7 Tips Investasi Valuta Asing bagi Pemula

Hampir semua orang yang ingin terjun ke dalam dunia investasi mata uang pasti membutuhkan tips investasi valuta asing bagi pemula. Mengapa? Hal ini karena meskipun terlihat mudah dilakukan, namun nyatanya investasi valuta asing dapat memberikan risiko kerugian yang cukup besar apabila cara investasi yang dilakukan salah.

Untuk informasi, investasi valuta asing merupakan kegiatan investasi dengan menggunakan mata uang luar negeri, dalam hal ini yang paling populer adalah US dollar. Investasi valuta asing dapat dikategorikan sebagai bentuk investasi yang tradisional selain emas. Adapun cara berinvestasi valuta asing dapat langsung membeli mata uang di bank ataupun dengan trading di forex.

Bagi Anda yang memnag benar-benar tertarik dengan jenis investasi ini, ada beberapa tips investasi valuta asing yang harus Anda pahami. Dengan begitu, kemungkinan Anda sukses berinvestasi akan semakin besar.

Mengurangi Risiko Kerugian dengan Belajar

Investasi Valuta Asing
Investasi Valuta Asing

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa banyak orang yang menganggap investasi valuta asing mudah dilakukan. Bahkan tak sedikit orang yang sukses hanya dengan modal coba-coba. Namun bagi Anda yang masih pemula, apa salahnya belajar memahami cara kerja investasi valuta asing demi mengurangi risiko kerugian yang besar. Benar, kan?

Saat ini sudah banyak sekali buku-buku yang menjelaskan langkah-langkah jitu berinvestasi valuta asing. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda yang masih pemula agar berinvestasi secara benar pada tempat-tempat yang menguntungkan dan keuntungan pun akan mengikuti Anda.

Perhatikan Kurs

Tips investasi valuta asing bagi pemula yang kedua adalah memperhatikan kurs. Anda juga pasti tahu bahwa dalam dunia investasi valuta asing, kurs memiliki peranan yang sangat besar untuk menentukan apakah Anda mengalami keuntungan atau kerugian dari investasi ini.

Kurs merupakan nilai tukar yang berlaku untuk setiap mata uang yang ada di dunia. Setidaknya terdapat dua macam kurs, yakni kurs jual dan kurs beli. Meskipun menjadi poin yang sangat penting, namun tak sedikit orang yang tidak dapat membedakan tentang kurs jual dan kurs beli.

Kurs mata uang
Kurs mata uang

Kurs jual adalah nilai tukar yang diterapkan saat Anda menjual mata uang pada bank, money changer, atau lembaga keuangan. Dapat dikatakan pula bahwa kurs jual merupakan nilai tukar yang berlaku saat bank, money changer, dan lembaga keuangan menjual mata uang kepada investor.

Sedangkan kurs beli adalah nilai tukar yang berlaku ketika Anda ingin menjual uang tersebut. Ini adalah kebalikan pengertian dari kurs jual. Saat Anda sudah memahami kedua hal ini, rasanya Anda sudah siap untuk berinvestasi valuta asing.

Beli Mata Uang Asing di Tempat Terpercaya

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa harus membeli mata uang asing di tempat-tempat khusus? Bukankah semua uang sama saja? Iya, menurut Anda. Padahal saat ini tak sedikit kasus dimana uang asing yang dibeli adalah uang palsu.

Hal ini sangat penting untuk diketahui, terutama bagi Anda yang masih belum pernah melihat bentuk fisik mata uang asing tersebut. Untuk itulah, sebagai saran, sebaiknya pilih bank atau money changer terpercaya dan memiliki sertifikat. Dengan begitu, risiko Anda mendapatkan kerugian dapat dikurangi.

Memahami Aturan Main yang Berlaku

Apakah Anda tahu bahwa pihak bank atau lembaga keuangan dan money changer tak menerima mata uang asing yang memiliki fisik cacat/rusak? Ya, inilah salah satu hal yang harus Anda ketahui. Pasalnya tak sedikit orang yang lebih suka menyimpan mata uang asing di dompet sebagai hal yang membanggakan. Padahal dompet dapat dikatakan sebagai tempat penyimpanan terburuk untuk mata uang asing.

money-changer
money-changer

Adapun risiko yang dapat dialami ketika mata uang asing yang dimiliki oleh seseorang ternyata cacat adalah nilai tukarnya akan lebih rendah. Bahkan apabila kerusakan fisik mata uang asing terbilang serius, tak ada satu pun pihak penukaran mata uang yang akan menerima uang tersebut.

Untuk itulah, apabila Anda ingin menyimpan valuta asing di tempat yang aman, maka bank atau lembaga keuangan menjadi tempat paling tepat. Setidaknya terdapat dua keunggulan yang akan diberikan oleh bank ataupun lembaga keuangan. Pertama, semua investasi yang Anda simpan akan dijamin keamanannya. Kedua, apabila investasi valuta asing tersebut sekaligus didaftarkan dalam bentuk deposito, maka Anda juga dapat memperoleh bunga sesuai nominal investasi yang dimiliki.

Tahu Kapan Harus Membeli dan Menjual

Tips investasi valuta asing bagi pemula yang berikutnya adalah Anda harus mengetahui waktu tepat untuk membeli atau menjual investasi valuta asing yang dimiliki. Seperti yang kita tahu bersama bahwa nilai mata uang jarang stagnan dan lebih sering naik turun. Untuk nilai mata uang asing sendiri, sebenarnya bergantung pada kondisi ekonomi makro sebuah negara yang bersangkutan.

jual beli valuta asing
jual beli valuta asing

Contohnya adalah ketika Indonesia mengalami krisis moneter di tahun 1997, nilai rupiah terjun bebas. Sebaliknya, nilai dollar kemudian naik drastis. Pada saat itulah para investor valuta asing mendapatkan keuntungan berlipat ganda karena mata uang dollar yang mereka miliki nilainya naik.

Setidaknya seperti itulah contoh tepat kapan Anda harus menjual valuta asing. Tips lainnya adalah perhatikan kurs jual/beli valuta asing. Apabila kurs jual mata uang asing terhadap rupiah rendah, maka saat itu pula Anda harus membelinya. Sebaliknya, Anda dapat menjual investasi valuta asing ketika kurs belinya sedang naik. Oleh karena itulah penting kiranya terus memantau perkembangan kurs jual/beli valuta asing.

Gunakan Dana yang Tak Terpakai

Karena investasi valuta asing memiliki risiko yang cukup besar, maka sebaiknya Anda gunakan dana yang tak terpakai untuk berinvestasi. Jadi jangan terlalu memaksakan berinvestasi valuta asing apabila ternyata dana yang Anda miliki pas-pasan. Hal yang dikhawatirkan adalah apabila ternyata nilai valuta asing yang Anda investasikan mengalami penurunan drastis sehingga akan merugikan Anda.

Namun apabila Anda yakin bahwa investasi ini akan membawa keuntungan besar ke depannya, tentu tak ada salahnya berinvestasi. Kondisi ini dapat diartikan apabila keadaan ekonomi dan keuangan negara yang bersangkutan, misalnya Amerika Serikat, sedang tidak stabil sehingga menyebabkan nilai dollar turun. Maka pada saat itu pulalah investasikan dana Anda untuk membeli dollar sebanyak mungkin. Kemudian simpan investasi tersebut dalam jangka waktu tertentu hingga nilai tukar dollar kembali seperti semula.

Investasi Valuta Asing secara Berkala

Investasi Valuta Asing
Investasi Valuta Asing

Tips investasi valuta asing bagi pemula yang terakhir adalah usahakan bahwa langkah Anda dalam berinvestasi dilakukan secara berkala. Setidaknya dalam jangka waktu sebulan sekali belilah mata uang asing yang nantinya akan digunakan untuk investasi. Hal ini perlu dilakukan agar keuntungan yang Anda peroleh tetap stabil.

Setidaknya itulah beberapa tips investasi valuta asing yang harus benar-benar Anda pahami dan kuasai. Tips di atas berlaku untuk semua mata uang asing, tak hanya dollar Amerika saja sehingga bagi Anda yang ingin mencoba berinvestasi mata uang lain seperti Euro dan lain sebagainya. Demikian sedikit ulasan tentang tips investasi valuta asing bagi pemula, semoga bermanfaat.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

BELAJAR INVESTASI VALUTA ASING -Simpan mata uang negara asing di dompet -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *