7 Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta untuk Kemerdekaan Finansial Anda

Cara mengatur keuangan gaji 3 juta Rupiah memang cukup sulit dilakukan bagi sebagian besar orang. Mengapa? Hal ini karena dengan kenaikan berbagai harga, gaji sebesar 3 juta dapat dikatakan pas-pasan. Oleh karena itu, Anda harus memahami cara pengelolaan uang yang tepat agar gaji 3 juta tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal demi kemerdekaan finansial. Adapun cara untuk mengatur keuangan dengan gaji 3 juta adalah sebagai berikut.

Mengalokasikan Gaji secara Bijak

Alokasikan Gaji
Alokasikan Gaji

Kesuksesan Anda dalam mengatur pendapatan bulanan yang minim dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah bagaimana cara Anda dalam mengalokasikan gaji tiap bulan secara bijak. Pada umumnya, perencanaan keuangan yang matang dilakukan dengan cara mengalokasikan sekitar 70 persen untuk digunakan segala biaya hidup sehari-hari termasuk tagihan. Adapun 10 persen sisanya dialokasikan untuk investasi, 10 persen untuk tabungan, dan sisanya untuk dana mendesak.

Jadi dengan gaji 3 juta Rupiah, uang sebesar 2,1 juta digunakan untuk biaya hidup. Kemudian sisa uang sebesar 900 ribu dibagi untuk masing-masing bidang seperti investasi, dana darurat, dan tabungan sebesar 300 ribu Rupiah. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki gaji lebih dari itu. Poin pentingnya adalah terapkan pembagian alokasi gaji dengan perhitungan di atas demi kondisi keuangan yang lebih baik.

Selalu Mempersiapkan Dana Darurat

Cara mengatur keuangan gaji 3 juta yang selanjutnya yang selalu mengalokasikan uang untuk dana darurat. Seperti namanya, dana darurat merupakan dana yang digunakan dalam kondisi mendesak. Jenis dana yang satu ini dapat menjadi back up finansial Anda ketika terjadi hal-hal tak terduga seperti bencana, kecelakaan, sakit, dan lain sebagainya.

Dana darurat
Dana darurat

Idealnya, Anda harus dapat mempersiapkan dana darurat yang digunakan untuk kebutuhan dadakan dalam 2 hingga 3 bulan ke depan. Contohnya adalah Anda menghabiskan uang sekitar 2,1 juta Rupiah setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Maka untuk dana darurat, maka setidaknya Anda harus mempersiapkan dana darurat sebesar 4,2 juta hingga 6,3 juta Rupiah. Sumber dari dana darurat berasal dari alokasi dana seperti yang telah dijelaskan di atas. Untuk itu, mulai dari sekarang cobalah sedikit demi sedikit menyisihkan gaji 3 juta Anda yang nantinya diperuntukkan pada dana darurat.

Menabung di Awal Gajian

Cara yang selanjutnya yakni dengan menabung di awal gajian. Hal ini karena pada umumnya uang gaji baru akan dimasukkan dalam tabungan ketika semua kebutuhan bulanan dapat dipenuhi. Padahal kebiasaan tersebut memiliki risiko yang cukup tinggi dalam menghabiskan gaji bulanan Anda.

Oleh karena itu, ketika gaji bulanan Anda turun, pertama-tama sisihkan uang untuk tabungan. Dengan begitu, maka Anda dapat lebih menghemat pengeluaran Anda karena secara otomatis nominal uang yang dapat dibelanjakan diminimalisir. Dalam hal ini, buatlah rekening terpisah untuk gaji dan tabungan. Apabila Anda telah berkeluarga, titipkan rekening khusus tabungan pada istri. Mintalah pada istri Anda untuk menyimpan rekening tersebut agar tidak digunakan pada hal-hal yang kurang bermanfaat. Namun jika Anda belum berkeluarga, maka titipkan rekening tabungan pada orang tua.

Hindari Melakukan Pinjaman atau Kredit

No Credit Card
No Credit Card

Cara mengatur keuangan gaji 3 juta yang selanjutnya yakni dengan menghindari kredit atau pinjaman. Seperti yang kita tahu, pinjaman atau kredit dilakukan sebagian orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hanya saja, Anda harus berhati-hati dalam melakukan kredit atau pinjaman. Jangan sekali-kali mengajukan kredit jika hanya diperuntukkan memenuhi keinginan Anda seperti membeli motor, mobil, barang-barang elektronik, dan lain sebagainya.

Namun jika Anda memang harus mengambil kredit atau pinjaman, pastikan bahwa cicilan bulanan kredit tersebut tidak lebih dari 30 persen dari total pendapatan Anda. Sedangkan untuk sisanya, alokasikan dana tersebut untuk pos-pos lainnya. Contohnya ketika Anda memiliki gaji bulanan sebesar 3 juta rupiah, maka total kredit bulanan maksimal hanya sebesar 900 ribu Rupiah.

Sisihkan Dana untuk Berinvestasi

Cara yang keempat yakni dengan menyisihkan dana gaji Anda untuk berinvestasi. Hal ini karena keuntungan investasi dapat digunakan untuk membantu keuangan Anda. Saat ini sudah banyak sekali jenis investasi yang dapat dilakukan. Yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis investasi seperti apa yang cocok dan dapat memberikan keuntungan besar bagi Anda.

Dana untuk investasi
Dana untuk investasi

Mengenai investasi, Anda dapat memilih investasi jangka panjang ataupun jangka pendek. Contoh dari investasi jangka panjang adalah investasi emas dan investasi properti. Hanya saja untuk investasi properti, dibutuhkan modal yang cukup besar agar investasi tersebut dapat berjalan dengan lancar. Sedangkan contoh investasi jangka pendek adalah investasi saham, deposito, dan investasi obligasi.

Sekedar saran, untuk kegiatan investasi, Anda harus benar-benar mempelajari seluk beluk investasi tersebut. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda dapat meminimalisir risiko mengalami kerugian dari investasi tersebut. Jika perlu, pelajari investasi dari orang-orang yang kompeten dalam bidang investasi tersebut.

Belanja Kebutuhan Bulanan ketika Diskon

Mengeluarkan dana untuk belanja bulanan mungkin menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang, baik untuk mereka yang telah berkeluarga atau tidak. Bahkan dapat dikatakan bahwa pengeluaran untuk belanja bulanan tak dapat diabaikan. Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan moment diskon atau potongan harga saat ingin berbelanja. Hal ini akan sangat membantu mengurangi besaran nominal uang yang harus Anda keluarkan setiap bulannya.

Di samping itu, buatlah rencana anggaran belanja yang pasti dan benar-benar Anda butuhkan. Jangan pernah sekalipun berbelanja hanya sekedar untuk memenuhi keinginan Anda sehingga barang yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan mengambil porsi besar dalam pengeluaran belanja.

Cari Penghasilan Tambahan

Cara yang terakhir untuk mengatur keuangan dengan gaji 3 juta Rupiah yakni mencari penghasilan tambahan. Seperti halnya investasi, penghasilan tambahan juga akan sangat membantu kondisi keuangan Anda. Perbedaannya, keuntungan investasi sifatnya tidak pasti dalam arti terdapat risiko kerugian. Sedangkan penghasilan tambahan sifatnya pasti.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Anda dapat mencarinya dari berbagai sumber. Jika saat ini Anda telah berkeluarga dan bekerja dengan waktu yang cukup padat, maka ajaklah istri untuk bekerja sama dalam mencari penghasilan tambahan bagi rumah tangga. Sedangkan apabila Anda belum berkeluarga, maka carilah pekerjaan yang sekiranya tidak mengganggu jadwal pekerjaan tetap Anda.

Adapun contoh pekerjaan yang dapat memberikan pemasukan tambahan adalah sebagai freelancer atau mencari part time job. Selain itu, sebisa mungkin carilah pekerjaan tambahan yang merupakan hobi Anda seperti desainer grafis, fotografer, penerjemah, penulis lepas, dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat melakukan jual beli online yang notabenenya dapat dihandle dari jarak jauh.

Setidaknya itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam menghemat serta mengatur keuangan. Jadi dengan gaji yang minim sekalipun, kondisi keuangan Anda tidak akan terganggu. Semoga sedikit ulasan tentang cara mengatur keuangan gaji 3 juta di atas bermanfaat bagi Anda.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

https://investasisyariah info/7-cara-mengatur-keuangan-gaji-3-juta-untuk-kemerdekaan-finansial-anda/ -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *