6 Pilihan Investasi Modal Kecil dengan Keuntungan yang Menjanjikan

Dalam setiap menjalankan kegiatan investasi, seorang investor pemula harus memulai semuanya dengan mengetahui pilihan investasi modal kecil. Mengapa? Hal ini karena umumnya kegiatan investasi terhalang oleh besarnya modal yang dibutuhkan. Salah satu contoh bentuk investasi dengan modal yang cukup besar adalah investasi properti. Meski demikian, ternyata masih banyak pilihan investasi lain yang dapat Anda lakukan bahkan dengan modal kecil sekalipun. Lantas apa saja pilihan investasi tersebut? Daripada penasaran, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini.

Investasi Sukuk Ritel

Investasi Sukuk Ritel
Investasi Sukuk Ritel

Sukuk merupakan jenis investasi yang masuk dalam kategori obligasi syariah. Investasi yang satu ini diterbitkan oleh negara secara retail. Oleh karena itu, investasi ini lebih dikenal dengan nama Sukur Ritel (Surat Berharga Syariah Negara Ritel). Apabila dilihat dari namanya, Sukuk Ritel berarti surat berharga yang diterbitkan oleh negara yang berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

Alasan mengapa sukuk ritel menjadi pilihan investasi modal kecil adakah karena surat tersebut dapat dibeli dengan harga murah. Sekedar informasi, untuk pembelian satu unit sukuk, seorang investor hanya dikenakan biaya sebesar 1 juta Rupiah saja. Umumnya, bank yang menerbitkan sukuk akan menetapkan batasan pembelian minimum untuk setiap investor. Selain murah, jenis investasi yang satu ini juga terjamin keamanannya. Dengan ketelitian dalam membeli sukuk, maka modal Anda dapat berkembang dengan pesat.

Investasi Saham

Investasi Saham
Investasi Saham

Pilihan investasi dengan modal kecil yang selanjutnya adalah investasi saham. Jenis investasi yang satu ini memang sangat cocok dilakukan oleh siapapun, terlebih bagi investor pemula yang ingin mencoba peruntungan di dunia investasi. Terlebih modal yang dibutuhkan dalam membeli saham juga relatif terjangkau dibandingkan investasi lainnya.

Meski demikian, bagi Anda yang ingin terjun dalam dunia investasi saham, disarankan untuk belajar terlebih dahulu mengetahui tips dan trik berinvetasi saham. Hal ini untuk mengurangi risiko kerugian apabila nantinya langkah investasi yang dilakukan kurang tepat. Mengenai besaran modal yang dibutuhkan untuk investasi saham, seorang investor dapat membeli saham hanya dengan modal uang ratusan ribu rupiah saja. Bahkan dengan total saham 5 juta Rupiah, Anda dapat sekaligus membuat rekening pada broker saham dan melanjutkan langkah investasi.

Dalam kegiatan investasi saham, dibutuhkan broker sebagai penengah sehingga investor dapat membeli saham sebuah perusahaan. Saat ini terdapat dua jenis broker yakni broker online dan offline. Dengan adanya jasa broker, Anda dapat terbantu dalam melakukan langkah investasi saham mulai dari jual beli saham hingga trading saham harian sehingga dapat lebih aktif di bidang investasi saham.

Investasi Reksa Dana

Pilihan investasi yang selanjutnya adalah Reksa Dana. Dalam investasi Reksa Dana, kumpulan modal atau dana dari para investor akan dibelikan diperjual belikan di bidang investasi seperti obligasi dan saham. Keuntungan dari investasi yang satu ini adalah peluang investor dalam memperoleh keuntungan akan semakin besar. Hal ini karena perusahaan Reksa Dana memiliki orang-orang profesional yang dapat memperhitungkan perkembangan serta keuntungan dari penanaman saham di banyak perusahaan. Dengan begitu, maka risiko investor mengalami kerugian pun akan semakin kecil.

Investasi Reksa Dana
Investasi Reksa Dana

Pada umumnya, perusahaan Reksa Dana akan mengharuskan investor dalam menyetor dana berjumlah besar. Meski demikian, bagi investor pemula yang belum memiliki modal besar, tak perlu khawatir karena ada juga perusahaan Reksa Dana yang menerapkan syarat minimal penyetoran dana hingga 500 ribu Rupiah saja.

Meski demikian, bagi seorang investor pemula, Anda harus berhati-hati dalam memilih perusahaan Reksa Dana. Sebaiknya pilih perusahaan Reksa Dana yang telah terpercaya dan mampu memberikan komposisi saham sama atau bahkan lebih dari 70%. Dengan begitu, kegiatan investasi modal kecil namun memberikan keuntungan besar pun bukan lagi masalah bagi Anda.

Investasi Emas

Berbicara tentang pilihan investasi modal kecil, Anda tak boleh melewatkan jenis investasi yang satu ini. Seperti yang kita tahu, investasi emas merupakan jenis investasi yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Hal ini karena investasi emas terbilang sangat mudah dilakukan dan menguntungkan meskipun tergolong investasi jangka panjang. Selain itu, modal pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalankan investasi emas terbilang sangat sederhana, yakni membaca harga pasaran emas.

bisnis investasi emas
bisnis investasi emas

Untuk mulai menjalankan bisnis investasi emas, Anda dapat membeli emas dengan satuan paling rendah atau sesuai dengan modal yang Anda miliki. Setelah itu, seiring berjalannya waktu, gunakan keuntungan dalam jual beli emas untuk mencari strategi paling tepat agar nantinya Anda memperoleh pendapatan berlipat ganda dari investasi emas. Jadi misalnya Anda membeli emas ketika harga berada pada titik terendah dan menjualnya ketika harga emas mengalami kenaikan.

Meskipun investasi emas dapat dikatakan tak dapat memberikan keuntungan cepat, namun jenis investasi ini terbilang sangat aman dari fluktuasi harga pasar. Alasannya karena harga emas tak akan mengalami pengaruh yang signifikan bahkan oleh inflasi yang dialami negara sekalipun. Inilah yang menjadikan investasi emas sebagai jenis investasi paling diminati oleh masyarakat Indonesia.

Saat ini, sudah terdapat banyak lembaga yang memudahkan calon investor dalam menjalankan investasi emas, salah satunya adalah pegadaian. Di pegadaian, terdapat program tabungan emas. Cara kerjanya adalah investor menabung setiap bulan atau bahkan setiap hari dengan tempo tertentu hingga uang yang dikumpulkan senilai emas yang ingin dibeli. Bentuk emas dalam program ini adalah emas batangan, bukan emas perhiasan.

Investasi Obligasi

Investasi Obligasi
Investasi Obligasi

Pilihan investasi modal kecil yang kelima adalah investasi obligasi. Obligasi adalah sertifikat atau bukti yang menyatakan bahwa seorang investor menjadi owner dari sebuah saham perusahaan tertentu. Selain itu, obligasi juga dapat dikatakan sebagai surat bukti yang menyatakan bahwa perusahaan memiliki utang pada investor. Untuk jenisnya, obligasi dapat dibagi menjadi dua yakni obligasi perusahaan dan obligasi pemerintah.

Contohnya adalah apabila pemerintah atau perusahaan tertentu membutuhkan suntikan dana dalam membangun infrastruktur atau kebutuhan lainnya, maka mereka akan menjual surat bukti/obligasi demi mengumpulkan dana. Setelah itu, pembeli obligasi akan mendapatkan bunga sesuai dengan kesepakatan dan selang waktu terjadinya investasi.

Investasi yang satu ini dapat dikategorikan sangat aman, terutama obligasi pemerintah dan perusahaan bonafit, dan dirancang sebagai jenis investasi jangka panjang.

Investasi Barang-Barang Koleksi

Pilihan investasi dengan modal kecil yang terakhir adalah investasi barang koleksi atau barang antik. Umumnya, investasi barang koleksi berupa logam mulia, koin, perangko, hingga barang-barang antik lainnya. Jenis investasi ini memang cukup diminati mengingat ada banyak investor yang lebih nyaman melakukan investasi pada barang-barang yang fisiknya tampak.

perangko antik
perangko antik

Adapun keuntungan dari investasi barang koleksi adalah harganya yang semakin naik seiring dengan berjalannya waktu. Berbeda dengan investasi emas, peningkatan harga barang koleksi tak dapat diprediksi melihat seberapa langka barang tersebut. Semakin langka barang koleksi, harganya pun tak terkira.

Itulah beberapa jenis investasi yang dapat Anda lakukan dengan modal kecil sekalipun. Dengan begitu, maka image bahwa investasi harus membutuhkan modal besar dapat dibantah. Semoga sedikit ulasan tentang pilihan investasi modal kecil di atas bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *