8 Plus Minus Kartu Kredit yang Wajib Anda Ketahui

Mengetahui plus minus kartu kredit mungkin menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan, terutama bagi Anda yang ingin memiliki kartu yang dapat digunakan untuk mempermudah proses jual beli. Dengan adanya kartu kredit, maka Anda tak perlu lagi repot-repot mencari ATM apabila ingin membeli barang namun tak memiliki uang tunai. Anda hanya perlu menggesek kartu kredit Anda dan proses pembelian pun selesai dilakukan.

Meski demikian, tentu Anda mempertimbangkan apakah benar-benar membutuhkan kartu kredit atau tidak. Hal ini karena selain memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mempermudah kegiatan pembayaran, kartu kredit juga memiliki kekurangan yang harus dipertimbangkan. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang apa saja kelebihan dan kekurangan kartu kredit.

Nilai Plus Kartu Kredit

Plus Minus Kartu Kredit
Plus Minus Kartu Kredit

Berbicara tentang plus minus kartu kredit, bagian pertama yang harus Anda ketahui adalah tentang kelebihan atau nilai plus jika memiliki kartu kredit. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1.Proses Belanja akan Lebih Praktis

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan adanya kartu kredit, maka proses pembayaran yang Anda lakukan ketika belanja pun akan menjadi lebih praktis. Hal ini karena Anda tak harus lagi membawa uang tunai yang banyak serta menghitung berapa nominal uang yang harus Anda bayarkan. Cukup tunjukkan dan berikan kartu kredit Anda pada kasir, dan masalah pembayaran belanja pun selesai.

2. Berguna untuk Belanja Online

Tentang kelebihan dan kekurangan kartu kredit, Anda juga pasti sadar bahwa pada era dimana perkembangan internet terjadi sangat cepat, banyak sekali toko online yang menyediakan beragam kebutuhan para konsumen. Dengan begitu, Anda dapat membeli pulsa, perabotan rumah tangga, pakaian, hingga tiket pesawat pada toko online tersebut.

Keuntungannya, ketika Anda memiliki kartu kredit, maka Anda tak perlu lagi repot-repot ke ATM untuk melakukan transfer uang ketika membeli sesuatu. Cukup pilih metode pembayaran dengan kartu kredit dan pesanan Anda pun akan segera diantarkan. Keuntungan lain yang dapat Anda peroleh ketika menggunakan kartu kredit pada online shop adalah biasanya ada banyak diskon atau potongan harga. Dengan begitu, belanja pun akan lebih hemat.

3. Penerbit Kartu Kredit Banyak Memberikan Promo

Nilai plus yang selanjutnya adalah biasanya bank yang menerbitkan kartu kredit akan memberikan promo-promo pada penggunanya. Hal ini dilakukan dengan cara menjalin kerja sama dengan banyak tempat atau pihak-pihak lain agar dapat memberikan promo tersebut. Bagi Anda yang menggunakan kartu kredit, mungkin sudah paham bahwa ada banyak sekali jenis promo yang dapat ditemui mulai dari diskon produk tertentu, pembelian barang dengan cicilan 0%, hingga adanya poin-poin penggunaan kartu kredit yang akan sangat menguntungkan Anda. Mungkin hal inilah yang menjadi plus minus kartu kredit BCA.

4. Dalam Kondisi Keuangan yang Mendesak, Anda Tetap Dapat Membeli Barang

Keuntungan lainnya adalah misalnya pada akhir bulan keuangan Anda sudah menipis, namun Anda tetap dapat membeli barang yang diinginkan. Hal ini karena sistem pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dapat Anda bayar di bulan berikutnya ketika Anda gajian. Dengan begitu, Anda pun tak perlu terlalu khawatir lagi dengan kondisi keuangan Anda.

Nilai Minus Kartu Kredit

Plus Minus Penggunaan Kartu Kredit
Plus Minus Penggunaan Kartu Kredit

Setelah mengetahui tentang kelebihan atau nilai plus dari kartu kredit, kini saatnya Anda mengetahui apa saja kekurangan dari kartu kredit. Hal ini agar nantinya Anda dapat menimbang dengan pasti apakah harus memiliki kartu kredit atau tidak. Adapun kekurangan atau nilai minus kartu kredit adalah sebagai berikut:

1. Tagihan Menjadi Tak Terkendali

Apabila Anda sudah terbiasa menggunakan kartu kredit bahkan melakukan semua pembayaran melalui kartu kredit, mungkin akan sangat terkejut dengan tagihan yang harus dibayarkan pada bulan berikutnya. Hal ini karena terkadang dengan adanya kartu kredit, semua pembelian disepelekan dan tentu saja nominal pastinya tidak dapat Anda hitung kecuali dengan mencatatnya.

Untuk itulah, disarankan bagi Anda pengguna kartu kredit untuk selalu memantau keluarnya uang agar tidak terlalu boros. Sebagai informasi, idealnya penggunaan belanja menggunakan kartu kredit adalah sebesar 30% dari total pendapatan Anda selama satu bulan. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu boros.

2. Terdapat Biaya Administrasi

Biaya administrasi mungkin menjadi plus minus kartu kredit yang selanjutnya. Hal ini karena Anda harus membayarkan sejumlah uang setiap bulannya sebagai biaya administrasi. Dengan kata lain, meskipun Anda tidak menggunakan kartu kredit untuk berbelanja pada satu bulan, Anda tetap harus membayar biaya tersebut.

Tak hanya itu saja, terdapat sistem denda ketika Anda telat membayar tagihan atau yang juga dikenal dengan istilah charge. Sebenarnya denda tersebut tak hanya berlaku ketika Anda telat membayar tagihan saja, namun juga berlaku ketika nominal pengeluaran dalam satu bulan melebihi batas maksimal pengeluaran. Sebagai informasi, untuk nominal denda tersebut terbilang cukup banyak, namun juga tergantung dari kebijakan masing-masing penerbit kartu kredit. Mungkin hal ini juga yang menjadi plus minus kartu kredit mandiri.

3. Ada Kemungkinan Data Kartu Kredit Dibajak atau Diretas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih seperti sekarang memang memiliki kelebihan dan kekurangan bagi pengguna kartu kredit. Kelebihannya adalah semua pendaftaran hingga belanja dengan kartu kredit lebih mudah dilakukan. Sedangkan kekurangannya adalah ada kemungkinan peretasan data pada kartu kredit tersebut.

Sebagai informasi, sudah banyak sekali kasus peretasan kartu kredit yang tentunya akan sangat merugikan penggunanya. Ada beberapa celah yang membuat kartu kredit diretas. Salah satunya adalah ketika Anda memasukkan data tersebut pada website. Ketika data kartu kredit sudah masuk ke dalam sebuah website, maka saat server website tersebut dijebol atau diretas, secara otomatis data kartu kredit Anda pun akan ikut teretas. Dengan begitu, maka hal ini dapat menjadi hal yang sangat merugikan Anda.

4. Kemungkinan Terlilit Hutang

Hal lain yang menjadi poin minus penggunaan kartu kredit adalah pengguna dapat terlilit hutang akibat proses belanja yang tidak terkontrol. Jika pada penjelasan di atas disebutkan bahwa ada batas nominal pembelanjaan, maka masalahnya adalah batas nominal tersebut berbeda-beda di setiap penerbit kartu kredit. Bahkan tak sedikit kartu kredit yang menerapkan batas nominal pembelanjaan yang lebih besar daripada gaji seseorang.

Hal ini tentunya akan memancing seseorang untuk hidup dengan boros karena tagihan kartu kredit dapat dibayarkan pada bulan selanjutnya. Namun apabila hal tersebut terus terjadi, maka risikonya adalah gaji yang Anda miliki seolah hanya diperuntukkan untuk melunasi hutang Anda dalam penggunaan kartu kredit tersebut.

Setidaknya itulah kelebihan dan kekurangan penggunaan kartu kredit yang harus Anda pahami. Dengan begitu, maka kini saatnya memutuskan apakah Anda benar-benar membutuhkan kartu kredit atau tidak. Intinya adalah, selama menggunakan kartu kredit, Anda harus dapat mengontrol pengeluaran sehingga tidak terjadi defisit di kemudian hari. Demikian ulasan tentang plus minus kartu kredit, semoga bermanfaat.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

kekurangan kredit plus -plus minus kartu kredit -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *