4 Cara Cerdas Mengatur Gaji Bulanan Jangan Asal Numpang Lewat Aja!

Cara Mengatur Gaji Bulanan – Tahukah Anda bahwasannya kesulitan dalam mengelola penghasilan bulanan ini ternyata tak hanya dialami oleh segelitir orang saja. Tetapi, banyak masyarakat modern atau bahkan Anda sendiri juga sedang mengalami kesulitan dalam me-“manage” gaji bulanan yang sudah Anda terima. Tak jarang malahan, Anda juga sering sekali kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Gaji hanya asal numpang lewat saja hehehe

Sadar tidak sih, jika hal yang seperti ini bisa jadi karena Anda tidak mengelola gaji bulanan Anda dengan baik, tapi tenang saja, sebab masih ada cara cerdas bagaimana mengatur gaji bulanan dengan bijak. Apa saja caranya? Berikut ulasan selengkapnya ..

cara mengatur gaji bulanan secara bijak
Ilustrasi cara mengatur gaji bulanan secara bijak

Begini Cara Mengatur Gaji Bulanan dengan Bijak

Berikut ini adalah beberapa tips pengelolaan keuangan untuk mengatur penghasilan dan pengeluaran Anda ..

Membuat angaran bulanan

Mulaikan untuk membuat daftar pengeluaran bulanan Anda untuk kebutuhan jadi dua bagian. Misalnya saja untuk kebutuhan primer seperti ongkos bekerja, makan, tagihan listrik, cicilan motor, dan lain-lain. Sedangkan untuk kebutuhan sekunder / tersiernya, Anda bisa membuat anggaran untuk traveling, shopping, atau hang- out bareng teman.

Bayar tagihan sesegera mungkin

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mendapat gaji adalah membayar tagihan Anda di awal. Baik tagihan listrik, cicilan, dan lain-lain. Hal satu ini sangat penting sekali, supaya nantinya tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda yang lainnya. Dengan memisahkan atau pun membayarkannya lebih dulu pasti akan menjadikan Anda lebih tenang dalam mengatur pengeluaran bulanan lain.

Sisihkan gaji Anda untuk ditabung

Apabila Anda selama ini terbiasa untuk menyisihkan sisa dari gaji bulanan untuk ditabung, kali ini coba untuk menyisikan gaji untuk tabugan sebelum digunakan untuk keperluan sehari-hari. Hal yang satu ini berguna sekali untuk menekan pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Membuat laporan keuangan harian

Simpan struk belanja Anda setiap kali berbelanja. Lalu catat semua pengeluaran Anda di setiap harinya. Cara satu ini bisa membantu Anda untuk mengetahui kemana saja uang yang dipergunakan, ini juga bisa membantu untuk menganalisa barang-barang apa sih yang sebetulnya itu tidak harus Anda beli dibulan yang akan datang.

Tak hanya membiasakan diri untuk mencatat semua pengeluaran Anda, di sini Anda juga harus mulai membiasakan diri untuk patuh terhadap peraturan keuangan yang sudah Anda buat.

Menggunakan uang yang diterima setiap bulannya dengan bijak merupakan salah satu cara untuk menghargai usaha dan kerja keras yang sudah Anda lakukan. Asalkan ada niat dan kemauan, maka dengan cara mengelola gaji Anda di atas, Anda pun dapat menyisihkan uang untuk investasi masa depan.

Itulah informasi cara cerdas mengatur gaji bulanan yang dapat Anda coba. Semoga tips mengelola gaji bulanan di atas dapat bermanfaat ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *