6 Daftar Deposito Syariah pada Bank Syariah Terbaik di Indonesia

Daftar Deposito Syariah – Bagi umat muslim yang ingin mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi, menggunakan produk deposito syariah yang ditawarkan oleh bank syariah tentu menjadi salah satu pilihan tepat. Mengapa? Hal ini karena keuntungan yang dapat diperoleh dengan deposito syariah cenderung lebih tinggi apabila dibandingkan dengan menggunakan tabungan biasa.

Saat ini, bank-bank konvensional di Indonesia telah mengeluarkan produk bank syariah yang diperuntukkan untuk mayoritas umat muslim. Meski demikian, tak sedikit orang yang belum paham tentang bagaimana prinsip serta bank apa saja yang masuk dalam daftar deposito syariah terbaik di Indonesia. Untuk itulah, alangkah baiknya Anda mengikuti penjelasan berikut ini.

Perbedaan Antara Deposito Syariah dan Deposito Konvensional

Deposito Syariah dan Deposito Konvensional
Deposito Syariah dan Deposito Konvensional

Sebelum mengulas tentang bank syariah apa saja yang cocok untuk Anda, sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu tentang perbedaan yang paling mendasar antara deposito syariah dan deposito konvensional.

Sebenarnya perbedaan utama dari keduanya adalah pada sistem pembagian keuntungan yang diterapkan pada kedua bank tersebut. Apabila pada bank konvensional, pembagian keuntungan diberikan sesuai dengan bunga yang telah ditetapkan, maka deposito syariah menerapkan sistem nisbah atau bagi hasil terhadap keuntungan yang didapatkan oleh nasabah.

Sistem bagi keuntungan dari bunga itulah yang dalam Islam dapat dikatakan sebagai riba. Dengan kata lain, bank-bank konvensional yang menerapkan sistem bunga atau interest, maka dapat dikatakan haram untuk diikuti.

Cara Kerja Deposito Syariah

Adapun cara kerja yang ditawarkan oleh deposito syariah adalah menggunakan sistem mudharabah. Cara ini diperbolehkan dalam Islam dimana pihak nasabah atau investor mempercayakan sejumlah uang pada pihak bank syariah dengan rasio keuntungan yang telah ditentukan dan disepakati oleh kedua belah pihak.

Cara Kerja Deposito Syariah
Cara Kerja Deposito Syariah

Contohnya adalah seperti ini. apabila dalam akad telah disepakai keuntungannya menggunakan rasio 65:35, maka Anda akan mendapatkan total keuntungan sebesar 65% dari total pendapatan yang diperoleh oleh bank syariah dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan pihak bank hanya mendapatkan keuntungan sebesar 35% saja. Dalam deposito syariah, keuntungan yang diperoleh oleh nasabah memiliki nominal yang lebih besar karena mereka berposisi sebagai investor.

Inilah Bank Syariah Terpercaya di Indonesia

Setelah mengetahui tentang perbedaan tentang deposito syariah dan deposito konvensional serta cara kerjanya, kini saatnya Anda mengetahui tentang daftar deposito syariah yang ditawarkan oleh bank-bank syariah terbaik di Indonesia. Berikut adalah bank syariah yang menawarkan deposito syariah:

Deposito Permata Syariah

Untuk ketentuan yang diterapkan oleh Permata Syariah, calon nasabah atau investor dapat menyerahkan uang setoran minimal sebesar 10 juta rupiah. Uang setoran tersebut dapat dijadikan sebagai dana deposito syariah ataupun jaminan layanan pembiayaan bank.

 Permata Syariah
Permata Syariah

Pada bank syariah yang satu ini, dana Anda tersebut akan dikelola secara profesional dengan menggunakan prinsip mudharabah muthlaqoh dimana terjadi kesepatakan antara kedua belah pihak, yakni pihak bank dan investor. Adapun jangka waktu yang dibutuhkan dalam proses deposito ini adalah selama 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun. Dengan begitu, Anda dapat memilih jangka waktu tertentu untuk melakukan pengambilan dan klaim terhadap modal serta keuntungan Anda.

Deposito NISP Syariah

 NISP Syariah
NISP Syariah

Daftar deposito syariah selanjutnya yang dapat digunakan adalah deposito NISP Syariah. Setoran untuk bank syariah yang satu ini memang dapat dikategorikan lebih kecil apabila dibandingkan dengan Permata Syariah. Calon nasabah hanya perlu menanamkan modal sebesar minimal 8 juta rupiah saja.

Sistem yang digunakan pun sistem yang mengacu pada prinsip syariah. Hal lain yang diterapkan pada deposito NISP Syariah adalah sistem roll over dimana apabila dalam waktu pengambilan keuntungan deposito nasabah tak kunjung mengambilnya, maka uang deposito tersebut secara otomatis akan diperpanjang untuk proses deposito selanjutnya.

Untuk masa tempo pengambilan uang deposito, nasabah dapat memilih jangka waktu yang telah ditetapkan mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

Deposito Bank Syariah Mandiri

Di antara banyaknya bank syariah yang menawarkan program deposito, Bank Syariah Mandiri menjadi salah satu bank yang paling terkenal. Untuk ketentuannya sendiri, calon nasabah hanya perlu menyetorkan modal sebesar 2 juta rupiah saja. Modal tersebut juga dapat digunakan sebagai jaminan pembiayaan. Adapun jangka waktu deposito yang dapat dipilih adalah selama 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun.

Bank Syariah Mandiri
Bank Syariah Mandiri

Untuk keuntungan yang diberikan dari bagi hasil deposito syariah yang diberikan oleh Bank Syariah Mandiri, dapat dikatakan sangat bersaing. Bahkan jumlah keuntungan yang diperoleh saat menggunakan deposito syariah lebih besar apabila dibandingkan dengan bunga bank konvensional. Dengan kata lain, selain menguntungkan, deposito di Bank Syariah Mandiri pun juga terbukti halal karena menggunakan kaidah hukum dagang dalam Islam selama pengelolaan keuangan para nasabah.

Deposito BNI Syariah

BNI Syariah
BNI Syariah

Salah satu daftar deposito syariah yang juga dapat dipilih adalah deposito pada Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah. Uang deposito yang harus disetorkan oleh calon nasabah juga tergolong sangat rendah yakni sebesar 1 juta rupiah saja. Adanya fasilitas pendukung berupa bebas biaya administrasi bulanan, perpanjangan masa waktu deposito, hingga keuntungan bagi hasil menjadi daya tarik tersendiri dari produk deposito BNI Syariah.

Adapun cara pengambilan deposito di BNI Syariah juga terbilang sangat mudah. Calon nasabah dapat secara langsung mengambil uang tersebut pada BNI Syariah atau mengizinkan pihak bank untuk mentransfer uang keuntungan ke rekening nasabah.

Deposito BRI Syariah

Seperti yang kita tahu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi salah satu bank yang memiliki berbagai cabang di Indonesia yang juga telah tersebar di desa-desa sehingga mudah untuk diakses oleh calon nasabah. Dengan munculnya produk BRI Syariah, maka umat muslim yang ingin berinvestasi dengan cara-cara yang diperbolehkan oleh Islam pun dapat dengan mudah menanamkan modal mereka.

BRI Syariah
BRI Syariah

Ketentuan mengikuti deposito di bank BRI Syariah adalah calon nasabah menyetorkan modal minimal sebesar 2,5 juta terlebih dahulu. Dana tersebut akan dikelola oleh pihak bank bagi usaha yang produktif dan halal menggunakan sistem mudharabah. Selain itu, terdapat fasilitas jaminan kredit pembiayaan yang akan melindungi calon nasabah.

Deposito Mudharabah Bank Muamalat

Sebagai salah satu pelopor sistem investasi syariah di Indonesia, sepak terjang Bank Mualamat memang tak perlu lagi diragukan. Hal ini karena segala bentuk investasi syariah yang diterapkan oleh bank ini menggunakan sistem mudharabah.

 Mudharabah Bank Muamalat
Mudharabah Bank Muamalat

Untuk ketentuannya sendiri, calon nasabah harus menyetorkan modal sebesar 5 juta rupiah. Sistem bagi hasil dapat ditambahkan ke pokok buku tabungan deposito apabila telah jatuh tempo. Selain itu, terdapat fasilitas perpanjangan deposito secara otomatis, pembiayaan pada sektor usaha yang halal dan produktif, serta hasil keuntungan dapat ditransfer langsung ke rekening masing-masing nasabah yang telah bergabung.

Setidaknya itulah beberapa bank syariah yang menerapkan sistem investasi yang diperbolehkan oleh Islam. Dengan mengetahui daftar deposito syariah tersebut, maka kini saatnya Anda memilih jenis deposito pada bank syariah mana yang cocok untuk Anda.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

deposito bri syariah 2018 -deposito syariah terbaik -deposito bri syariah -bunga deposito bri syariah 2018 -deposito syariah paling menguntungkan -deposito bank syariah terbaik -deposito syariah terbaik 2018 -deposito syariah bri -bunga deposito bank syariah tertinggi -deposito bank syariah paling menguntungkan -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *