8 Tips Berbelanja dengan Kartu Kredit Agar Hemat yang Harus Anda Terapkan

Apabila Anda merupakan salah satu pengguna aktif kartu kredit, tentu saja Anda membutuhkan tips berbelanja dengan kartu kredit agar hemat. Mengapa? Hal ini karena terkadang ketika menggunakan kartu kredit, seseorang tak mengetahui batasan pengeluaran sehingga akan terkejut saat membayar tagihan di bulan berikutnya.

Seperti yang kita tahu, sistem yang diterapkan dalam pembayaran menggunakan kartu kredit sendiri dapat dibilang sangat meringankan. Misalnya ketika Anda ingin berbelanja namun tak memiliki uang, maka Anda dapat menggunakan kartu kredit sebagai media pembayaran. Tagihannya pun tidak langsung dibayarkan pada saat itu juga, namun pada tempo pembayaran di bulan selanjutnya. Dengan kata lain, dengan menggunakan kartu kredit, Anda dapat membeli barang dulu, kemudian membayarnya sebelum tempo tagihan kartu kredit berakhir.

Masalahnya sekarang adalah banyak sekali pengguna kartu kredit yang akhirnya harus gigit jari ketika mengetahui tagihan yang harus dibayarkan sangat banyak. Bahkan tagihan tersebut belum termasuk biaya administrasi kartu kredit. Untuk itulah, bagi Anda pengguna kartu kredit, berikut adalah tips hemat kartu kredit yang dapat Anda lakukan.

Selalu Catat Kebutuhan Belanja Anda

catat kebutuhan Belanja Anda
catat kebutuhan Belanja Anda

Tips pertama adalah Anda harus mencatat semua kebutuhan Anda sebelum berbelanja. Bagi sebagian besar dari Anda mungkin akan berpikir bahwa cara ini terlalu ribet dan menghabiskan waktu. Namun dengan cara ini, setidaknya Anda dapat memilah dan memilih barang atau kebutuhan apa saja yang Anda perlukan. Dengan kata lain, ketika Anda berbelanja, maka pastikan hanya membeli barang yang sangat dibutuhkan nantinya.

Tak hanya itu saja, Anda juga dapat membuat sebuah patokan batas maksimal belanja yang dilakukan dengan kartu kredit. Hal ini agar nantinya Anda memiliki batasan tersendiri selama berbelanja. Perlu diingat bahwa jangan pernah berbelanja melebihi dari batas maksimal dana karena nantinya akan berpengaruh besar pada masalah keuangan Anda. Ini adalah tips berbelanja dengan kartu kredit yang benar-benar harus Anda ingat.

Catat Total Pengeluaran Kartu Kredit

Total Pengeluaran Kartu Kredit
Total Pengeluaran Kartu Kredit

Tips yang selanjutnya adalah dengan mencatat semua pengeluaran yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit. Cara yang satu ini mungkin hanya cocok untuk orang-orang yang rajin dan teliti. Seperti yang kita tahu, setiap proses belanja yang menggunakan kartu kredit, akan ada struk pembelanjaan. Simpan struk tersebut kemudian ketika sudah berada di rumah, buatlah rekapitulasi tentang pengeluaran Anda setiap kali menggunakan kartu kredit.

Ini adalah tips penting lain yang juga harus diperhatikan. Dengan mengetahui nominal belanja menggunakan kartu kredit, maka Anda dapat lebih mengontrol pengeluaran Anda. Selain itu, Anda juga tak perlu lagi terkejut dengan tagihan yang tiba-tiba melonjak drastis akibat keinginan belanja yang tak terkontrol.

Buatlah Jadwal Belanja

Di era perkembangan teknologi internet seperti sekarang, ada banyak sekali toko online yang menawarkan produk-produk menggiurkan beserta diskon yang tentunya akan sangat menggoda. Inilah salah satu hal yang harus Anda hindari agar dapat lebih hemat dalam berbelanja menggunakan kartu kredit. Untuk itu, alangkah baiknya apabila Anda memiliki jadwal belanja rutin. Dengan adanya jadwal belanja, maka Anda dapat menghindari kegiatan belanja yang terlalu sering.

Selalu Manfaatkan Diskon

Tips berbelanja dengan kartu kredit agar hemat yang selanjutnya adalah memanfaatkan diskon atau potongan harga yang berlaku. Saat ini, tak sedikit toko fisik ataupun toko online yang memberikan diskon dengan harga menggiurkan, terutama untuk barang-barang tertentu. Untuk toko online sendiri, biasanya diskon berlaku bagi pengguna kartu kredit sehingga hal ini dapat menjadi kesempatan bagus untuk Anda selama melakukan kegiatan belanja.

diskon belanja
diskon belanja

Meski demikian, Anda juga tetap harus mempertimbangkan tips sebelumnya yakni jangan berbelanja melebihi dana maksimal. Hal ini agar nantinya Anda dapat lebih hemat dalam berbelanja serta tidak terlalu bernafsu dalam membeli barang-barang diskon yang sebenarnya tidak begitu Anda butuhkan. Selain itu, selalu pilih toko yang memberikan diskon lebih tinggi agar pengeluaran Anda dapat lebih ditekan.

Berbelanja di Toko yang Punya Program Credit Card

Sebagai informasi, untuk menarik perhatian orang agar menggunakan kartu kredit, biasanya bank penerbit kartu kredit mengadakan promo pada beberapa tempat perbelanjaan ataupun website online. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang sudah memiliki kartu kredit. Dengan berbelanja di toko fisik maupun toko online yang memiliki program credit card, maka Anda dapat memperoleh diskon besar hingga hadiah menarik lainnya.

toko dengan kartu kredit
toko dengan kartu kredit

Untuk program kerjasama antara penerbit kartu kredit dengan toko biasanya berupa promo-promo pembelian barang. Misalnya ketika membeli barang A, maka Anda dapat memperoleh barang B dengan potongan 50% dan sebagainya. Namun jangan sampai program seperti ini malah membuat Anda boros. Tetap pertimbangkan barang atau kebutuhan apa saja yang benar-benar Anda perlu.

Berbelanja Ketika Kartu Kredit Berada dalam Masa Tenggang

Tips berbelanja dengan kartu kredit agar hemat yang selanjutnya yakni gunakan kartu kredit Anda ketika sedang berada dalam masa tenggang. Mengapa? Hal ini karena ketika masa tenggang berlangsung dan Anda menggunakan kartu kredit tersebut, maka pembayaran dapat ditunda untuk beberapa minggu ke depan. Dengan begitu, maka Anda pun tetap dapat memenuhi kebutuhan meskipun belum gajian.

Manfaatkan Poin Reward

poin reward
poin reward

Tips selanjutnya yakni memanfaatkan poin reward. Poin reward sendiri merupakan poin yang Anda peroleh ketika berbelanja menggunakan kartu kredit. Biasanya besaran poin tergantung dari besarnya nominal belanja Anda. Semakin besar pengeluaran Anda, maka akan semakin besar pula poin rewardnya.

Namun bagi Anda yang jarang berbelanja dengan jumlah besar, tak perlu khawatir karena poin reward sendiri dapat disimpan. Untuk pemanfaatannya, poin reward dapat ditukarkan dengan berbagai voucher belanja, barang, dan sebagainya. Selain itu, poin reward juga dapat digunakan kapan saja sehingga akan sangat membantu Anda dalam berhemat.

Jangan Memiliki Lebih dari 2 Kartu Kredit

Jika dilihat dari ulasan di atas, Anda pasti paham bahwa ada banyak sekali keuntungan yang dapat diberikan oleh kartu kredit. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak memiliki lebih dari 2 kartu kredit, terutama bagi Anda yang suka tergoda untuk berbelanja. Hal ini kaerna semakin banyak kartu kredit yang Anda miliki, maka kemungkinan keinginan belanja Anda pun akan semakin besar.

kartu kredit
kartu kredit

Contohnya seperti ini. Pada minggu pertama Anda menggunakan kartu kredit bank A untuk berbelanja sudah mencapai limit maksimal yakni sebesar 1 juta rupiah. Kemudian pada minggu berikutnya, keinginan Anda untuk berbelanja kembali muncul. Karena kartu kredit bank A sudah mencapai limit, maka Anda akan tergoda untuk menggunakan kartu kredit bank B dan seterusnya. Inilah salah satu tips yang dapat Anda perhatikan agar nantinya dapat hemat dalam berbelanja.

Setidaknya itulah beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan agar dapat lebih hemat dalam mengeluarkan anggaran dengan kartu kredit. Dengan hidup hemat, maka nantinya gaji yang Anda peroleh pun masih dapat ditabung untuk kebutuhan mendesak di masa yang akan datang. Semoga sedikit ulasan tentang tips berbelanja dengan kartu kredit agar hemat di atas bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *