6 Keuntungan Investasi Emas di Bank Syariah yang Harus Anda Ketahui

Dalam dunia investasi, ada banyak sekali keuntungan investasi emas di bank syariah yang tentu tak perlu diragukan lagi. Hal ini karena layaknya tanah, harga emas cenderung naik setiap tahunnya. Meskipun terkadang mengalami fluktuasi harga, namun hal ini tak membuat kegiatan bisnis dalam bidang investasi emas di bank syariah sepi peminat. Sebaliknya, semakin lama investasi emas menjadi salah satu alternatif terbaik bagi umat muslim yang ingin berinvestasi dengan cara halal dengan sesuai prinsip-prinsip agama.

Investasi emas sendiri dapat dikategorikan sebagai bentuk investasi yang tak melanggar prinsip-prinsip syariah. Mengapa? Hal ini karena investasi emas jauh dari bunga serta bebas pajak. Inilah yang membuat investasi emas dikategorikan sebagai investasi syariah. Lantas apa saja keuntungan dalam berinvestasi emas di bank syariah?

Keuntungan Berinvestasi Emas

Berinvestasi Emas
Berinvestasi Emas

Secara garis besar, tujuan dari melakukan kegiatan investasi emas adalah untuk menabung demi menghadapi kesulitan keuangan di masa yang akan datang. Selain itu, harga emas relatif lebih stabil dibandingkan dengan bentuk investasi lainnya. Contohnya adalah saat nilai mata uang di sebuah negara mengalami penurunan, maka nilai emas tak akan terpengaruh. Meskipun apabila nilai emas mengalami penurunan, namun tak akan sampai drastis layaknya mata uang pada umumnya. Adapun beberapa keuntungan berinvestasi emas di bank syariah adalah sebagai berikut:

Tak Memerlukan Banyak Biaya

Keuntungan yang pertama adalah modal yang dibutuhkan cenderung lebih hemat dibandingkan dengan investasi saham. Hal ini karena emas dapat dibeli dengan satuan gram. Dengan begitu, Anda pun dapat membeli emas secara bertahap layaknya menabung. Adapun harga emas saat ini adalah sekitar 550 ribu rupiah pergramnya. Harga tersebut juga dipengaruhi oleh besaran karat yang dimiliki oleh emas tersebut. Semakin besaran nilai karat pada emas, maka akan semakin mahal pula harganya.

karat emas
karat emas

Saat ini, sebagian besar bank syariah juga telah mengeluarkan produk berupa investasi emas yang dapat dicicil dalam pembayarannya. Adapun emas yang dimaksud adalah emas batangan, jadi bukan emas berupa perhiasan. Dengan menabung emas pada bank syariah, maka segala risiko keamanan akan terjamin dan pastinya halal.

Cicilan Ringan

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa harga emas pergramnya relatif murah. Namun keuntungan lainnya adalah saat Anda berinvestasi emas di bank syariah, Anda pun bahkan mengambil cicilan perhari untuk membeli satu gram emas. Besaran biaya cicilan yang dibutuhkan pun relatif ringan yakni mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 perhari tergantung dari harga yang ditetapkan oleh bank syariah tersebut. Dengan cicilan yang ringan, maka seiring berjalannya waktu tak terasa Anda dapat membeli beberapa gram emas.

Selain itu, baik pada bank syariah ataupun pegadaian syariah, sistem yang digunakan juga sangat meringankan Anda. Untuk investasi emas dengan cara kredit, Anda dapat memilih berapa jangka waktu investasi mulai dari 6 bulan hingga 3 tahun. Biasanya pada emas batangan 24 karat, investasi paling kecil yang dapat dilakukan adalah sebesar 5 gram emas. Sedangkan untuk investasi paling besar yakni sebesar 1 kilogram.

Dapat Dicairkan Kapan Saja

pencairan emas
pencairan emas

Adapun keuntungan investasi emas di bank syariah yang selanjutnya adalah Anda dapat mencairkan tabungan emas Anda pada bank tersebut. Jadi apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana dadakan, maka investasi emas yang telah Anda miliki dapat langsung dijadikan uang. Untuk harga jualnya sendiri mengikuti harga yang diterapkan pada bank syariah yang Anda ikuti.

Bebas Pajak

bebas pajak
bebas pajak

Ini adalah salah satu perbedaan antara investasi emas dan investasi saham. Pada saham, setiap keuntungan yang didapatkan oleh investor harus dipotong pajak terlebih dahulu. Hal ini berbeda dengan investasi emas pada bank syariah di mana Anda tak perlu repot-repot membayar pajak.

Melindungi Nilai Kekayaan Anda

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa nilai emas cenderung stabil apabila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Hal ini tentu akan memberikan perlindungan bagi nilai kekayaan yang Anda miliki. Harga emas sendiri sifatnya global sehingga meskipun sebuah negara mengalami inflasi, maka nilai emas tak akan terkena imbasnya.

Sesuai dengan Prinsip-Prinsip Syariah

Prinsip-Prinsip Syariah
Prinsip-Prinsip Syariah

Keuntungan investasi emas di bank syariah yang terakhir adalah sesuai dengan prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Sebenarnya saat memutuskan untuk berinvestasi emas baik di bank syariah ataupun bank konvensional, keduanya tak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Hal ini karena berbeda dengan investasi saham, investasi emas sendiri diperbolehkan dalam agama sehingga Anda tak perlu ragu mengenai prinsip syariah yang diterapkan oleh bank dimana Anda berinvestasi.

Cara Melakukan Investasi Emas di Bank Syariah

Setelah mengetahui keuntungan investasi emas di bank syariah, kini saatnya Anda memahami bagaimana cara melakukan investasi emas. Pertama, Anda perlu datang ke salah satu bank syariah yang menyediakan program investasi emas. Pada saat yang sama, Anda akan dijelaskan tentang persyaratan pembayaran yang harus disepakati serta besaran cicilan yang dapat dipilih.

Pada langkah ini Anda juga harus membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku. Selain itu, Anda akan diberikan formulir yang harus diisi terkait kegiatan investasi emas yang ingin Anda lakukan.

 Investasi Emas di Bank Syariah
Investasi Emas di Bank Syariah

Kedua, Anda menyetorkan uang dalam jumlah tertentu pada bank syariah tersebut. Besaran uang inilah yang nantinya akan dikonversi menjadi nilai jual emas pada bank syariah tersebut. Harga yang berlaku adalah harga emas saat Anda melakukan akad investasi emas pada hari yang sama.

Ketiga, setelah melakukan konversi emas, Anda akan tahu berapa besaran emas yang Anda dapatkan dengan jumlah uang yang telah disetorkan. Adapun tolok uukr yang digunakan oleh sebagian besar bank syariah adalah harga yang tercantum pada London Metal Exchange (LME).

Keempat, Anda akan mendapatkan bukti kepemilikan tabungan investasi emas dari bank syariah tersebut. Untuk bukti kepemilikian tersebut adalah berupa kepemilikan emas batangan secara fisik. Setidaknya itulah langkah-langkah yang harus Anda ikuti dalam melakukan investasi emas di bank syariah. Dengan langkah yang mudah, maka kegiatan investasi emas di bank syariah pun akan sangat menyenangkan.

Uang Muka yang Perlu Dipersiapkan

Seperti halnya melakukan investasi lainnya dalam bentuk kredit, tentunya Anda juga harus melunasi uang muka pembelian emas di bank syariah terlebih dahulu. Besaran uang muka ini tergantung dari banyaknya emas yang ingin Anda beli secara kredit pada bank tersebut.

Uang Muka
Uang Muka

Adapun jumlah uang muka yang harus dibayarkan sebagai akad kesepatakan investasi emas di bank syariah adalah sebesar 20% dari total nilai emas pada hari yang sama. Misalnya Anda ingin investasi emas 24 karat seberat 100 gram dengan harga pergramnya adalah 600 ribu rupiah. Maka besaran uang muka yang harus dibayarkan adalah sebanyak 12 juta rupiah.

Uang muka ini harus dibayarkan secara tunai dengan sumber keuangan dari calon investor, bukan dari pembiayaan dari bank syariah. Mengenai cicilan investasi emas, Anda dapat memilih akan membayar angsuran emas secara harian atau bulanan.

Demikian sedikit ulasan tentang cara berinvestasi emas dan keuntungan investasi emas di bank syariah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *