengklik menu deposit yang berada di bar atas dashboard.
  • Pilih bank tempat anda akan meletakkan deposit anda. Anda bisa melakukan deposit dengan menggunakan virtual account BCA, CIMB, dan BRI.
  • Selanjutnya, anda bisa melakukan verifikasi mengenai dana deposit yang sudah anda transfer dengan melampirkan bukti transfer pada halaman yang sudah disediakan.

Mulai Berinvestasi

Setelah anda mengetahui cara daftar Koinworks dan memiliki akunnya serta deposito yang berada di akun anda, maka sekarang adalah waktunya bagi anda untuk mulai berinvestasi. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam berinvestasi di Koinworks.

  1. Mulai dengan Modal Kecil

Sebagaimana sudah umum diketahui, salah satu kelebihan Koinworks adalah modal investasi yang sangat terjangkau. Anda bisa mulai dengan berinvestasi di Koinworks dengan nominal sebesar Rp. 100.000 saja. Mungkin jumlah tersebut tergolong kecil. Namun dengan begitu, anda bisa menyesuaikan iklim Koinworks terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk investasi lebih besar lagi.

2. Diversifikasi

Tips selanjutnya adalah diversifikasi. Diversifikasi adalah keragaman produk investasi yang anda pilih. Anda bisa mulai memilih beberapa variasi produk investasi sebagai fokus anda. Jangan hanya meletakkan semua deposit anda dalam satu produk saja karena terlalu berisiko.

3. Mengelola Risiko

Sebagai investor, anda harus jeli dalam memilih peminjam dana yang tersedia. Koinworks memiliki 5 tingkat peminjam dengan klasifikasi menurut mampu tidaknya peminjam tersebut mengembalikan pinjaman. Semakin rendah tingkat kemungkinan pengembalian pinjaman, maka semakin besar pula bunga yang akan anda peroleh. Anda harus jeli melihat bagaimana seharusnya deposito anda di alirkan.

4. Pelajari Peminjam secara Utuh

Untuk mengurangi risiko, anda bisa mulai dengan membaca secara mendetail profil orang yang menjadi peminjam deposito anda. Hal tersebut sangat penting untuk melihat apakah orang tersebut cukup valid untuk dijadikan ladang investasi anda atau tidak.

Demikianlah cara daftar Koinworks yang dilengkapi dengan tips-tips ringan seputar berinvestasi di dalamnya. Yang harus dipahami adalah bahwa setiap transaksi keuangan pasti memiliki risiko, begitu pun dengan Koinworks. Namun semuanya kembali lagi kepada anda. Semoga bermanfaat.

 

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

cara daftar koinwork -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *