7 Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa KPR Rumah dengan Mudah

Tips mengatur keuangan agar bisa KPR rumah – Rumah merupakan salah satu bentuk dari kegiatan investasi yang sangat ideal. Hal ini karena rumah masuk dalam kategori investasi properti yang dibutuhkan oleh setiap orang. Tak heran apabila banyak orang mulai berlomba-lomba untuk membeli rumah, baik secara tunai ataupun melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Tips Mengatur Keuangan
Tips Mengatur Keuangan

Meski demikian, banyak juga orang yang kesulitan untuk menabung dan berinvestasi agar dapat KPR rumah. Berbagai alasan muncul, mulai dari kondisi keuangan yang tidak stabil, gaji yang terlalu kecil, dan sebagainya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Anda akan diajak untuk mengetahui trik dan tips mengatur keuangan agar dapat KPR rumah. Apabila Anda penasaran, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Jangan Pernah Menunda, Mulailah Sekarang

Seperti yang kita tahu, menunda-nunda rencana bukanlah hal bijak untuk dilakukan, terlebih Anda memiliki rencana untuk membeli sebuah rumah secara KPR. Biasanya alasan menunda investasi untuk rumah KPR adalah karena harganya yang sangat mahal. Padahal kenyataannya, membeli rumah KPR lebih ringan dibandingkan dengan membeli rumah secara tunai. Selain itu, harga rumah dari tahun ke tahun akan mengalami peningkatan sehingga apabila Anda tak memulainya dari sekarang, maka Anda akan menyesal di kemudian hari.

Bagi Anda yang masih muda, sisihkan penghasilan Anda sedikit demi sedikit dengan tujuan untuk membeli rumah KPR. Sedangkan untuk Anda yang telah berkeluarga, lakukan pembenanan terhadap kondisi keuangan rumah tangga. Masukkan rencana pembelian rumah KPR dalam investasi jangka panjang sehingga nantinya uang yang telah terkumpul dapat digunakan untuk membayar cicilan pembelian rumah KPR tersebut.

Tentukan Nominal yang Tepat

Tips mengatur keuangan agar bisa KPR rumah selanjutnya yakni dengan menentukan nominal tepat yang nantinya digunakan sebagai tabungan. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan gambaran terkait kapan serta bagaimana tabungan tersebut dapat digunakan untuk membeli rumah. Dalam hal ini, Anda juga harus melakukan perhitungan keuangan dengan baik sekaligus menentukan besaran uang yang harus disisihkan dari pendapatan bulanan yang Anda terima.

Cara paling mudah dalam melakukan langkah ini adalah menyisihkan 20% uang dari total pendapatan bulanan. Contohnya ketika pendapatan Anda sebesar 3 juta Rupiah, maka uang yang harus ditabung adalah sebesar 600 ribu Rupiah. Begitu juga dengan orang yang memiliki pendapatan sebesar 5 juta Rupiah/bulan, maka besaran tabungan bulanan adalah 1 juta Rupiah/bulan. Namun apabila ternyata Anda dapat menabung lebih dari itu karena pengeluaran bulanan tidak terlalu besar, maka Anda dapat menaikkan prosentase tabungan hingga 30% per bulan dari pendapatan.

Lunasi Semua Hutang Anda

Apabila ternyata Anda masih memiliki tanggungan hutang, maka Anda harus melunasinya terlebih dahulu. Hal ini karena hutang menjadi salah satu penghambat rencana dalam memiliki rumah KPR. Ketika semua hutang telah lunas, maka proses menabung akan menjadi lebih menyenangkan dan mudah untuk dilakukan karena Anda hanya fokus untuk menabung. Selain itu, apabila tabungan Anda sudah cukup untuk digunakan untuk membayar uang muka pembelian rumah KPR, maka cicilan bulanan rumah tersebut tak akan terkendala.

Menabung dalam Bentuk Emas

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu langkah paling tepat agar Anda dapat memiliki rumah KPR adalah menabung. Hanya saja menabung dalam bentuk uang memiliki risiko yang cukup besar seperti mudah diambil untuk memenuhi hasrat atau keinginan membeli barang yang tak terlalu penting. Oleh karena itu, jika Anda ragu untuk menabung dalam bentuk uang, cobalah menabung dalam bentuk emas.

Sekedar informasi, alasan mengapa tabungan emas digemari oleh masyarakat Indonesia sebagai investasi jangka panjang adalah karena nilai emas cenderung stabil dan tak terpengaruh oleh infllasi sekalipun. Selain itu, setiap tahunnya harga emas selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan sehingga Anda dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar dengan tabungan emas.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan produk investasi tabungan emas mulai dari bank konvensional, bank syariah, hingga pegadaian. Anda dapat memilih besaran emas yang diinginkan kemudian membayarnya secara tunai atau dengan sistem tabungan. Untuk sistem tabungan emas, Anda dapat menabung sedikit demi sedikit hingga total uang dalam tabungan cukup untuk membeli emas yang disesuaikan dengan besaran tabungan tersebut. Apabila Anda tertarik dengan sistem ini, pelajarilah seluk beluk tabungan emas secara mendalam terlebih dahulu.

Kelola Pengeluaran Anda secara Ketat

Tips mengatur keuangan agar bisa KPR rumah berikutnya yakni dengan pengelolaan keuangan secara ketat. Hal ini karena terkadang seseorang mudah sekali mengeluarkan uang tanpa perhitungan yang baik. Ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang akan memberikan dampak besar pada kondisi perekonomian, khususnya bagi Anda yang memiliki rencana untuk memiliki rumah KPR. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda melakukan pengelolaan pengeluaran harian dan bulanan secara ketat agar tidak menghambur-hamburkan uang secara sia-sia.

Di samping itu, Anda juga harus berlatih untuk hidup hemat. Ini adalah tantangan terbesar untuk mereka yang biasa berbelanja sesuka hati. Anda tak boleh menyepelekan hal ini agar tidak berimbas buruk di kemudian hari. Hal ini karena hidup hemat akan membantu keuangan Anda di masa yang akan datang. Biasakan hidup hemat dan selalu sisihkan uang sisa setiap hari atau setiap bulan yang nantinya dapat dialokasikan dalam tabungan Anda.

Targetkan Uang Muka

Setelah uang yang ditabung telah cukup banyak, maka saatnya Anda mulai untuk menargetkan besaran uang muka yang harus dibayarkan dalam membeli rumah KPR. Untuk besaran uang muka yang dibutuhkan, masing-masing penyedia produk rumah KPR memiliki kebijakan tersendiri, tergantung dari berapa lama cicilan kepemilikan rumah dan juga tipe serta besarnya rumah tersebut.

Akan lebih baik apabila jangka waktu menabung dan membayar uang muka untuk rumah KPR tidak lebih dari 2 tahun. Mengapa? Hal ini karena harga rumah akan mengalami kenaikan yang cukup drastis setiap tahunnya. Jadi Anda juga tak boleh membuang-buang waktu jika memang dirasa terdapat uang cukup untuk membayar uang muka rumah KPR tersebut.

Pilih Rumah KPR sesuai Kemampuan Keuangan Anda

Tips yang selanjutnya yakni memilih rumah KPR yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Hal ini karena harga rumah KPR juga dipengaruhi oleh seberapa strategis rumah tersebut dan bagaimana kondisi lingkungan sekitarnya. Apabila Anda memang memiliki nominal yang tidak begitu banyak dan sudah berhasrat untuk memiliki sebuah rumah, maka pilihlah rumah KPR yang berada di pinggiran kota dengan harga miring.

Namun hal ini juga akan memberikan efek jangka panjang mengingat rumah KPR tersebut akan Anda jadikan sebagai tempat tinggal Anda selamanya. Jadi apabila Anda dapat bersabar lebih lama hingga tabungan uang muka rumah KPR mencukupi, sebaiknya pilih rumah yang strategis dan tidak begitu jauh dari lingkungan kerja Anda.

Itulah beberapa cara dan tips mengatur keuangan agar bisa KPR rumah, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *