8 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar Tidak Boros yang Harus Dicoba?

Dalam kehidupan rumah tangga, selalu dibutuhkan tips mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros. Ini adalah hal yang wajar mengingat pengeluaran dalam rumah tangga terbilang sangat banyak, mulai dari kebutuhan bulanan hingga tagihan dan sebagainya. Bagi mereka yang memiliki gaji tetap, mungkin akan lebih mudah dalam melakukan pengelolaan keuangan rumah tangga. Namun bagaimana dengan mereka yang bergaji kecil? Tentunya akan kesulitan dalam menyimpan uang, khususnya untuk kebutuhan darurat.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Anda akan diajak untuk menyelami beberapa tips yang dapat digunakan dalam mengatur keuangan rumah tangga sehingga tidak mengalami defisit. Adapun tips yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

Selalu Buat Rencana Belanja Bulanan secara Matang

rencana bulanan
rencana bulanan

Tips pertama yakni merencanakan setiap pengeluaran untuk belanja bulanan dengan matang. Hal ini karena terjadinya defisit keuangan rumah tangga dapat dipicu dari perencanaan belanja yang kurang matang sehingga barang-barang yang dibeli bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan keinginan semata.

Untuk melakukan tips yang satu ini, cobalah membuat daftar barang-barang belanjaan setiap bulan. Barang yang masuk dalam daftar belanja itulah yang harus dibeli. Jadi Anda dapat memilah daftar pengeluaran bulanan menjadi 2 yakni kebutuhan sekunder dan tersier. Contoh kebutuhan sekunder adalah makanan, tagihan listrik, transportasi, pulsa, cicilan, dan lain sebagainya. Intinya adalah semua kebutuhan yang harus dipenuhi dalam bulan tersebut. Sedangkan kebutuhan tersier mencakup pembelian baju, hang out bersama keluarga atau rekan, dan sebagainya.

Membeli Barang Bekas yang Masih Layak Digunakan

membeli furniture bekas
membeli furniture bekas

Membeli barang bekas yang masih layak dapat menjadi salah satu faktor yang dapat menghemat anggaran pengeluaran rumah tangga. Contohnya adalah membeli motor/mobil bekas, barang-barang elektronik, furniture, dan sebagainya. Hal ini karena tak sedikit orang yang menjual barang-barang bekas mereka dengan kondisi masih layak digunakan. Anda dapat menemukan semua barang-barang bekas layak dipakai melalui toko online atau forum jual beli.

Dalam melakukan tips yang satu ini, Anda tentu harus menghilangkan rasa gengsi. Selain itu, tanamkan pikiran bahwa hal yang penting dari sebuah barang bukanlah baru atau tidaknya barang tersebut, namun apakah barang itu masih berfungsi baik atau tidak. Dengan begitu, pengeluran rumah tangga dapat lebih dihemat lagi.

Kontrol Penggunaan Kartu Kredit

Seperti yang kita tahu, belanja dengan kartu kredit memang terbilang mudah. Terlebih ada banyak promo yang diberikan ketika menggunakan kartu kredit sebagai media dalam pembayaran. Hal ini tentunya akan sangat membantu terutama bagi Anda yang memanfaatkan kartu kredit secara cerdas.

kontrol kartu kredit
kontrol kartu kredit

Masalahnya, tak semua keluarga yang memiliki kartu kredit dapat mengatur penggunaan kartu kredit. Dengan kemudahaan belanja yang dimiliki oleh kartu kredit, umumnya pengguna kartu ini terjebak keinginan untuk belanja ini dan itu. Padahal kondisi tersebut dapat membuat Anda terjebak dalam utang jangka panjang pada kartu kredit apabila digunakan secara sembarangan. Jadi apabila Anda memang sulit dalam mengontrol penggunaan kartu kredit, sebaiknya jangan pernah sekalipun menggunakan kartu ini.

Kurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Tips mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros yang selanjutnya yakni mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Menggunakan kendaraan bermotor memang memudahkan mobilitas ketika menuju ke suatu tempat, mulai dari ke pusat perbelanjaan hingga ke kantor. Namun apa salahnya berjalan kaki apabila jika tempat tujuan memiliki jarak yang dekat?

Kurangi penggunaan motor
Kurangi penggunaan motor

Meskipun pengeluaran dalam pembelian bahan bakar memiliki nilai yang terbilang cukup rendah apabila dibandingkan dengan pengeluaran rumah tangga yang lain, namun apabila ditotal secara keseluruhan, setidaknya dibutuhkan uang sekitar 300 ribu hingga 500 ribu rupiah setiap bulan untuk membeli bahan bakar, tergantung kendaraan apa yang digunakan. Jika Anda dapat menghemat pengeluaran tersebut, maka budget untuk bahan bakar dapat dialokasikan pada pengeluaran penting lainnya. Selain itu, tubuh Anda juga sehat karena lebih banyak berolahraga dengan berjalan kaki menuju tempat tujuan.

Mengurangi Kebiasaan Makan di Luar Rumah

Sesekali makan di restoran bersama keluarga memang bukan masalah, namun jika terlalu sering melakukan aktivitas ini, bukankah akan memberikan pengaruh pada kondisi keuangan rumah tangga? Hal ini karena umumnya harga makanan di restoran 3 hingga 4 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan memasak makanan sendiri di rumah. Oleh karena itu, mengapa harus makan di luar rumah apabila dapat mengolah sendiri masakan di rumah?

Dengan melakukan tips mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros ini, maka Anda dapat menghemat uang dalam jumlah besar. Pasalnya makanan menjadi salah satu kebutuhan primer yang tentunya harus dipenuhi setiap hari sehingga menghemat pengeluaran pada kebutuhan ini akan sangat membantu kondisi keuangan rumah tangga.

Lunasi Setiap Tagihan Tepat Waktu

tagihan rumah
tagihan rumah

Tips selanjutnya yakni dengan cara melunasi setiap tagihan tepat waktu. Seperti yang kita tahu, dalam kehidupan rumah tangga tentu terdapat berbagai macam tagihan mulai dari listrik, wifi, hingga cicilan barang elektronik dan motor. Semua tagihan tersebut harus dibayar tepat waktu karena jika terlambat, tentu saja Anda harus membayar denda keterlambatan pembayaran. Oleh karena itu, buatlah daftar tagihan apa saja serta kapan tanggal jatuh tempo tagihan tersebut agar Anda tidak terkena denda.

Belanja saat Diskon atau Promo Tiba

Pada umumnya, ibu rumah tangga sangat menyukai datangnya diskon atau promo dalam pembelian sebuah barang. Dengan adanya diskon, maka harga barang tersebut akan menjadi lebih murah. Saat ini, sudah banyak supermarket yang menawarkan diskon baik itu berupa promo pembelian produk ataupun berupa kupon potongan harga pada produk tertentu. Sebagai seorang pengelola keuangan rumah tanggai, seorang istri harus mampu memanfaatkan moment tersebut untuk berbelanja demi memenuhi kebutuhan bulanan.

promo diskon
promo diskon

Meski demikian, jangan pernah lupa untuk memilah barang-barang apa saja yang sekiranya dibutuhkan dalam rumah tangga. Jangan membeli semua barang diskon yang nantinya tidak benar-benar dibutuhkan. Dengan begitu, semua kebutuhan rumah tangga dapat terpenuhi tanpa harus mengeluarkan uang lebih.

Mencari Penghasilan Tambahan

Tips selanjutnya yakni dengan mencari penghasilan tambahan untuk mencukupi semua kebutuhan rumah tangga. Tentu bukan menjadi masalah apabila pendapatan yang diperoleh setiap bulan dapat menutupi semua kebutuhan, namun bagaimana untuk mereka yang hanya memiliki gaji kecil? Oleh karena itu, salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan mencari pekerjaan lain yang dapat memberikan pemasukan tambahan.

Uang Muka
Uang Muka

Adapun pekerjaan yang dapat memberikan penghasilan tambahan adalah pekerjaan paru waktu. Contohnya adalah berjualan pakaian atau kebutuhan rumah tangga secara online. Pekerjaan yang satu ini dapat dilakukan baik oleh suami, istri, ataupun dibantu oleh anak-anak.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatur kondisi keuangan keluarga. Kuncinya adalah bagaimana Anda memilah semua kebutuhan dan memprioritaskan kebutuhan yang sifatnya urgent. Semoga ulasan tentang tips mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros di atas bermanfaat bagi Anda.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

keuangan usaha dan rumah tangga -list belanjaan ibu rumah tangga -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *