8 Cara Investasi Tanah Modal Kecil Jika Ingin Sukses Tanpa Modal Besar

Cara Investasi Tanah Modal Kecil – Ketika laju inflasi melonjak tajam kondisi tersebut hampir pasti diikuti harga kebutuhan yang meroket. Demikian juga dengan harga tanah dan semua jenis properti ikut melambung tinggi. Saat seperti itu kita berpikir tentu cukup sulit terjun ke bisnis investasi tanah karena harganya yang terus merangkak naik. Minimal kita akan berpikir ulang mengingat investasi tanah konon butuh modal yang besar. Benarkah demikian?

Sebenarnya jika kita pelajari dunia investasi lebih dalam, bisnis investasi tanah tidak selamanya harus punya modal besar. Beberapa orang bahkan bisa sukses di bisnis ini tanpa modal sama sekali. Ini mungkin terdengar agak mustahil namun faktanya memang demikian.

Lalu bagaimana cara investasi tanah modal kecil atau bahkan tanpa modal?

Cara Sukses Investasi Tanah Tanpa Modal

investasi tanah
investasi tanah

Modal utama investasi tanah memang dana atau uang namun keterampilan berbicara juga salah satu modal yang sangat berharga. Semua orang dianugerahi kemampuan berbicara sejak kecil dan itu akan jadi modal penting bagi Anda yang ingin sukses berinvestasi tanah dengan modal pas-pasan atau tanpa modal sedikitpun. Apakah hanya modal bicara? Tentu saja tidak. Untuk sukses di bisnis ini Anda harus mengikuti cara investasi tanah tanpa modal berikut ini.

  1. Mulai dari Nol

Dimulai dari nol mungkin sering Anda dengar waktu mengisi BBM di SPBU. Kini kalimat tersebut harus Anda aplikasikan sebagai langkah awal investasi tanah tanpa modal. Yang pertama hilangkan mindset bahwa tanpa modal Anda akan gagal. Sebaliknya yakinkan bahwa Anda mempunyai keahlian lebih dibanding pelaku bisnis lain yang berangkat dari level menengah.

Dengan memulai usaha dari nol Anda lebih banyak belajar tentang cara mengatasi kegagalan. Dan ketika Anda sukses nantinya, hal tersebut akan menjadi titik balik yang membuat Anda puas karena mampu melewati prosesnya. Jadi Anda harus mematahkan mitos bahwa memulai segala sesuatu dari nol itu susah.

  1. Lihat Iklan Sebanyak-banyaknya

Berikutnya Anda cuma diwajibkan untuk memperbanyak melihat iklan. Jika punya modal kecil, simpan modal Anda ambil sebagian untuk beli kuota. Iya, Anda cukup modal kuota untuk melihat iklan-iklan properti di internet. Bahkan iklan-iklan semacam itu juga bisa Anda temukan di media konvensional seperti koran, majalah, blackboard atau spanduk di jalan.

Disini Anda bisa ikut memasarkan tanah yang dijual kepada orang-orang yag membutuhkan. Untuk memperoleh keuntungan saat terjual silakan patok harga lebih tinggi. Selain keuntungan dari selisih harga, besar kemungkinan Anda masih mendapat komisi dari penjual atau pembeli.

  1. Sukses Dimulai dari Lingkungan

Cara investasi tanah modal kecil berikutnya Anda hanya perlu mengamati lingkungan sekitar. Ketika ada orang yang ingin membeli rumah atau menjual rumah, amati dan sebisa mungkin terlibat dalam pembicaraan terkait hal tersebut. Jangan ragu menanyakan secara detail tanah yang dijual atau dicari, dimana lokasinya, ukuran berapa, dan sebagainya.

Cara ini sifatnya nothing to lose karena tidak ada perjanjian Anda harus mencarikan tanah sampai dapat atau menjual tanah sampai laku. Kendati demikian Anda harus tetap rajin dan fokus agar hasilnya memuaskan. Saat memulai bisnis investasi mau tak mau Anda harus belajar menjalankan usaha ini. Ingat modal Anda hanya keterampilan bicara, bukan uang atau saham.

  1. Yakinkan Pembeli dan Cari Calon Penjual

Disini Anda harus berperan layaknya professional broker. Ajaklah pembeli untuk berdiskusi kemudian yakinkan bahwa Anda sanggup membantu mencari tanah sesuai keinginan mereka. Setelah itu tugas Anda tinggal mencari calon penjual.

Untuk mencari tanah yang dijual sebaiknya Anda kembali ke poin 3 yaitu dengan melihat-lihat iklan. Datangi rumah pengiklan dan gali informasi lebih banyak mengenai tanah yang akan dijual. Lokasinya dimana, ukurannya berapa, legalitasnya bagaimana, AJB atau SHM, dan informasi-informasi penting lainnya.

Intinya tawarkan kerjasama yang menguntungkan Anda. Jangan lupa pastikan cara pembayarannya dan berapa komisi yang diberikan jika tanah tersebut berhasil Anda jual. Untuk kerjasama ini ada baiknya ditulis diatas kertas dan bila perlu bubuhi materai dan tanda tangan kedua belah pihak.

  1. Jujur pada Konsumen

Ketika sudah mengikat perjanjian dengan penjual, carilah pembeli yang tepat. Disini dibutuhkan strategi marketing dimana Anda harus mampu memahami dan meyakinkan konsumen. Bukankah Anda dianugerahi keterampilan berbicara?

Yang perlu digarisbawahi, Anda tidak perlu melebih-lebihkan tentang tanah yang akan dijual. Silakan memberi informasi sesuai fakta. Jangan melanggar ini karena Anda harus jujur dalam bisnis apapun. Jika Anda tidak jujur tak ada lagi yang mau menggunakan jasa Anda.

Begitupun dari sisi harga, jangan mencari keuntungan dengan menaikkan harga terlalu tinggi. Kecuali Anda ingin calon pembeli menjauh. Umumnya penjual sudah memperhitungkan komsisi yang Anda dapat jika berhasil menjual tanah mereka. Dengan begitu harusnya perjanjian kerjasama berisi tentang persentase komisi yang diberikan, bukan menaikkan harga tanah diluar harga normal.

  1. Promosi Melalui Website

Media online merupakan wadah promosi paling efektif untuk zero marketing. Anda bisa memasarkan tanah via Facebook, Instagram, Twitter atau sosial media lainnya. Selain itu Anda juga bisa membuat website gratis yang nantinya bisa digunakan sebagai ajang promosi. Website gratis bisa Anda buat di blogger.com atau wordpress.com.

Website tersebut bisa menjadi media interaksi antara pembeli dan penjual. Hanya saja semua kontak harus melalui Anda. Intinya hindari memberi informasi kontak penjual atau pembeli di website. Pemasaran secara online tidak hanya mempermudah pekerjaan tapi juga memperluas jaringan Anda sehingga pembeli dari luar pulau pun bisa melihat tanah yang Anda tawarkan. Jangan lupa menyertakan foto tanah yang dijual lengkap dengan keterangannya.

  1. Buat Brand

Anda harus mulai memikirkan untuk membuat merek usaha jika bisnis tanah modal kecil ini mulai lancar. Ini bukan hal yang wajib namun cukup penting supaya bisnis terlihat profesional. Coba cari brand yang mudah diingat dan yang penting belum digunakan orang lain di bisnis yang sama. Segera daftarkan nama usaha Anda agar sah secara hukum sekaligus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Jika bisnis terlihat profesional maka pembeli atau penjual akan menaruh kepercayaan lebih pada jasa Anda, terlebih jika Anda sukses membuat mereka puas dengan pelayanan yang Anda berikan. Ingat, disini kita sedang membahas cara investasi tanah modal kecil, jadi jika dana benar-benar terbatas coba cari pinjaman ke bank atau kerabat untuk biaya pendaftaran merek usaha Anda. Tentunya dengan komitmen untuk mengembalikannya sesuai kesepakatan.

  1. Sisihkan Sebagian Keuntungan

Anda sudah merasakan bagaimana harus ‘berdarah-darah’ memulai bisnis dari nol. Tentu Anda akan berpikir seribu kali jika ingin menggunakan keuntungan yang didapat untuk kebutuhan yang tidak penting. Untuk itu sisihkan sebagian keuntungan untuk ditabung. Nantinya tabungan ini bisa digunakan untuk memperbesar bisnis Anda. Jangan lupa juga sisihkan sebagian untuk bersedekah. Jika kita ikhlas berbagi rejeki dengan orang lain maka Tuhan juga akan melancarkan rejeki kita.

Demikian poin-poin utama cara investasi tanah modal kecil. Yang harus diingat, sukses secara instant tidak akan berumur panjang, sebaliknya sukses yang sesungguhnya adalah perjalanan menuju proses tersebut. Anda bisa saja gagal namun kegagalan akan menempa Anda menjadi pelaku bisnis yang pantang menyerah.

 

 

 

 

 

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

Tips invesatasi tanah -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *