Begini Cara Jadi Makelar Tanah yang Baik dan Untung Cepat

Cara Jadi Makelar Tanah yang Baik – Tak jauh beda dengan profesi di lingkup bisnis lainnya, tentu saja tak mudah menjadi seorang makelar tanah atau disebut Professional Broker (PB). Sebagai tahap awal, minimal menjadi makelar tanah butuh banyak kesiapan baik secara internal maupun eksternal.

Tak ada satupun profesi yang tidak berisiko, demikian juga dengan Professional Broker atau makelar tanah. Intinya tanpa persiapan bagus dan pengetahuan yang cukup, menjadi makelar tanah tidak akan menghasilkan apa-apa. Bahkan tidak menutup kemungkinan jatuh pailit mengingat profesi ini membutuhkan dana yang cukup besar.

Meski cukup berisiko, profesi makelar tanah banyak dilirik terutama mereka yang punya modal cukup. Ini karena sampai kapanpun seorang agen property atau makelar tanah ini sangat dibutuhkan. Pendek kata, selama manusia masih butuh tempat tinggal, selama itu pula jasa makelar tanah tetap dibutuhkan.

Syarat Mudah Menjadi Makelar Tanah yang Sukses

Kehadiran makelar tanah memberi banyak solusi baik kepada pemilik properti ataupun calon pembeli. Bagi property owner atau pemilik properti, peran makelar tanah sangat dibutuhkan untuk menghemat waktu saat harus menjual aset-aset propertinya. Demikian juga bagi calon pembeli, peran makelar tanah sangat krusial untuk mendapatkan banyak informasi akurat terkait tanah yang ingin dibeli.

Kendati demikian tidak semua orang bisa sukses menjadi makelar tanah atau agen properti. Bahkan banyak yang menjalani profesi ini selama puluhan tahun namun tidak pernah mendapat keuntungan yang signifikan. Lantas bagaimana cara jadi makelar tanah yang baik, profesional dan terpercaya? Penuhi dulu syarat-syarat berikut ini.

  1. Persiapan Mental
broker tanah
broker tanah

Hanya mereka yang bermental baja-lah yang memiliki peluang sukses di bisnis ini. Artinya menjadi makelar tanah butuh persiapan mental yang kuat. Hal ini penting sebab seorang professional broker setiap hari akan berinteraksi dengan banyak orang yang punya karakter berbeda-beda.

Sebagai seorang makelar tanah Anda harus siap menerima bagaimana rasanya ditolak baik oleh pemilik properti maupun pembeli. Bahkan tak jarang ada pemilik properti dan pembeli yang sama sekali tidak menghargai profesi makelar tanah.

Tentu saja kesiapan mental ini harus dimiliki oleh makelar tanah perseorangan. Sebaliknya ini tidak begitu berlaku bagi makelar yang tergabung dalam sebuah perusahaan property agent, yang posisinya sudah establish dan mempunyai banyak stok tanah untuk dipasarkan.

  1. Menguasai Product Knowledge Tanah yang Dijual
mengetahui kondisi tanah
mengetahui kondisi tanah

Sisi penguasaan product knowledge inilah yang menjadi pembeda antara professional broker dan traditional broker. Intinya jika posisi Anda sebagai professional broker maka Anda harus mampu menjawab apapun pertanyaan konsumen terkait kondisi tanah yang Anda pasarkan.

Kemampuan menjawab setiap pertanyaan tersebut muncul karena Anda sudah menguasai product knowledge tersebut. Contoh sederhananya, jika Anda ingin menjual tanah maka hal-hal yang berhubungan dengan kondisi tanah wajib Anda pahami. Tak hanya kelebihannya namun juga kekurangannya. Bahkan data-data fisik, lokasi, luas tanah, dan legalitas juga harus Anda hafal di luar kepala.

3. Selalu Bersikap Jujur pada Calon Pembeli

Cara jadi makelar tanah yang baik maka kejujuran harus jadi modal utama. Bahkan untuk profesi apapun sikap jujur memang wajib diprioritaskan. Sikap jujur dalam profesi makelar tanah ini artinya Anda harus memberikan informasi se-obyektif mungkin. Katakan bagus pada konsumen jika tanah yang ingin Anda jual kondisinya memang bagus. Sebaliknya jangan takut mengatakan apa adanya jika tanah memiliki kekurangan. Intinya berilah informasi yang benar pada calon pembeli.

Jujur terhadap pembeli
Jujur terhadap pembeli

Anda dituntut bersikap jujur karena Anda seorang professional broker, bukan traditional broker. Seorang traditional broker akan menginformasikan bahwa properti yang mereka tawarkan bagus semua. Padahal dilihat secara kasat mata justru banyak nilai minusnya.

4. Memperbesar Peluang Closing dengan Memperbanyak Listing

Jika ingin menjadi makelar tanah profesional Anda harus bisa menjaga keseimbangan listing dan closing. Banyaknya listing yang closing hanya masalah permainan probabilitas. Mengacu pada data, riset, dan pengalaman, terjadinya penjualan adalah satu banding duapuluh. Sampai disini sudah jelas bahwa jika Anda ingin mendapatkan satu closing maka setidaknya Anda harus mempunyai duapuluh listing.

Mungkin bukan sesuatu yang bagus jika Anda hanya memiliki dua atau tiga listing namun berharap bisa terjual dalam waktu singkat. Terlebih jika tanah yang ingin Anda jual sifatnya open listing yang berarti juga dipasarkan oleh makelar lain. Untuk itu sebaiknya perbanyak listing untuk memperbesar peluang closing.

5. Promosi Besar-besaran

Dengan memahami kiat marketing berarti Anda mulai paham terkait cara jadi makelar tanah yang baik. Pada intinya prinsip marketing adalah bagaimana cara mengkomunikasikan produk yang dijual kepada calon pembeli. Begitu juga dengan marketing bidang properti atau penjualan tanah, tergantung bagaimana cara Anda mempromosikannya agar semakin banyak diketahui oleh calon pembeli. Begitulah, caranya memang sangat sederhana.

Sebagai calon makelar tanah yang sukses Anda cukup beruntung bahwasanya saat ini teknologi informasi menyediakan banyak wadah untuk sarana promosi. Anda harus yakin semua media promosi bisa Anda gunakan untuk menarik minat pembeli.

Promosi besar-besaran
Promosi besar-besaran

Untuk hal ini Anda bisa memanfaatkan media konvensional seperti iklan baris di koran, papan nama, spanduk, majalah, dan lain-lain. Kesempatan untuk promosi besar-besaran juga cukup terbuka melalui sederet media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau situs jual beli seperti Bukalapak, OLX, Tokopedia, dan lain-lainnya.

Situs yang bagus sebagai sarana promosi sebaiknya situs yang memiliki traffic tinggi. Biasanya website dengan rating tinggi mempunyai puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu visitor setiap harinya. Semakin banyak visitor semakin besar pula kemungkinan iklan Anda dilihat banyak orang. Untuk mekanisme pasang iklan di website ada yang berbayar namun ada juga yang gratis. Tergantung dari jenis website-nya. Pengalaman empiris banyak yang mengatakan bahwa pembeli yang menghubungi penjual setelah mendapat informasi dari internet persentase-nya lebih besar sebagi hot buyer.

6. Melayani Konsumen Sepenuh Hati, Menjalani Profesi dengan Senang Hati

Jika Anda mampu melayani pembeli sepenuh hati maka akan memberi efek positif terhadap branding Anda sebagai seorang makelar tanah. Tidak ada lagi yang meremehkan atau memandang rendah profesi Anda. Bahkan jika konsumen merasa puas bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan jasa Anda pada konsumen lain. Biar bagaimanapun rekomendasi dari orang yang merasa puas terhadap kinerja Anda mampu memberi impact trust yang signifikan dibanding informasi yang Anda dapat secara terbuka.

Yang terakhir, cara jadi makelar tanah yang baik yaitu menjalani profesi dengan senang hati. Apapun profesi Anda, entah makelar tanah atau yang lain, muara-nya adalah keuntungan dan kebahagiaan. Artinya dengan mencintai apa yang menjadi profesi Anda saat ini merupakan cara yang benar untuk meraih kebahagiaan. Jangan lupa juga bersyukur. Dengan selalu bersyukur maka Anda akan merasakan energi luar biasa saat menjalani pekerjaan. Aura optimisme akan selalu muncul terutama ketika sedang mempromosikan usaha Anda.

 

 

 

 

 

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

cara jadi makelar tanah -cara menjadi makelar tanah -cara menjadi makelar tanah yang sukses -cara jitu jadi makelar tanah -trik makelar tanah -cara makelar tanah -cara jadi makelar -Cara aman jadi perantara -cara menjadi calo tanah -cara jadi calo tanah -

2 thoughts on “Begini Cara Jadi Makelar Tanah yang Baik dan Untung Cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *