6 Perbedaan Investasi Jangka Panjang dan Jangka Pendek yang Menonjol

Perbedaan investasi jangka panjang dan jangka pendek  – Investasi menjadi cara yang paling jitu untuk membuat tabungan di masa depan. Jika menginginkan kehidupan yang lebih baik di masa depan maka berbisnis atau berinvestasi lah. Sama dengan bisnis dimana untuk berinvestasi ini lebih baik dilakukan di masa muda. Hal itu dikarenakan semakin lama investasinya maka nilai investasi tersebut akan berkembang maksimal.

Selain bisa digunakan sebagai tabungan di hari tua, investasi ini juga bisa digunakan untuk hal yang lainnya seperti karier kerja, pendidikan, atau hal-hal yang lainnya. Wujud investasi pun sangat banyak sedangkan jenisnya adalah dua macam yaitu investasi jangka panjang dan juga jangka pendek. Berikut ini adalah beberapa perbedaan investasi jangka panjang dan jangka pendek yang wajib untuk diketahui:

Jangka Waktu

Jangka Waktu
Jangka Waktu

Perbedaan yang pertama adalah jangka waktunya. Untuk jangka pendek ini investasi bisa dinikmati dalam waktu maksimal 1 tahun. Sedangkan untuk investasi jangka panjang bisa dinikmati dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun. Oleh sebab itu sebelum memutuskan untuk berinvestasi Anda harus mengetahui jangka waktunya ini. Hal itu dikarenakan untuk investasi jangka panjang Anda harus bersabar sampai jangka waktu tersebut berakhir. Sedangkan untuk investasi jangka pendek ini uang yang sudah di investasikan bisa diambil sewaktu-waktu membutuhkannya.

Bunga

bunga investasi
bunga investasi

Perbedaan selanjutnya terletak pada bunganya. Sebagai contohnya adalah investasi jangka pendek tabungan di bank dan juga deposito. Jika dilihat tabungan di bank dan deposito ini memiliki bunga yang berbeda dimana bunga deposito lebih besar dibandingkan dengan tabungan bank. Penyebab besar kecilnya bunga tersebut dikarenakan sifatnya dan jangka waktunya. Jika tabungan di bank tidak bisa diputar ke instrumen keuangan lainnya karena jangka waktu terbatas dan bisa diambil sewaktu-waktu berbeda dengan yang deposito dimana jangka waktunya lama dan sudah ditentukan sebelumnya sehingga pihak bank bisa memutar uang tersebut ke instrumen keuangan yang lainnya sehingga  bunganya akan lebih besar. Deposito ini sebenarnya masuk ke investasi jangka pendek dan panjang dikarenakan jangka waktunya beragam mulai dari 1 bulan sampai dengan puluhan tahun.

Keuntungan

Perbedaan investasi jangka panjang dan jangka pendek yang perlu dipertimbangkan adalah keuntungan. Keuntungan yang didapatkan antara investasi jangka panjang dan juga jangka pendek berbeda. Jika Anda berinvestasi dengan investasi dalam jangka pendek maka keuntungan yang akan didapatkan hanya sedikit berbeda dengan investasi jangka panjang yang mana memiliki keuntungan yang lebih besar. Hal itu dikarenakan investasi jangka panjang tidak dibatasi oleh waktu dan jumlah bunga yang didapatkan lebih besar.

Risiko yang Didapatkan

resiko investasi
resiko investasi

Yang membedakan selanjutnya adalah risiko yang didapatkan. Untuk investasi jangka panjang ini memang memiliki keuntungan yang besar namun risiko yang didapatkan pun juga besar. Oleh sebab itu bagi pemula yang ingin investasi jangka panjang harus bersiap diri dengan risiko yang mungkin akan terjadi ke depannya. Misalnya saja saham yang mana memiliki risiko yang besar namun juga memiliki kentungan yang besar.

Tujuan

Dari tujuan kedua investasi itu pun berbeda. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan Anda apakah untuk kebutuhan di dalam waktu dekat atau mempersiapkan kebutuhan yang lebih lama. Investasi jangka pendek biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu dekat seperti melakukan renovasi rumah. Sedangkan untuk investasi jangka panjang ini memiliki tujuan untuk menyiapkan kendaraan, pendidikan anak, membangun rumah, dan lain sebagainya dimana membutuhkan persiapan yang lebih jauh dan panjang.

Membutuhkan Keahlian

Perbedaan terakhir yang harus diperhatikan adalah membutuhkan keahlian. Untuk investasi jangka pendek ini memang tidak membutuhkan keahlian namun bagi investasi jangka panjang membutuhkan keahlian dalam memprediksi investasi tersebut. Investasi seperti saham dan lain sebagainya membutuhkan  keahlian yang matang. Investor yang tidak memiliki keahlian di dalamnya jarang berhasil dalam menggeluti investasi jangka panjang ini.

Cara Memilih Investasi yang Tepat

Banyak yang semakin bingung saat mengetahui perbedaan investasi jangka panjang dan jangka pendek berhubungan dengan  jenis investasi yang akan dipilihnya. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memilih investasi yang tepat seperti berikut ini:

1. Tujuan Berinvestasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memilih investasi yang tepat adalah tentukan tujuan dari berinvestasi tersebut. Jika tujuannya untuk membangun rumah, menyiapkan dana pensiun di masa tua dan lain sebagainya maka investasi jangka panjang yang bisa dipilih. Kalau misalnya tujuan melakukan investasi tersebut adalah untuk menyiapkan dana sewaktu-waktu saat dibutuhkan maka investasi jangka pendek ini bisa dipertimbangkan. Hal itu dikarenakan investasi jangka pendek ini bisa diambil sewaktu-waktu berbeda dengan investasi jangka panjang.

2. Perhatikan Risikonya

Produk investasi jangka panjang ini beragam sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan. Jika memang Anda telah memiliki pengalaman bisa memilih investasi yang memiliki nilai return yang tinggi namun risiko yang harus ditanggung juga semakin tinggi. Ada beberapa produk investasi jangka panjang dimana semakin lama ditanamkan nilai return yang didapatkan akan semakin besar. Namun jika Anda minim pengalaman pilihlah yang memiliki risiko kecil. Risiko yang kecil ada pada investasi jangka pendek. Dikhawatirkan jika Anda minim pengalaman kemudian memilih investasi jangka panjang kerugian yang didapatkan akan semakin banyak. Oleh sebab itu bagi yang belum memiliki pengalaman dalam bidang investasi maka pilihlah yang risikonya kecil yaitu investasi jangka pendek seperti tabungan emas, dan lain sebagainya.

3. Modal

Untuk bisa memilih investasi jangka panjang maupun jangka pendek yang tepat adalah perhatikan modalnya. Setiap investasi ini memiliki modalnya sendiri-sendiri. Jika Anda menginginkan investasi namun modalnya terbatas maka pilihlah investasi jangka pendek. Dengan investasi jangka pendek ini Anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil berinvestasi tersebut, dengan keuntungan tersebut Anda bisa menanamkan kembali uang tersebut ke investasi jangka pendek selanjutnya begitu seterusnya. Kemudian setelah nilai investasi yang Anda dapatkan sudah cukup banyak, barulah Anda bisa menanamkannya di investasi jangka panjang. Dengan berinvestasi secara bertahap ilmu yang akan dapatkan tentang cara berinvestasi pun akan semakin berkembang.

Berinvestasi Selagi Masih Muda

Masa muda tidak akan pernah terulang oleh sebab itu lakukanlah yang terbaik di masa muda untuk mempersiapkan masa tua. Masa tua semua serba terbatas mulai dari dana, tenaga, dan juga pikiran. Dengan semua yang terbatas tersebut Anda tidak akan leluasa seperti saat masih muda dulu. Selain itu investasi yang dilakukan selagi masih muda nilainya akan mudah berkembang dibandingkan ketika tua. Dengan pikiran dan tenaga yang masih prima Anda akan bisa mendapatkan peluang untuk mendapatkan nilai investasi yang terbaik. Berbeda jika Anda berinvestasi di saat tua, pikiran dan tenaga yang tidak prima membuat peluang bisa lewat begitu saja karena tidak bisa menganalisis peluang yang ada.

 

Demikianlah beberapa perbedaan investasi jangka panjang dan jangka pendek yang perlu diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

perbedaan investasi jangkan panjang dan pendek -perbedaan investasi jangka oanjang dan oendek -perbedaan investasi jangka panjang dan jangka pendek -perbedaan investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek -perbedaan investasi jangka panjang dan pendek -perbedaan investasi jangka pendek dan jangka panjang -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *