7 Cara Mengatur Keuangan Anak Rantau Dari Kuliah Hingga Lulus

Mengatur keuangan anak rantau dari kuliah hingga lulus – Sebagai pendatang baru di kota orang lain yang Anda belum mengetahui berapa besar pengeluaran untuk hidup di kota tersebut, tentu bukan hal yang mudah dalam mengelola keuangan Anda. Terlebih sebagai mahasiswa anak rantau tentu Anda tidak memiliki penghasilan sendiri, hidup Anda bergantung pada uang transferan setiap bulannya. Hal ini akan menjadi masalah jika Anda tidak pandai dalam mengatur jatah bulanan Anda.

Anda harus mampu mengatur keuangan Anda agar uang jatah bulanan cukup untuk menopang kehidupan Anda selama satu bulan, bahkan Anda dapat menyisakannya untuk tabungan. Tentu hal ini tidak mudah, Anda membutuhkan strategi dan tips-tips untuk dapat melakukannya. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda praktekkan untuk dapat mengatur keuangan anak rantau dari kuliah hingga lulus.

Menjatah Pengeluaran Per Hari

Cara mengatur keuangan anak rantau dari kuliah hingga lulus yang pertama adalah dengan mengatur pengeluaran Anda per harinya. Agar keuangan Anda lebih terkontrol, Anda harus mampu menjatah uang pengeluaran Anda secara harian dengan mencatat apa sajakah yang Anda butuhkan pada hari itu. Pastikkan pula nominal tersebut sesuai dengan jatah bulanan Anda.

Dengan cara membatasi pengeluaran Anda secara harian maka Anda dapat membagi jatah bulanan Anda untuk cukup digunakan setiap harinya selama sebulan. Selain itu, Anda juga dapat menghindari pemborosan di awal bulan. Dimana biasanya Anda akan menjajakan uang Anda di awal bulan untuk keperluan yang kurang penting dan akhirnya akan kekurangan uang Anda di akhir bulan. Tetapi perlu diingat bahwa Anda jangan membagi rata hingga habis jatah bulanan Anda untuk pengeluaran per harinya. Anda harus tetap menyisakan untuk digunakan sebagai uang cadangan yang dapat Anda gunakan untuk keperluan mendadak, jika tidak terpakai Anda dapat manabungkannya.

Membuat Catatan Belanja

Membuat Catatan Belanja

Sebagai mahasiswa rantau yang hidup sendiri dan jauh dari orang tua, tentu Anda harus berbelanja sendiri kebutuhan sehari-hari Anda yang biasanya dibeli secara bulanan. Seperti perlengkapan mandi, alat tulis, makanan instan dan lain-lain. Belanja biasanya dilakukan oleh mahasiswa di awal bulan ketika baru mendapat uang transferan dari orang tua.

Untuk menghindari pemborosan, sebaiknya sebelum pergi berbelanja maka harus membuat daftar catatan apa saja barang-barang yang dibutuhkan. Dengan adanya catatan tersebut maka semua kebutuhan pribadi dapat terpenuhi tanpa Anda membuang-buang uang Anda untuk kebutuhan yang tidak terlalu diperlukan. Tanpa catatan biasanya Anda akan mengambil berbagai barang-barang yang menarik untuk Anda padahal tidak diperlukan. Dan jangan lupa untuk membawa uang cash seperlunya saja ketika berbelanja sehingga Anda tidak tergoda untuk membeli barang lain.

Jangan Menjadi Orang yang Malas

Cara mengatur keuangan anak rantau dari kuliah hingga lulus yang berikutnya adalah dengan menjadi pribadi yang tidak malas. Tidak semua mahasiswa anak rantau bahwa hidupnya jauh dari orang tua seharusnya bisa menjadi kesempatan untuk dirinya belajar hidup mandiri dan mendisiplinkan diri.

Anda yang masih merasa malas, lebih memilih cara yang mudah untuk dapat menyelesaikan pekerjaan Anda. Seperti misalnya mencuci baju dengan menggunakan jasa laundry, padahal mencuci baju dapat Anda lakukan sendiri. Dengan menggunakan jasa laundry hanya akan membuat  pengeluaran Anda semakin membengkak untuk hal-hal yang dapat Anda lakukan sendiri di kos-kosan.

Pilihlah Kos yang Dekat Dengan Kampus

Carilah kos yang lokasinya dekat dengan kampus, selain akan menghemat biaya transportasi karena Anda dapat pergi ke kampus dengan jalan kaki, hal ini juga akan membuat Anda lebih produktif. Kebanyakan bagi mereka yang memilih kos yang jaraknya jauh dari kampus akibatnya sudah lelah di perjalanan sehingga merasakan kelelahan dan sulit berkonsentrasi dan fokus terhadap kegiatan kampus. Terlebih kebiasan mahasiswa yang suka terlambat datang sehingga akan semakin membuat mereka tergesa-gesa.

Selain itu, area kampus sangat identik dengan berbagai rumah makan atau warung makan yang murah. Selain harga murah, Anda dapat menjangkau warung makan hanya dengan berjalan kaki sehingga mengurangi anggaran biaya transportasi.

Untuk semakin menghemat keuangan Anda, Anda juga dapat memilih tempat kos yang tidak terlalu mahal. Anda dapat memilih kos dengan fasilitas yang hanya Anda perlukan seperti kasur, lemari, kamar mandi yang layak, listrik yang stabil dan lain-lain. Hindari untuk menggunakan fasilitas seperti AC, Televisi dalam kamar, kamar mandi dengan shower air hangat dan fasilitas mewah lainnya. Karena kosan dengan fasilitas mewah tentu harganya akan mahal, sementara fasilitas mewah tidak terlalu bermanfaat untuk Anda.

Kerja Part Time

Cara mengatur keuangan anak rantau dari kuliah hingga lulus yang berikutnya adalah dengan mencari uang tambahan melalui kerja part time. Sebagai mahasiswa, tidak ada salahnya untuk menambah uang saku. Anda dapat memanfaatkan kemampuan untuk dapat mencari pekerjaan part time. Anda dapat mencoba beberapa pekerjaan seperti sales promotion untuk event, menjaga minimarket, fotografi, berjualan online, menulis artikel dan lain-lain.

Yang harus Anda perhatikan disini adalah Anda harus pandai-pandai mengatur waktu antara kuliah dengan pekerjaan part time Anda. Jangan sampai pekerjaan part time Anda mengganggu waktu kuliah Anda. Karena tujuan Anda merantau yang sebenarnya adalah untuk kuliah bukan untuk bekerja. Sedangkan bekerja hanyalah untuk mendapatkan uang saku tambahan Anda.

Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Di awal bulan ketika Anda baru saja mendapat jatah bulanan Anda terkadang keinginan untuk berbelanja semakin meningkat. Anda harus mampu membedakan kebutuhan proritas Anda seperti makan, fotocopy, bayar kos dan peralatan mandi. Kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan mutlak bagi Anda.

Kebutuhan vs keinginan

Berbeda dengan keinginan Anda yang tidak mutlak dan harus dipenuhi seperti jalan-jalan, nongkrong di cafe, nonton di bioskop, membeli tas atau baju baru dan lain-lain. Intinya adalah Anda harus mampu memprioritaskan kebutuhan barulah keingan Anda. Jangan sampai ketika sudah sampai akhir bulan Anda kehabisan uang bahkan hingga kesulitan untuk makan.

Memilih Belanja yang Ekonomis

Barang diskon tidak selamanya merupakan barang yang sudah jelek, asalkan Anda dapat memilihnya maka kualitas yang bagus bisa Anda dapatkan. Anda harus selektif terhadap harga untuk  kebutuhan Anda sehari-hari.

Anda jangan malas untuk mencari informasi tentang diskon atau promo misalnya lewat brosur miniarket da supermarket. Atau jika kebetulan Anda sedang jalan-jalan di supermarket kemudian melihat ada diskon untuk barang yang seringkali Anda butuhkan, lebih baik Anda membelinya karena dapat membuat irit pengeluaran Anda. Tetapi jangan sekali-kali hanya asal tergoda rayuan diskon. Jika memang barang yang sedang diskon merupakan barang yang tidak Anda butuhkan maka tidak perlu membelinya.

Demikian artikel tentang cara mengatur keuangan anak rantau dari kuliah hingga lulus yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk dapat mengatur keuangan Anda dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

cara atur uang kuliah anak rntau -mengatur keuangan anak rantau mahasiswa -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *