6 Cara Menghemat Uang Bulanan yang Mudah Diaplikasikan

Cara menghemat uang bulanan memang dibutuhkan bagi siapa saja yang ingin memiliki kondisi keuangan yang stabil. Hal ini karena meskipun pendapatan bulanan seseorang memiliki nominal yang cukup banyak, namun apabila perputaran uang yang terjadi tidak dapat dikontrol, kemungkinan Anda akan semakin boros dalam mengelola keuangan.

Berbicara tentang perencanaan dan pengelolaan keuangan, sebenarnya hal ini dipengaruhi oleh 2 hal penting. Pertama adalah berapa besaran pendapatan yang Anda peroleh setiap bulan. Dan yang kedua adalah berapa pengeluaran rutin bulanan yang harus Anda habiskan. Untuk itu, Anda dapat menganggap bahwa penghasilan bulanan Anda memiliki jumlah yang tetap serta tak ada sumber penghasilan tambahan. Dengan begitu, maka Anda dapat lebih menghemat pengeluaran uang Anda setiap bulannya.

Cara Aplikatif untuk Menghemat Pengeluaran Bulanan

 Pengeluaran Bulanan
Pengeluaran Bulanan

Untuk beberapa cara menghemat uang bulanan yang akan diulas pada kesempatan kali ini adalah cara-cara aplikatif yang tentu dapat diaplikasikan oleh siapa saja. Dengan kata lain, kondisi ini berlaku secara umum. Adapun beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran bulanan adalah sebagai berikut.

Terapkan Sistem 31 Amplop

31 Amplop
31 Amplop

Sebagian besar dari Anda mungkin akan bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan sistem 31 amplop. Sebenarnya ini adalah sistem klasik yang fungsinya adalah untuk menghemat pengeluaran bulanan. Selain itu, sistem yang satu ini juga akan sangat membantu Anda untuk melakukan monitoring terhadap pengeluaran Anda. Untuk melakukan cara yang satu ini, Anda hanya perlu mempersiapkan 31 amplop saja.

Langkah berikutnya, ambil semua uang pendapatan Anda setiap bulan dan masukkan masing-masing ke dalam amplop tersebut tergantung kebutuhan apa yang harus Anda keluarkan dalam 1 bulan ke depan. Tulis dari tanggal 1 hingga tanggal 30 atau 31 pada setiap amplop lengkap beserta nominal pengeluaran. Hanya saja, untuk menerapkan cara yang satu ini, Anda harus teliti dan cermat dalam melakukan penganggaran terhadap pengeluaran bulanan setiap harinya.

Abaikan Merek Produk, Fokus pada Kegunaan

Seperti yang kita tahu, merek sebuah produk akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap selisih harga yang berlaku untuk dua atau lebih produk yang sama. Hal ini karena merek sendiri memiliki nilai tambah bagi sebagian orang yang menggunakan produk atau brand tertentu yang sudah terkenal. Tak heran apabila banyak orang yang lebih memilih berbelanja di swalayan ataupun mall demi mendapatkan barang branded atau bermerek.

abaikan merk produk
abaikan merk produk

Padahal semakin sering Anda membeli barang dengan mempertimbangkan tentang merek barang tersebut, maka pengeluaran Anda pun akan semakin besar. Hal ini bukan berarti Anda tak boleh membeli barang bermerek terkenal, hanya saja, pertimbangkan tentang kegunaan dari produk tersebut. Apabila Anda memiliki uang berlebih dan pengeluaran bulanan yang stabil, tentu bukan lagi masalah apabila Anda membeli produk branded. Sebaliknya, apabila dana belanja yang Anda miliki terbatas, maka belilah produk biasa dengan harga yang standar namun memiliki kegunaan yang sama.

Selalu Catat Rencana Belanja serta Simpanlah Struk Pembelian

Adapun cara menghemat uang bulanan rumah tangga agar tidak boros yang selanjutnya yakni dengan melakukan pencatatan terhadap semua rencana pengeluaran Anda dalam setiap bulan. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda tidak membelanjakan uang pada hal yang salah.

Struk Pembelian
Struk Pembelian

Untuk cara yang satu ini, Anda dapat menempelkan daftar rencana belanja pada tempat-tempat yang mudah dilihat dan diingat seperti pintu lemari es ataupun buku khusus rencana pembelanjaan. Pastikan juga barang-barang yang akan dibeli tersebut sedang berada dalam masa diskon. Dengan begitu, maka pengeluaran Anda pun dapat lebih dihemat.

Jika sudah melakukan aktifitas belanja, maka selalu simpan nota atau struk pembelanjaan Anda. Hal ini bertujuan agar Anda dapat membandingkan antara harga satu produk pada bulan ini dan bulan selanjutnya atau bulan lalu, serta mengetahui total pengeluaran yang Anda lakukan.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit, sangat disarankan untuk tidak terlalu sering dalam menggunakan kartu kredit selama melakukan pembelian barang, baik itu di supermarket ataupun toko-toko online. Pasalnya, dengan menggunakan kartu kredit yang terlalu sering, maka tagihan bulanan Anda pun akan semakin besar.

Sebenarnya belanja dengan kartu kredit sendiri memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah Anda tak perlu mengeluarkan uang cash secara langsung ketika berbelanja. Hanya saja, apabila kondisi pengeluaran uang tersebut tak dapat dikontrol, maka dapat dipastikan Anda akan kesulitan dalam membayar tagihan kartu kredit. Ada banyak kasus dimana para pengguna kartu kredit tak sadar bahwa jumlah pengeluaran yang telah mereka lakukan sudah sangat besar. Hingga akhirnya mereka baru sadar ketika hendak membayar tagihan kartu kredit atas transaksi perbelanjaan yang telah dilakukan di bulan berikutnya.

Jangan terlalu sering belanja dengan CC

Untuk itulah, akan lebih baik apabila Anda sebagai pengguna kartu kredit agar lebih berhati-hati dalam berbelanja. Selain itu, Anda biasakan untuk membayar tagihan kartu kredit di muka. Selanjutnya, gunakan nominal tagihan di muka tersebut sebagai patokan dasar anggaran belanja Anda setiap bulan. Cara yang satu ini terbukti sangat efektif untuk membantu Anda dalam menghemat uang bulan bulanan.

Kurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Anda tentu sadar bahwa kendaraan biaya perawatan serta tranportasi kendaraan bermotor memiliki nominal yang tidak sedikit. Dengan kata lain, semakin sering Anda menggunakan kendaraan bermotor untuk transportasi, maka akan semakin besar pula biaya yang perlu Anda keluarkan.

kurangi penggunaan motor
kurangi penggunaan motor

Apabila Anda benar-benar ingin berhemat, maka mulailah dengan menggunakan kendaraan umum atau bahkan dengan sepeda. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran. Dapat Anda buktikan bandingkan berapa biaya transportasi dalam setiap minggu, baik dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Di situ Anda akan menemukan selisih yang cukup besar, terutama ketika Anda menggunakan sepeda biasa atau dengan berjalan kaki. Untuk itulah, hanya gunakan kendaraan bermotor pada saat Anda benar-benar membutuhkannya saja untuk perjalanan yang jauh.

Jangan Terlalu Sering Membeli Makan di Luar

Untuk cara menghemat uang bulanan yang terakhir adalah dengan mengurangi kebiasaan buruk dalam membeli makanan di luar. Sesekali makan di restoran tentu bukan menjadi masalah. Namun apabila hal tersebut menjadi kebiasaan, maka akan sangat merugikan Anda nantinya.

jangan terlalu sering makan di luar
jangan terlalu sering makan di luar

Hal ini disebabkan harga makanan yang Anda beli di luar rumah memiliki selisih yang cukup besar. Misalnya dengan uang Rp 25.000 Anda hanya mendapatkan satu porsi makanan ketika makan di luar, maka uang tersebut cukup untuk Anda jadikan makan 2 porsi ketiga memasak makanan sendiri di rumah. Selain itu, dengan makan di rumah, Anda juga dapat membangun keharmonisan bersama dengan seluruh anggota keluarga.

Setidaknya itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan guna menghemat pengeluaran bulanan Anda. Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat mencari penghasilan tambahan untuk membantu kondisi keuangan serta dapat digunakan untuk menabung demi kebutuhan di kemudian hari. Semoga sedikit cara menghemat uang bulanan di atas bermanfaat.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

cara menghemat uang bulanan -cara menghemat uang bulanan rumah tangga -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *