7 Tips Investasi Dollar atau Investasi Emas bagi Pemula

Pengetahuan tentang Investasi dollar atau investasi emas bagi pemula sangat dibutuhkan bagi mereka yang memang berniat untuk melakukan investasi demi masa depan keuangan yang lebih. Namun tak banyak orang yang tahu bagaimana cara berinvestasi emas ataupun dollar yang dapat membawa keuntungan. Untuk itulah, bagi Anda yang masih pemula di dunia investasi, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam berinvestasi emas ataupun dollar.

Tips Memulai Investasi Emas bagi Pemula

Seperti yang kita tahu, investasi emas memang cenderung lebih menguntungkan apabila dibandingkan dengan bentuk investasi lainnya seperti bangunan atau mata uang asing, dalam hal ini Dollar US. Hal ini karena nilai emas yang dapat dikatakan lebih stabil bahkan tak akan terpengaruh dengan inflasi. Dengan kata lain, apabila sebuah negara terkena inflasi sekalipun, harga emas tak akan terlalu terkena imbasnya.

Investasi Emas atau dollar
Investasi Emas atau dollar

Hanya saja, emas yang memiliki nilai cukup stabil berlaku untuk emas batangan atau emas dari PT ANTAM. Sedangkan untuk emas perhiasan, nilainya agak kurang stabil. Hal ini karena biaya pembuatan emas perhiasan tergolong lebih mahal namun harga jualnya sama dengan harga emas di hari yang sama.

Lantas bagaimana tips investasi emas bagi pemula?

Jangan Perhatikan Nominalnya, Mulai Investasi Sekarang

Ketika seseorang ingin mulai berinvestasi, terkadang hal yang dipertimbangkan adalah total dari investasi emas tersebut. Padahal apabila Anda terlalu fokus pada nominal totalnya, tentu Anda akan berpikir seberapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membeli emas. Untuk itulah, jangan ragu memulai investasi di saat Anda memiliki sedikit uang.

Investasi Emas vs dollar
Investasi Emas vs dollar

Saat ini, sudah banyak sekali perusahaan investasi baik itu berupa bank ataupun pegadaian yang menawarkan program kredit emas. Program inilah yang dapat Anda manfaatkan. Dengan membeli emas menggunakan sistem kredit/cicilan, maka sedikit demi sedikit uang yang Anda tabungkan dapat membeli emas yang diinginkan. Inilah salah satu tips investasi dollar atau investasi emas bagi pemula yang harus benar-benar dilakukan.

Selalu Pantau Harga Emas

Sebagian besar masyarakat saat ini tidak suka melihat naik turunnya harga emas di pasaran. Padahal ini adalah salah satu hal yang perlu diketahui ketika ingin berinvestasi. Untuk Anda yang masih muda mungkin suka melihat kondisi harga emas. Ini karena adanya fasilitas internet yang mudah diakses. Namun bagi Anda yang sudah tua namun tetap ingin mengetahui update harga emas, Anda hanya perlu memastikan harga emas di toko-toko emas ataupun perusahaan lain yang menyediakan program transaksi emas.

Lakukan Transaksi Emas di Tempat Terpercaya

Ini adalah tips yang tak boleh dilewatkan sedikitpun. Menilik dari metode penjualan emas secara konvensional, maka Anda harus membawa uang tunai ke sebuah toko. Dari sinilah terdapat banyak kasus dimana para penjual emas menipu pembeli. Apabila pembeli tidak teliti, tentu saja emas akan dengan mudah tertipu.

Transaksi Emas di bank
Transaksi Emas di bank

Berbicara mengenai tempat terpercaya dalam transaksi emas, kini sudah ada bank konvensional ataupun bank syariah serta pegadaian yang dapat menjamin transaksi emas yang Anda lakukan aman dan terpercaya. Semua informasi valid tentang emas tersebut dapat Anda peroleh karena memiliki sertifikat yang berisi nomor ID emas, kadar, berat, dan ukuran emas yang sesuai.

Memulai Investasi Dollar

Berbicara tentang tips investasi dollar atau investasi emas bagi pemula, Anda juga harus mengetahui tips terbaik untuk berinvestasi mata uang asing yang satu ini. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa investasi berbentuk dollar memang cenderung memiliki harga yang kurang stabil apabila dibandingkan dengan investasi emas. Meski demikian, tak sedikit orang yang masih berminat investasi dollar karena memang dapat dibilang cukup menguntungkan.

Selain emas, investasi berbentuk dollar saat ini juga sudah diterapkan di bank-bank konvensional maupun bank syariah. Salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik berinvestasi dalam bentuk dollar adalah karena bunga tabungan untuk mata uang asing ini tergolong lebih rendah.

Setidaknya terdapat dua keuntungan yang dapat Anda peroleh saat memutuskan untuk berinvestasi dollar. Pertama adalah dollar merupakan mata uang yang digunakan di banyak negara di dunia. Kedua, dengan memiliki investasi berbentuk dollar, maka daya beli saat nilai tukar rupiah jatuh dapat lebih dipertahankan.

Contohnya adalah saat terjadi krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1997. Pada saat itu, mereka yang memiliki investasi dollar mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda karena nilai tukar rupiah terhadap dollar terjun bebas.

Untuk tips berinvestasi dollar, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

Pahami Istilah Kurs Jual dan Kurs Beli Dollar

Dalam tips investasi dollar atau investasi emas bagi pemula, memahami kurs yang berlaku menjadi kewajiban setiap calon investor. Tak hanya untuk dollar saja, emas pun juga memiliki kurs yang harus diperhatikan. Untuk mengetahui naik turunnya kurs dollar, ada dua cara yang dapat Anda lakukan.

Kurs Jual dan Kurs Beli Dollar
Kurs Jual dan Kurs Beli Dollar

Pertama adalah melihat kurs dollar melalui internet. Dan yang kedua adalah datang ke bank ataupun money changer. Di sana akan terdapat informasi mengenai kurs dollar. Dengan memahami kurs tersebut, maka Anda tak akan salah memahami istilah kurs jual dan kurs beli.

Kurs jual adalah nilai atau harga yang ditawarkan oleh bank ataupun money changer saat menjual dollarnya. Sedangkan kurs beli adalah nilai atau harga yang berlaku apabila Anda menjual dollar pada bank atau money changer. Sebagai informasi, nilai kurs beli selalu lebih rendah apabila dibandingkan dengan kurs jual.

Jangan Simpan Dollar Terlalu Lama

Hal penting lain yang harus Anda ketahui adalah apabila bentuk dari fisik dollar mengalami kerusakan atau cacat, maka nilainya dapat berkurang. Untuk itulah, jangan terlalu lama menyimpan uang dollar di tempat-tempat yang kurang mendukung seperti dompet.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Solusi terbaik adalah menyimpan uang dollar tersebut di bank-bank terpercaya. Dengan begitu, maka Anda tak perlu takut lagi dengan kegiatan investasi yang satu ini.

Bandingkan Nilai Jual Dollar

Bandingkan Nilai Jual Dollar
Bandingkan Nilai Jual Dollar

Tips lain yang Anda lakukan adalah membandingkan nilai tukar uang tersebut dari tempat-tempat penukaran uang. Hal ini karena antara satu bank atau money changer memiliki nilai tukar yang berbeda-beda. Untuk itulah, carilah tempat yang memiliki kurs jual terendah. Sebaliknya, tukarkan uang investasi yang Anda miliki dengan dollar ketika kurs beli berada pada posisi tertinggi.

Beli Nilai Dollar secara Reguler

Saat memutuskan untuk berinvestasi dollar, belilah dollar secara reguler. Setidaknya beli dollar setiap sebulan sekali. Dengan begitu, maka nilai dollar yang Anda miliki akan lebih merata dan tak terpatok oleh satu harga saja. Tips yang satu ini sangat berguna untuk mengantisipasi apabila nilai dollar jatuh secara tiba-tiba.

Dengan mengikuti beberapa tips tersebut, langkah investasi emas ataupun dollar yang Anda lakukan dapat berjalan secara maksimal. Itulah beberapa tips investasi dollar atau investasi emas bagi pemula yang layak dicoba.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

cara investasi dollar pemula -investasi emas atau dollar -investasi dollar vs emas -investasi dollar -Investasi dolar -invest emas atau dollar -inveatasi emas atau dollar? -emas vs dolar -Emas dan dollar -menabung emas atau dollar -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *