6 Tips Memiliki Rumah Sendiri Di Usia 25 Tahun yang Wajib Anda Lakukan

Tips memiliki rumah sendiri di usia 25 tahun – Usia 25 tahun merupakan usia dimana Anda masih suka untuk bersenang-senang. Tetapi di samping itu tentu ada rasa kekhawatiran akan masa depan yang kurang layak. Sudah mulai memikirkan masa depan di usia yang masih muda sangatlah bermanfaat untuk Anda, karena dapat mengurangi intensitas Anda bersenang-senang dan menghambur-hamburkan uang untuk kepentingan yang tidak jelas.

Mungkin Anda mulai memikirkan harus memiliki aset yang dapat berguna untuk masa depan Anda. Salah satunya adalah dengan memiliki rumah sendiri. Memiliki rumah dapat Anda jadikan patokan bahwa Anda sukses memiliki aset sendiri di usia yang masih sangat muda. Selain itu, ketika Anda sudah mulai berumah tangga tentu Anda sudah menyicil salah satu aset berupa rumah untuk ditinggali oleh keluarga kecil Anda.

Untuk dapat memiliki rumah sendiri di usia yang masih muda tentu bukanlah hal yang sangat mudah. Anda memerlukan beberapa masukan-masukan agar Anda mampu mewujudkan keinginan Anda tersebut. Oleh karena itu, yuk simak tips memiliki rumah sendiri di usia 25 tahun berikut ini.

Membuat Target Anda

Tips memiliki rumah sendiri di usia 25 tahun yang pertama adalah dengan membuat target Anda sendiri. Target disini mencakup jenis hunian apa yang ingin Anda beli, dimana lokasi yang Anda inginkan dan berapa kisaran harganya. Termasuk juga apakah Anda ingin membeli rumah dengan cara cash atau KPR/Kredit Pemilikan Rumah. Setelah Anda memiliki target, usaha Anda untuk dapat mengumpulkan uang untuk investasi rumah akan lebih terarah.

Tanpa target, maka Anda akan kesulitan untuk mengumpulkan sejumlah uang karena tidak ada petunjuk yang menuntun Anda ke arah pembelian rumah tersebut. Jika Anda hanya bermodal “yang penting menabung” maka tabungan Anda akan sulit untuk mencapai nominal yang Anda butuhkan untuk membeli rumah.

Selalu Optimis Namun Realistis

Berinvestasi untuk dapat memiliki aset kepemilikan rumah sendiri haruslah selalu menanamkan mindset yang optimis, tetapi harus diimbangi dengan pikiran yang realistis pula. Sesuaikan kondisi finansial Anda dengan realita di lapangan. Anda perlu untuk menghitung kemampuan finansial pribadi untuk kemudian di cocokan dengan karakteristik rumah yang tersedia.

Bila dalam hitungan ternyata Anda memang belum mampu untuk memiliki rumah di area yang strategis. Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena properti adalah sarana investasi yang menjanjikan kenaikan nilai secara terus menerus. Tidak ada salahnya untuk memilih kredit rumah bersubsidi untuk dijadikan investasi masa depan. Asalkan Anda memenuhi syarat, Anda juga dapat memiliki hunian dengan Down Payment yang minimal.

Membeli rumah bekas juga dapat menjadi alternatif untuk Anda. Yang terpenting adalah jangan memaksakan diri Anda untuk membeli rumah di luar jangkauan finansial Anda. Usia bukanlah menjadi patokan untuk dapat menentukan bisa atau tidanya seseorang membeli properti untuk berinvesasi.

Ikut Program KPR Sejahtera

Tips memiliki rumah sendiri di usia 25 tahun yang berikutnya adalah dengan mengikuti program KPR sejahtera. Kendala yang paling besar untuk Anda dapat memiliki rumah sendiri di usia yang masih muda adalah soal penghasilan yang masih kecil karena Anda baru saja memulai karir Anda. Perasaan khawatir tidak dapat memenuhi syarat untuk dapat memiliki rumah sendiri membuat nyali Anda menjadi ciut sebelum mencari tahu dan mencobanya.

KPR rumah sejahtera

Padahal masih ada alternatif untuk dapat memiliki rumah sendiri dengan mengikuti program KPR sejahtera yang memang di khususkan untuk Anda yang berpenghasilan dibawah Rp 4. 000.000. KPR sejahtera merupakan program subsidi pemerintah yang bekerja sama dengan Kementrian Perumahan Rakyat/Kemenpera. Sehingga harga rumah yang harus dibayar memang lebih murah, karena Anda bisa mendapatkan bantuan mulai dari Down Payment tambahan dari pemerintaj, sampai pemangkasan bunga KPR yang bisa mencapai 2,5 persen per tahunnya.

Hindari Untuk Menyewa Hunian

Menyewa hunian dapat menyerap setidaknya 30 persen dari pendapatan Anda per bulannya. Oleh karena itu, menyewa hunian hanya akan membuat Anda kesulitan untuk dapat mengumpulkan uang cukup untuk membeli rumah Anda sendiri. Jangan malu untuk masih menumpang dengan orang tua Anda sembari mengumpulkan uang. Jika Anda tidak ingin berlama-lama untuk tinggal bersama orang tua Anda, maka Anda dapat mengumpulkan uang untuk membayar Down Payment untuk menyicil rumah secara KPR. Lebih baik uang Anda digunakan untuk menyicil rumah Anda sendiri, daripada untuk membayar biaya sewa yang memang tidak jauh berbeda nominal uangnya denga menyicil rumah secara KPR.

Menabung Dengan Menggunakan Emas

Kelemahan menabung dengan menggunakan uang adalah sering terpakai untuk keperluan diluar dugaan Anda. Walaupun Anda menabungnya di rekening bank, hal ini tidak membuat Anda tidak bisa mengotak atik tabungan Anda, Anda tetap dapat menarik tunai uang yang sudah Anda tabungkan ke rekening Anda tersebut.

Anda dapat mengakali hal ini dengan menabung dalam bentuk emas. Sehingga Anda akan kesulitan untuk mengotak atik tabungan Anda tersebut karena bentuknya yang berupa emas yang harus Anda jual terlebih dahulu apabila ingin menggunakannya.

nabung emas
nabung emas

Terlebih menabung dalam bentuk emas juga termasuk bentuk investasi. Mengingat harga emas akan selalu naik dan turun. Anda dapat memulai untuk membeli emas ketika harga emas di pasaran sedang mengalami penurunan, sedangkan penjualannya dilakukan ketika harga emas sedang melonjak tinggi. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menabung emas secara mandiri, karena saat ini bank swasta maupun pemerintah sudah menawarkan investasi dalam bentuk emas.

Manfaatkan Waktu Luang Untuk Usaha Atau Kerja Sampingan

Tips memiliki rumah sendiri di usia 25 tahun yang terakhir adalah dengan memanfaatkan waktu luang Anda untuk usaha atau kerja sampingan. Rata-rata waktu kerja seorang karyawan adalah 40 jam dalam satu minggu. Sehingga masih banyak waktu yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Anda dapat membuka usaha yang tidak terlalu menghabiskan waktu Anda seperti berjualan secara online, menjadi dropshipper dan lain-lain. Sedangkan untuk kerja sampingan, Anda dapat memulai pekerjaan seperti menulis artikel, sales promotion khusus event, desain grafis, fotografi dan lain-lain.

Anda dapat mengalokasikan seluruh uang yang Anda hasilkan dari pendapatan sampingan untuk ditabung sebagai tambahan jumlah tabungan Anda setiap bulannya. Sehingga Anda tidak hanya mengandalkan tabungan hanya dari sisa gaji pekerjaan pokok Anda. Selama Anda masih muda dan memiliki fisikyang kuat, maka berjuanglah untuk bekerja lebih giat dengan mencari pekerjaan tambahan yang tidak mengganggu pekerjaan pokok Anda.

 

Pada dasarnya, seluruh tips diatas tetap harus Anda imbangi dengan gaya hidup yang sewajarnya. Hindarilah untuk terlalu sering nongkrong di cafe atau resto mahal, menonton di bioskop, liburan dengan intensitas yang terlalu dekat jarak waktunya, membeli barang-barang branded yang mahal dan lain-lain. Demikian artikel tentang tips memiliki rumah sendiri di usia 25 tahun, semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *