6 Jenis Investasi Syariah Paling Menguntungkan dan Halal

Di era dengan perkembangan bisnis yang pesat seperti sekarang, ada banyak contoh investasi syariah paling menguntungkan yang mungkin dapat Anda coba jalankan. Hal ini karena investasi syariah merupakan bentuk kegiatan bisnis yang sangat cocok dilakukan untuk umat muslim sehingga Anda pun tak perlu khawatir tentang riba yang biasanya kerap menghantui kegiatan investasi.

Seperti yang kita tahu bahwa investasi merupakan salah satu solusi terbaik dalam menyimpan harta pada perusahaan atau badan usaha lainnya. Tujuannya adalah agar harta yang diinvestasikan tersebut dapat memberikan keuntungan. Dengan menginvestasikan harta, maka secara tidak langsung Anda telah menabung serta mempersiapkan masa depan keluarga dengan aman.

Melihat penjelasan di atas, tentu saja tak sedikit muslim yang berpikir bahwa investasi sangat sarat dengan riba. Sebenarnya bagi Anda yang muslim, tak perlu terlalu khawatir karena masih banyak cara investasi syariah paling menguntungkan yang tentunya bebas riba, gharar (sistem tak transparan), hingga maysir (terbebas dari spekulasi-spekulasi).

Adapun beberapa contoh investasi syariah yang sangat menguntungkan adalah sebagai berikut:

Reksadana Syariah

Reksadana Syariah
Reksadana Syariah

Untuk cara yang diterapkan dalam reksadana syariah adalah pengelolaan uang dari para investor akan digunakan untuk menambah modal perusahaan. Sistemnya hampir sama dengan membeli saham perusahaan tertentu. Lantas bagaimana sistem yang diterapkan oleh reksadana syariah?

Jadi dalam perusahaan yang menerapkan reksadana syariah, maka pengelolaan uang investasi dari Anda akan benar-benar dikelola dengan sangat transparan. Bahkan Anda pun dapat mengetahui data lengkap serta untuk apa saja modal investasi yang Anda berikan pada perusahaan tersebut. Investasi ini akan dilakukan oleh manager investasi yang prosesnya tak berkaitan sama sekali dengan gharar, riba, dan maysir. Dengan begitu, maka semua keuntungan yang Anda peroleh adalah benar-benar halal.

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan reksadana syariah yang dapat Anda ikuti. Produk-produk reksadana syariah pun sangat beragam mulai dari reksadana syariah pasar uang, pendapatan tetap, saham, hingga yang berbasis sukuk. Hal ini melihat dari mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam sehingga produk reksadana pun dibuat sesuai dengan sistem yang tak melanggar kegiatan bisnis dalam Islam.

Investasi Produk Perbankan Syariah

bancassurance syariah
bancassurance syariah

Adapun bentuk investasi syariah paling menguntungkan berikutnya adalah investasi produk perbankan syariah. Setidaknya terdapat beberapa produk perbankan syariah yang menerapkan skema transaksi seperti tabungan syariah, giro syariah, hingga deposito syariah. Tak hanya itu saja, terdapat pula kombinasi antara asuransi dan perbankan dalam bentuk bancassurance syariah.

Dari beberapa skema transaksi yang disebutkan di atas, deposito syariah menjadi salah satu jenis investasi dengan keuntungan terbanyak. Jadi mekanisme deposito syariah adalah seperti ini. Investor atau nasabah memberikan bantuan modal pada pihak bank syariah untuk kegiatan bisnis. Setelah itu, pembagian keuntungan bisnis tersebut akan dibagi sesuai kesepakatan yang diterapkan pada bank syariah tersebut. Biasanya pembagian hasil ini berbentuk persen. Semakin banyak investasi yang Anda berikan pada bank syariah, maka akan semakin banyak pula prosentasi keuntungan yang mungkin Anda dapatkan.

Investasi Properti dan Tanah

Meskipun investasi properti dan tanah tak memiliki embel-embel syariah, namun pada prakteknya, kedua bentuk investasi ini benar-benar memberikan keuntungan dengan cara yang halal.

 Investasi Properti
Investasi Properti

Kita ketahui bersama bahwa harga tanah selalu stabil dan semakin lama akan semakin mahal. Anda dapat membandingkan harga tanah dari tahun ke tahun. Apakah pernah mengalami penurunan? Hal ini tentu juga dipengaruhi oleh semakin sedikitnya lahan sehingga harga tanah pun cenderung meningkat setiap tahunnya.

Hal ini juga berlaku untuk investasi properti dalam bentuk bangunan. Meskipun kenaikan harganya tak begitu melejit seperti tanah, namun semakin tahun nilai bangunan pun akan semakin tinggi. Dengan kata lain, tak ada salahnya mulai menanamkan investasi pada tanah atau bangunan, baik dengan membelinya atau menyewanya terlebih dahulu.

Investasi Emas

Investasi Emas
Investasi Emas

Seperti halnya dengan investasi tanah, emas pun memiliki harga yang sangat stabil dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Investasi dalam bentuk emas juga dapat dikategorikan sebagai bentuk investasi yang halal sehingga sangat cocok bagi semua orang, terutama muslim yang tak ingin mendapatkan keuntungan berupa riba.

Hal ini karena harga emas sendiri ditentukan secara globat sehingga tak akan terpengaruh dengan sistem riba apapun. Setidaknya dalam jangka waktu 5 tahun saja terhitung sejak Anda menginvestasikan emas, maka keuntungan yang mungkin Anda dapatkan adalah sekitar 15% hingga 20% dari harga emas. Namun hal ini juga dilihat dari kadar logam mulia yang satu ini.

Ya meskipun emas terkadang juga mengalami harga yang sangat fluktuatif, namun sangat jarang investasi emas mengalami kerugian. Inilah yang membuat investasi syariah berupa emas sangat cocok untuk dilakukan.

Asuransi Syariah

Asuransi Syariah
Asuransi Syariah

Adapun contoh investasi syariah paling menguntungkan yang keempat adalah asuransi syariah. Dilihat dari namanya saja, asuransi syariah dan asuransi konvensional memiliki perbedaan. Untuk perbedaannya sendiri, pada asuransi konvensional, dana premis yang Anda setorkan akan sepenuhnya menjadi hak dan milik perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan asuransi konvensional memiliki risiko jual beli sehingga keuntungannya pun tidak pasti sehingga mengandung maysir atau prediksi-prediksi mengenai keuntungan.

Berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi syariah sendiri menerapkan sistem bisnis Islam. Dalam arti modal yang Anda setorkan adalah tetap menjadi milik Anda sehingga Anda pun tetap memiliki kuasa pada uang tersebut. Dengan kata lain, selain halal investasi syariah pun juga akan sangat menguntungkan Anda sebagai nasabah atau investor. Saat ini, sudah banyak sekali perusahaan asuransi syariah yang dapat Anda ikuti.

Deposito Bagi Hasil

Deposito Bagi Hasil
Deposito Bagi Hasil

Bagi Anda yang kerap menjadi sistem investasi syariah, tentu sudah familiar dengan deposito bagi hasil yang diterapkan oleh perbankan syariah. Saat ini setiap perbankan syariah akan menawarkan sistem deposito bagi hasil yang tentunya keuntungan Anda benar-benar halal tanpa takut terjadi riba dan sebagainya.

Dalam sistem deposito bagi hasil yang diterapkan pada perbankan syariah, Anda dapat mendepositkan modal berupa uang pada perbankan syariah dengan nominal yang telah ditentukan oleh pihak perbankan. Hal yang membedakan antara deposito bagi hasil syariah adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan tidak dipatok dengan jumlah tertentu. Dengan kata lain, banyak atau tidaknya keuntungan tersebut tergantung oleh perkembangan bisnis perbankan syariah.

Biasanya, uang yang telah Anda investasikan pada perbankan syariah dapat diambil dengan periode selama 5 tahun hingga 10 tahun setelah terjadinya kesepakatan. Adapun prinsip yang deposito yang diterapkan oleh perbankan syariah adalah mudhorobah muthlaqoh. Maksudnya adalah pihak perbankan syariah akan mengelola investasi Anda dengan cara produktif dan menguntunkan. Selain itu, perbankan syariah akan tetap berpegang pada prinsip-prinsip sesuai dengan hukum bisnis yang diperbolehkan dalam Islam.

Itu dia beberapa bentuk investasi syariah paling menguntungkan yang dapat Anda pilih demi masa depan keuangan Anda bersama keluarga.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

investasi halal -investasi syariah -investasi syariah yang paling menguntungkan -jenis investasi syariah -investasi pada perbankan syariah -investasi syariah modal kecil -investasi yang menguntungkan dan halal -investasi menguntungkan halal -investasi dana syari\ah -investasi syariah emas tanah -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *