7 Plus Minus Investasi Dollar dan Tips Menjalankannya

Plus minus investasi dollar – Seperti yang kita tahu, dollar merupakan mata uang asing yang sangat populer. Mata uang yang satu ini digunakan di banyak negara di dunia. Selain itu, dollar menjadi cepat terkenal karena nilai tukarnya yang cenderung cukup stabil bahkan menguat dari waktu ke waktu. Tak heran banyak orang yang mulai berinvestasi dalam bentuk dollar.

Sebagai informasi, investasi dollar merupakan jenis investasi yang mirip dengan tabungan. Hal yang membedakan hanyalah uang yang digunakan yakni dollar Amerika yang nilainya cenderung lebih tinggi apabila dibandingkan dengan investasi mata uang rupiah. Anda tentu sudah sangat paham dan familiar dengan jenis investasi yang satu ini.

Apabila Anda menabung atau berinvestasi mata uang dollar pada bank atau lembaga keuangan, maka Anda akan mendapatkan keuntungan berupa bunga. Sedangkan apabila Anda menyimpannya di rumah, maka keuntungan yang dapat diperoleh adalah tergantung dari nilai tukar atau kurs. Setelah mengetahui hal tersebut, berikut adalah plus minus investasi dollar.

4 Keuntungan Investasi Dollar

Seperti yang telah sedikit diulas di atas, ada dua keuntungan yang paling menonjol dari dari investasi dollar. Namun selain dua keuntungan di atas, terdapat beberapa keuntungan lain dari investasi dollar. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Selisih Kurs Jual/Beli

Keuntungan pertama yang dapat Anda peroleh adalah dari selisih harga atau kurs jual/beli dollar tersebut. Hal ini karena bermain dalam dunia investasi mata uang, kurs jual/beli menjadi faktor utama yang dapat menentukan apakah Anda mengalami keuntungan ataupun kerugian.

Selisih Kurs Jual Beli
Selisih Kurs Jual Beli

Berbicara tentang kurs jual/beli, salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dari naik turunnya kurs dollar adalah belilah dollar ketika kurs jual rendah dan jual kembali ketika kurs beli sedang tinggi.

Sebagai informasi, kurs jual adalah nilai tukar yang berlaku ketika pihak bank/money changer/lembaga keuangan menjual dollar tersebut. Sebaliknya, kurs beli adalah nilai tukar yang berlaku saat bank/money changer/lembaga keuangan membeli dollar tersebut. Dengan kata lain, patokan yang digunakan adalah dari sisi bank tersebut. Sebenarnya prinsip permainan kurs ini juga digunakan oleh para pemain dalam dunia forex (foreign exchanger).

Bunga Bank

Keuntungan kedua yang Anda peroleh adalah dari bunga/interest bank. Jadi apabila Anda menabung dollar di bank dengan mengikutkan tabungan tersebut dalam program deposito, maka Anda akan memperoleh keuntungan berupa bunga yang dihitung tergantung banyaknya tabungan dollar yang Anda miliki.

Tabungan dollar ini biasanya dimanfaatkan oleh mereka yang hanya sekedar berinvestasi ataupun mempersiapkan perjalanan ke luar negeri baik untuk pendidikan, liburan, ataupun ibadah.

Antisipasi Terjadinya Inflasi

Selain dua keuntungan di atas, plus minus investasi dollar adalah tentang upaya antisipasi terhadap terjadinya inflasi yang melanda sebuah negara. Hal ini karena seperti yang diungkapkan di atas, nilai dollar cenderung lebih stabil karena digunakan sebagai mata uang resmi di banyak negara. Dengan begitu, nilainya tak akan mudah jatuh.

antisipasi inflasi
antisipasi inflasi

Mengenai antisipasi terjadinya inflasi, contohnya adalah ketika Indonesia mengalami kejadian krisis moneter pada tahun 1997 lalu. Pada saat itu, nilai tukar rupiah terhadap dollar merosot tajam. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi mereka yang telah memiliki investasi mata uang asing berupa dollar. Tak hanya itu saja, beberapa tahun lalu nilai tukar rupiah terhadap dollar juga pernah menurun menjadi Rp 15.000 untuk USD 1. Pada saat itu, banyak pemilik dollar yang menjual investasi dollar yang dimilikinya karena harganya sedang naik. Inilah salah satu keuntungan investasi dollar yang sangat menjanjikan.

Dollar Berlaku di Banyak Negara

dollar
dollar

Anda tentu sudah paham bahwa tak hanya di Amerika saja, dollar pun digunakan sebagai mata uang di sebagian besar benua Eropa, Amerika, dan Afrika. Dengan begitu, apabila Anda gemar berbelanja barang-barang import luar negeri, memiliki dollar akan memberikan keuntungan tersendiri. Pasalnya barang-barang luar negeri yang masuk ke Indonesia cenderung memiliki selisih harga yang cukup besar dibandingkan harga asli barang tersebut di negara asalnya.

3 Kerugian Investasi Dollar

kerugian investasi dollar
kerugian investasi dollar

Sebagai sebuah kegiatan investasi, tentu saja dollar juga memiliki beberapa faktor kerugian yang mungkin dapat dialami oleh para investor. Di antara kerugian yang dapat Anda alami adalah sebagai berikut:

Kurs Jual dan Beli

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kurs jual/beli menjadi plus minus investasi dollar. Hal ini karena nilai mata uang akan terus bergerak sehingga kadang naik, stagnan, bahkan turun. Meskipun dollar cenderung memiliki nilai tukar yang stabil, namun tak menutup kemungkinan akan terjadi penurunan dollar.

Hasil Investasi Kurang Maksimal

Kerugian selanjutnya terjadi apabila hasil investasi kurang maksimal. Maksudnya seperti ini. Apabila Anda menyimpan dollar tersebut pada bank atau lembaga keuangan, meskipun mendapatkan bunga, namun tentu saja hal ini dapat dikategorikan kurang maksimal. Mengapa? Ini karena bunga yang Anda peroleh tidaklah seberapa dibandingkan dengan jumlah dollar yang simpan di bank atau lembaga keuangan.

Kerusakan Dollar secara Fisik

Sebagai informasi, nilai tukar dollar juga sangat dipengaruhi oleh bentuk fisiknya. Jadi apabila dollar yang Anda miliki sobek, rusak, lubang, dan sebagainya, maka nilai tukarnya akan turun. Bahkan tak sedikit kasus dimana money changer atau bank menolak dollar yang telah rusak fisiknya.

dollar rusak
kerusakan dolar

Untuk itulah, apabila Anda menyimpannya di rumah pada tempat penyimpanan khusus seperti brankas, tentu hal ini tak akan menjadi masalah. Namun bagaimana apabila Anda terlalu lama menyimpan dollar dalam dompet? Pasti akan mudah rusak, kan? Oleh karena itu, menyimpan uang di bank atau lembaga keuangan menjadi cara paling aman dan tepat untuk dilakukan.

Tips Investasi Dollar

Setelah mengetahui plus minus investasi dollar, kini saatnya Anda memahami beberapa tips yang dapat  dilakukan dalam berinvestasi dollar. Di antaranya adalah:

Pahami dan Kuasai Kurs Jual/Beli

Kurs mata uang
Kurs mata uang

Tips pertama adalah kuasai tentang kurs jual dan beli dollar. Hal ini karena kurs menjadi poin paling penting yang harus diperhatikan sehingga Anda tahu waktu yang tepat untuk membeli atau menjual dollar. Selain itu, pahami juga siklus kenaikan dollar. Untuk memahami hal ini, Anda dapat belajar dan membaca naik tidaknya kurs jual/beli dollar dari sisi ekonomi negara pengguna dollar.

Belilah Dollar secara Berkala

kerugian investasi dollar
kerugian investasi dollar

Ada yang menganggap bahwa membeli dollar hanya pada saat dimana nilai dollar benar-benar dalam keadaan murah. Meskipun cara ini tak dapat dikatakan salah, namun alangkah baiknya apabila Anda membeli dollar secara berkala. Maksudnya adalah tetap investasikan sebagai uang Anda untuk membeli dollar, meskipun kurs jual dollar hanya mengalami sedikit penurunan saja.

Hal ini penting dilakukan agar hasil investasi yang Anda lakukan dapat benar-benar berjalan secara optimal. Selain itu, Anda tak akan terpatok pada satu harga dollar saja. Setidaknya belilah dollar selama sebulan sekali atau sebulan dua kali. Cara ini juga cocok dilakukan untuk untuk mengantisipasi terjadinya penurunan nilai dollar secara tiba-tiba. Dengan begitu, maka Anda tak akan mengalami kerugian yang cukup besar karena harga dollar yang Anda beli tidaklah sama.

Batasi Jangka Waktu Penyimpanan Dollar

batasi menyimpan dollar
batasi menyimpan dollar

Mengenai batas waktu penyimpanan investasi berupa dollar, jangka waktu yang direkomendasikan adalah selama 1 tahun. Dalam arti bahwa selama satu tahun tersebut, jangan pernah menukar dollar tersebut dengan rupiah. Dengan begitu, maka nilai keuntungan yang dapat Anda peroleh akan cenderung lebih tinggi dan stabil.

Itulah beberapa tips serta plus minus investasi dollar, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *